POLA KOMUNIKASI POLITIK KPU KABUPATEN SUMBAWA DALAM MENGHADAPI PILKADA BUPATI DAN WAKIL BUPATI TAHUN 2015 (Studi Kasus : Kampanye KPU Kabupaten Sumbawa dalam Upaya Menciptakan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa yang Kondusif Tahun

Penulis

  • Muhammad Rifki Rizqiyana Universitas Teknologi Sumbawa
  • Abbyzar Aggasi Universitas Teknologi Sumbawa

DOI:

https://doi.org/10.36761/jt.v3i1.185

Kata Kunci:

Komunikasi Politik, KPU, PIlkada, Kampanye

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi politik yang diterapkan oleh KPU Kabupaten Sumbawa dalam menghadapi Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa tahun 2015, sehingga pelaksanaan kampanye oleh KPU Kabupaten Sumbawa berjalan dengan kondusif. Permasalahan yang dikaji adalah bagaimana pola komunikasi politik KPU Kabupaten Sumbawa dalam upaya menciptakan penyelenggaraan kampanye oleh KPU Kabupaten Sumbawa dalam menghadapi Pilkada Bupati dan Wakil Bupati yang kondusif  tahun 2015. Hal yang digunakan dalam penelitian ini untuk menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan teori pola komunikasi politik menurut Onong Uchdjana Effendi. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi non-participant, in-depth interview, dan dokumentasi, selain itu proses analisis data dengan cara, reduksi, men-display data, verifikasi dan kesimpulan. Oleh karena itu penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif, hasil dari penelitian ini adalah pola komunikasi politik satu arah, pola komunikasi politik dua arah, dan pola komunikasi politik multi arah sebagaimana menurut Onong Uchdjana Effendi digunakan oleh KPU Kabupaten Sumbawa dalam berkampanye upaya menciptakan Pilkada yang kondusif tahun 2015, adapun pola komunikasi budaya KPU Kabupaten Sumbawa yang diterapkan dalam pelaksanaan debat publik berlangsung, sehingga menjadi ikon dan inovasi terbaru yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Sumbawa dalam berkampanye pada Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa yang berjalan kondusif tahun 2015, secara verbal maupun secara non verbal.

Referensi

Heryanto. Gun Gun, Komunikasi Politik di Era Indonesia Citra, (Jakarta: PT Lasswell Vistiama, 2010)
Mulyana, Deddy., dan Gembirasari. Human Communication Konteks-Konteks Komunikasi.(Bandung: PT. Remaja Rosdakarya 2005)
Mulyana, Prof, Deddy. Komunikasi Politik, Politik Komunikasi. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya 2013)
Maswardi Rauf., Komunikasi Politik: Masalah Sebuah Bidang Kajian dalam Ilmu Politik dalam Indonesia dan Komunikasi Politik, ed. Maswadi Rauf, Mappa Nasrun (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1993)
Mathew, Miles, B., dan Huberman, Michael. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru.( Jakarta: UIP, 1992)
http://kpud-ntbprov.go.id, diakses (pada 8 Januari 2017, pukul 21:05 WITA)
http://kpud-sumbawa.go.id, diakses (pada 19 Januari 2018, pukul 6:36 WITA)

Diterbitkan

2019-02-21

Terbitan

Bagian

Articles