SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEUANGAN SISWA PADA SMA NEGERI 1 MOYO HULU BERBASIS WEB

Authors

  • Febrianti Universitas Teknologi Sumbawa
  • Rodianto Universitas Teknologi Sumbawa
  • Nurlaely Universitas Teknologi Sumbawa

DOI:

https://doi.org/10.51401/jinteks.v2i3.750

Keywords:

Sistem Informasi, Administrasi Keuangan, Prototype, UML (Unified Modeling Language)

Abstract

Sistem Administrasi Keuangan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Moyo Hulu masih dilakukan secara manual baik dalam hal transaksi maupun rekap data. Sehingga memperlambat di dalam proses pembayaran, pencatatan dan rekap pembayaran. Hal ini menyebabkan proses-proses yang terkait dengan pembayaran belum berjalan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem yang berjalan dalam proses transaksi maupun rekap data di SMA Negeri 1 Moyo Hulu. Sehingga dapat dibangun suatu sistem informasi administrasi keuangan siswa menggunakan metode Prototype dalam pengembangan sistemnya yang meliputi tahapan-tahapan komunikasi, perencanaan secara cepat, pemodelan perancangan secara cepat, pembuatan prototype, penyerahan sistem. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi pustaka. Pemodelan sistem yang digunakan adalah bahasa pemodelan UML (Unified Modelling Language) dan berbasis web dengan bahasa pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor) dimana Xampp sebagai web server dan Mysql sebagai databasenya. Pengujian perangkat lunak dilakukan melalui pengujian black-box

References

Syahbana, A. (2012). Pembangunan Sistem Informasi Administrasi Pembayaran Siswa Madrasah Aliyah Ma’arif Pacitan. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 5(3).

Al'Amin, M., & Mukholik, M. (2015). Aplikasi Pembayaran Administrasi Siswa Pada SMK Al Falah Songgom Brebes dengan Visual Basic. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 1(3).

Kadir, A. (2014). Pengenalan sistem informasi edisi revisi. Penerbit Andi.

Krismiaji. (2015). Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta.

Gumilar, S. K. Y., Suryatiningsih, & Muhammad, W. 2017. Aplikasi Berbasis Web Pengelolaan Keuangan Sekolah Study Kasus MA Persis Tarogong Garut. E-Proceeding of Applied Science ISSN?:2442-5826, 3(2), 661–674.

Anhar, S. T. (2010). Panduan Menguasai PHP & MySQL Secara Otodidak. Jakarta: Mediakita.

Roger S, Pressman. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi) Edisi 7 ; Buku 1. Andi: Yogyakarta.

Ladjamudin, Al Bahra Bin. 2006. Analisis dan Desain Sistem Informasi.Yogyakarta: Graha Ilmu.

S, Rosa A,. & M. Shalahuddin. 2018. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Rosa A.S. & M. Shalahuddin. 2011. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung : PT. Modula

Published

2020-08-29

How to Cite

[1]
Febrianti, Rodianto, and Nurlaely, “SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEUANGAN SISWA PADA SMA NEGERI 1 MOYO HULU BERBASIS WEB”, JINTEKS, vol. 2, no. 3, pp. 159-166, Aug. 2020.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>