RANCANG BANGUN APLIKASI PENGELOLAAN DATA PENJUALAN SEMBAKO BERBASIS DEKSTOP UNTUK UD. KERTA MANDALA SUMBAWA BESAR

Authors

  • Shinta Esabella Universitas Teknologi Sumbawa
  • Wayan Satru Universitas Teknologi Sumbawa
  • Miftahul Haq Universitas Teknologi Sumbawa

DOI:

https://doi.org/10.51401/jinteks.v3i1.982

Keywords:

Applications, Desktop-based, Sales

Abstract

UD. Kerta Mandala Sumbawa Besar merupakan sebuah usaha dagang kecil yang bekerja di sektor distribusi sembako. Tingginya pembelian dan penjualan sembako menjadikan perusahaan ini menerima banyak transaksi dan pengiriman ke berbagai konsumen. Proses pengimputan manual menjadi salah satu hambatan yang sering dihadapi dalam pengelolaan data transaksi di CV. Mandala Bisnis Solusindo. Seperti data pelanggan, data produk yang dijual, serta data transaksi penjualan dan pembelian. Demi profesionalitas kinerja, setiap perusahaan atau jasa memerlukan pengelolaan data yang terstruktur dan efisien. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi berbasis desktop yang dapat mempermudah perusahaan dalam pengelolaan data transaksi yang efisien. Aplikasi ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman Delphi 7 dan Microsoft Access sebagai database. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan studi pustaka

References

Widajanti, E. “Peran Teknologi Informasi Untuk Mencapai Keunggulan Kompet itf”. Jurnal Akuntansi dan Sistem Informasi, Vol.6, No. 1, hal: 60-71. 2008.

Hidayatullah, M., Hendrawan, F., Andriani, T., & Esabella, S. (2019, November). Desktop-Based Population Data Information System to Support The Sumbawa Electronic Government in Rhee District. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 396, No. 1, p. 012032). IOP Publishing.

Pressman, R. S,. 2002. “Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku I”. Andi: Yogyakarta.

Junaidi, J., Arifin, R., & Septiani, A. (2015). Rancang Bangun Aplikasi Sistem Inventory Berbasis Desktop Menggunakan JSE. Proceedings Konferensi Nasional Sistem dan Informatika (KNS&I).

Nugraha, W., Syarif, M., & Dharmawan, W. S. (2018). Penerapan Metode SDLC Waterfall dalam Sistem Informasi Inventori Barang Berbasis Desktop. JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas), 3(01), 23-29.

Ansari, N. Y., & Haq, M. (2020). “Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan Pemesanan Tiket Pada Po. Panca Sari Tour Dan Travel Sumbawa Berbasis Web”. Hexagon Jurnal Teknik dan Sains, 1(1), 10-22.

Faizah, F. I., & Sophia, E. (2016). Aplikasi Persediaan Barang Pada Toko Rajawali Malang Berbasis Desktop. Dinamika Dotcom: Jurnal Pengembangan Manajemen Informatika dan Komputer.

Published

2021-02-22

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)