PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN PADA UNIVERSITAS TEKNOLOGI SUMBAWA BERBASIS ANDROID

Penulis

  • Rita Setyaningrum Universitas Teknologi Sumbawa
  • Yudi mulyanto Universitas Teknologi Sumbawa

DOI:

https://doi.org/10.36761/jt.v3i2.253

Kata Kunci:

UTS, Information Systems, Library, Prototype

Abstrak

Perpustakaan adalah lembaga yang menyediakan berbagai referensi dan pengumpulan sumber informasi. Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) adalah Perguruan Tinggi swasta yang ada di Kabupaten Sumbawa, provinsi Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini bertujuan untuk membantu mengembangkan sistem informasi dalam pengelolaan data perpustakaan sehingga memudahkan untuk UPT. Perpustakaan UTS dalam mengelola perpustakaan data Menyediakan fasilitas yang dapat memudahkan siswa, profesor, dan karyawan dalam proses pengumpulan informasi, proses peminjaman buku, serta proses pengajuan keanggotaan di perpustakaan UTS. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem informasi berbasis android, sistem informasi perpustakaan di Universitas teknologi Sumbawa. Sistem ini dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman PHP menggunakan MySql sebagai databasenya dan studio untuk pembuatan Android User Interface. Metode pengembangan perangkat lunak menggunakan Model Prototipe. Pengujian perangkat lunak dilakukan melalui pengujian kotak hitam. Instrumen teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literatur. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sistem informasi perpustakaan berbasis android untuk membantu teknologi pengolahan data perpustakaan Universitas Sumbawa.

Referensi

[1] Hariyanto, Bambang. (2014). Esensi-esensi Bahasa Pemrograman Java. Bandung: Informatika Bandung.
[2] Jogiyanto HM. (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.
[3] Jogiyanto HM. (2009). Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi.
[4] Juansyah, Andi. (2015). “Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted-Global Positioning System (A-GPS) dengan Platform Android”, dalam Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika, Vol. 1, No. 5, hlm. 2-3.
[5] Juhara, Zamrony P. (2016). Panduan Lengkap Pemrograman Android.Yogyakarta: Andi.
[6] Kadir, Abdul. (2003). Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.
[7] Komputer, Wahana. (2014). Membangun Aplikasi Mobile Cross Platform dengan Phonegap. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
[8] Nazir, M. (2005). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
[9] Pressman, Roger S. (2010). Software Engineering A Practitioner's Approach 7th Edition. Dalam R. S. Pressman, Software Engineering A Practitioner's Approach 7th Edition. New York: McGraw-Hill.
[10] Pressman, Roger S. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi) Edisi 7: Buku 1.Yogyakarta: Andi.
[11] Riyanto. (2011). Membuat Sendiri Aplikasi E-Commerce dengan PHP & MySQL menggunakan CodeIgniter & Jquery. Yogyakarta: Andi.
[12] Rossa, A.S. & M., Shalahuddin. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung: Informatika Bandung.
[13] Safaat H., Nazruddin. (2015). Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC berbasis Android. Bandung: Informatika Bandung.
[14] Safaat H., Nazruddin. (2015). Rancang Bangun Aplikasi Multiplatform. Bandung: Informatika Bandung.
[15] Sianipar, R.H. (2015). Membangun Web PHP dan MySQL Untuk Pemula dan Programmer. Bandung: Informatika Bandung.
[16] Sianipar, R.H. (2015). HTML 5 dan CSS 3 Belajar dari Kasus. Bandung: Informatika Bandung.
[17] Syahrul, Syahriga. (2017). Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Proyek (Studi Kasus: PT. Muzaik Bintang Persada). Jakarta: Program Sarjana Sistem Informasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Diterbitkan

2019-07-05

Terbitan

Bagian

Articles