SISTEM INFORMASI PENDATAAN DAN PENGARSIPAN BERKAS PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DI KECAMATAN SUMBAWA DENGAN METODE WATERFALL

Authors

  • Novita Ananda Gayatri Universitas Teknologi Sumbawa
  • Nawassyarif Universitas Teknologi Sumbawa
  • Wilia Ismiyarti Universitas Teknologi Sumbawa
  • Saiful Khair Universitas Teknologi Sumbawa
  • Muti'ah Universitas Bumigora

DOI:

https://doi.org/10.51401/jinteks.v3i1.983

Keywords:

Kantor Kecamatan, Kabupaten Sumbawa, Sistem Informasi, PATEN, Waterfall

Abstract

Kantor kecamatan sumbawa merupakan salah satu kantor pemerintahan yang menangani sebagian urusan otonomi daerah dan menyelenggarakan tugas umum pemerintah. Dalam menyelenggarakan tugas umum pemerintah seperti mendata dan mengarsip berkas di kantor kecamatan sumbawa masih di catat dalam sebuah buku besar yang masih dirasa kesulitan oleh staf di bagian pelayanan administrasi terpadu kecamatan atau biasa dikenal dengan istilah PATEN dan dikhawatirkan akan menimbulkan resiko yang cukup besar terhadap kerusakan dan kehilangan data. Tujuan dari penelitian yaitu Merancang dan Membangun Sistem Informasi Pendataan dan Pengarsipan Berkas Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kecamatan Sumbawa dengan Metode Waterfall oleh Presman. Sistem Informasi ini berhasil dirancang dan dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, HTML, CSS, Framework CodeIgniter, Database MySQL, Text Editor Sublime-Text, dan menggunakan metode pengembangan perangkat lunak Waterfall. Hasil akhir dari penelitian adalah Sistem Informasi Pendataan dan Pengarsipan Berkas Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kecamatan Sumbawa Berbasis Web yang dapat mengelola data secara efektif dan efisien sehingga mempermudah dalam melakukan pelaporan.

References

Presman, Roger S. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Simangunsong, Agustina. (2018). “Sistem Informasi Pengarsipan Dokumen Berbasis Web”. Dalam Jurnal Mantik Penusa. Vol. 2, No. 1, Hlm 11-19.

Nandari, Bhirawa Anoraga. (2017). “Aplikasi Sistem Pengelolaan Surat pada Kantor Desa Jetis Lor”. Dalam Jurnal Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, Vol. 9, No. 1, Hlm 56-61.

Anggraini, Elisabet dan Rita Irviani. (2017). Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Diandra Kreatif.

Nurcahyanti, Yuli Sugianur. (2017). “Sistem Informasi Pendataan Penduduk Desa Genepo Berbasis Dekstop”. Dalam Jurnal UNDA. Fakultas Ilmu Komputer Universitas Darwan Ali Sampit-Kalimantan Tengah.

Jimmy, CHR L. Gaol. (2015). Keandalan dan Sukses Sekretaris Perusahaan. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Watrianthos, Ronal dan Iwan Purnama. (2018). Buku Aljabar Sistem Operasi. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Alfana, Ganang Qory. (2017). “Implementasi Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamaan (PATEN) di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang”. Skripsi. Program Studi Ilmu Hukum. Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang.

Erfan, Muhammad. (2020). BHC Book Series Praktis Web Statis. Yogyakarta: Diandra Kreatif.

Wicaksono, Soetam Rizky. (2017). Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: Seribu Bintang.

Fitrah, Muh dan Luthfiyah. (2018). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.

Sulistiono, Heru. (2018). Coding Mudah dengan CodeIgniter, Jquery, Bootstrap, dan Database. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Jubilee Enterprise. (2015). HTML 5 Manual Book. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Safaat, Nazruddin. (2015). Rancang Bangun Aplikasi Multiplatform. Bandung: Informatika Bandung.

Supono. (2016). Pemrogramman Web dengan menggunakan PHP dan Framework CodeIgniter. Yogyakarta: Deepublish.

Dadan dan Kerendi. (2015). Membuat CMS Multifitur. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Solichin, Achmad. (2016). Pemrograman Web dengan PHP dan MySQL. Jakarta: Budi Luhur.

Published

2021-02-22

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)