PENGEMBANGAN GAME EDUKASI PEMBELAJARAN AKHLAK BERBASIS VIRTUAL REALITY

Main Article Content

Herfandi
I Made Widiarta
Moch Wahyu Firmansyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan unuk mengembangkan Game Edukasi Pembelajaran Akhlak Berbasis Virtual Reality agar dapat dimanfaatkan oleh guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam melakukan proses belajar mengajar. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka serta menggunakan metode Prototype sebagai metode pengembangan perangkat lunak. Game Edukasi Pembelajaran Akhlak Berbasis Virtual Reality berhasil dikembangkan dengan Unity game engine, serta memiliki fitur scoreboard, melanjutkan game, dan user interface yang sudah diperbarui. Game telah melewati proses pengujian black box sehingga Game Edukasi Pembelajaran Akhlak Berbasis Virtual Reality bisa dikatakan sesuai dengan tujuan awal dari pengembangannya. Dengan demikian dapat disimpulkan peneliti berhasil mengembangkan Game Edukasi Pembelajaran Akhlak Berbasis Virtual Reality sehingga dapat menjadi metode pembelajaran yang interaktif bagi siswa dan siswi SD Negeri Jorok.

Article Details

How to Cite
[1]
Herfandi, I. M. Widiarta, and M. W. Firmansyah, “PENGEMBANGAN GAME EDUKASI PEMBELAJARAN AKHLAK BERBASIS VIRTUAL REALITY”, JINTEKS, vol. 2, no. 3, pp. 173-181, Aug. 2020.
Section
Articles

References

Abdelhameed, W. A., 2013, Virtual Reality Use in Architectural Design Studios: A case of studying structure and construction, International journal of architectural computing.

Al-Ghazali, 1990, Ihya’ Ulumuddin, Jilid 1, Terj. Muhammad Zuhri, Asy-Syifa, Semarang.

Hidayat, R., Widiarta, I. M., & Hamdani, F., 2019, Rancang Bangun Simulasi Edukasi Tata Cara Sholat

Waktu Dan Pengenalan Huruf Hijaiyah Berbasis Virtual Reality (VR), Jurnal JINTEKS Vol. 1, No. 1.

Indartiwi, A., Wulandari, J., & Novela, T., 2020, Peran Media Interaktif Dalam Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0, Jurnal Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional Hal. 31.

Jonathan, K., 1998, Beginning C#. In New York. Edward (Ed), C# Programming Language, Blackwell, Massachusetts.

Khoerniawan, R.W., Agustini, K., & Putrama, I. M., 2018, Game Edukasi Penjelajah Berbasis Virtual Reality, Jurnal KARMAPATI Vol. 7, No. 1.

Meimaharani, R. & Listyorini, T., 2015, Purwarupa Game Edukasi Pengenalan Warna Berbasis Android, Jurnal SYSTEMIC Vol. 1, No. 2.

Mustaqbal, M. S. et al, 2015, Pengujian Aplikasi menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis, Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan. Vol. 1, No 3.

Notoadmojo, S., 2003, Pendidikan dan Perilaku Kesehatan, Rineka Cipta, Jakarta.

O’Brien, J. A., 2005, Pengatur Sistem Informasi Perspektif Bisnis dan Manajerial. Jakarta: Salemba Empat.

Rosa, A.S. & Shalahuddin, M., 2016, Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek), Informatika Bandung, Bandung.

Sugandi, A. & Haryanto, 2004, Teori pembelajaran, UPT MKKUNNES, Semarang.

Sugiyono, 2017, Metode Penelitian & Pengembangan, Alfabeta, Bandung.

Wahono, R.S., 2009, Antara Game, Pendidikan dan HP, Alfabeta, Bandung.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>