EKSISTENSI FOLKLORE SUMBAWA DI ERA DIGITAL (KEBERADAAN FOLKLORE DALAM MASYARAKAT SUMBAWA KHUSUSNYA ANAK-ANAK SEKOLAH DASAR TINGKAT PERTAMA DI KOTA SUMBAWA BESAR)

Penulis

  • Vivin Nila Rakhmatullah Universitas Teknologi Sumbawa
  • Wirentake Wirentake Universitas Teknologi Sumbawa

DOI:

https://doi.org/10.36761/jt.v3i1.186

Kata Kunci:

budaya, folklore, permainan, digital

Abstrak

Samawa sebagai salah satu suku terbesar di provinsi Nusa Tenggara Barat, memiliki adat-istiadat yang kaya akan makna dan fungsi sosial budaya. Pesatnya perkembangan teknologi, saat ini budaya folklore mulai tersisihkan keberadaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri keberadaan folklore dalam masyarakat Sumbawa terutama pada anak-anak sebagai generasi penerus. Sejauh mana anak-anak yang lahir dan tumbuh pada era digital mengetahui atau memahami beberapa tradisi adat-istiadat para leluhur terutama yang terkandung dalam folklore Sumbawa. Diharapkan dengan adanya penelitian mengenai keberadaan folklore di masyarakat Sumbawa khususnya anak-anak pada jaman digital ini, maka akan ada usaha, aksi atau kegiatan berkelanjutan untuk semakin menjaga, memelihara serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menumbuhkan kembali nilai-nilai moral yang terdapat melalui folklore Sumbawa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, para siswa Sekolah Dasar lebih mengenal permainan digital daripada permainan tradisional. Bagi siswa permainan tradisional kurang menarik dari permainan digital. Minat para siswa dalam memainkan permainan tradisional Sumbawa lebih rendah dari permainan digital. Informasi mengenai permainan tradisional lebih sedikit dibandingkan informasi mengenai permainan digital. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan pengumpulan data dilakukan dengan teknik survei dan penyebaran questioner.

Referensi

Brunvand. Jan, Harold. The Study of American Folklore. New York: W.W Norton & Company. Inc, 1968
Brunvand. Jan, Harold. American Folklore: An Encyclopedia, New York & London: Garland Publishing, Inc. 1996.
Botkin, B.A. A Treasury of American Folklore: Stories, Ballads, And Traditions of The People, New York: Crown Publishers, 1944. Print.
Bronner. J, Simon. The Meaning of Folklore: The Analytical Essays of Alan Dundes, Utah: Utah State University Press, 2007. Print.
Danandjaja, James. Folklore Indonesia Ilmu Gosip, Dongeng dan lain lain, Jakarta: Grafitipers, 1984. Print.
Dinas Diknas Kabupaten Sumbawa. Kumpulan Cerita Rakyat Sumbawa: Tutir Tau Samawa. Sumbawa: Tiara Perkasa Sumbawa, 2006. Print.
Dundes, Alan. The Study of Folklore, New Jersey: Prentice-Hall, Inc., 1965. Print.
Pranajaya, Adi. Peribahasa Bahasa Sumbawa. Jakarta: AP Foundation, 2012. Print.
Nazir, M. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1985.
Noorduyn, J. Sejarah Sumbawa, Yogyakarta: Riak, 2007. Printed.
Selim, Abdul Gani. Seni Budaya Daerah Sumbawa. Sumbawa Besar: Griya Kreatif Sumbawa Besar, 1998. Print
Watts. S, Linda. Encyclopedia of American Folklore, New York: Facts on File, Inc, 2007.
Zulkarnain, Aries. Tradisi dan Adat Istiadat Samawa. Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2011. Print

Diterbitkan

2019-02-21

Terbitan

Bagian

Articles