PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN PADA BEGINNING COFFEE DI KOTA BIMA
DOI:
https://doi.org/10.36761/tambora.v9i3.6216Keywords:
Store Atmosphere, Customer Experience , Minat Beli Ulang, Konsumen; Coffe ShopAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh store atmosphere dan customer experience terhadap minat beli ulang konsumen pada Beginning Coffee di Kota Bima. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode asosiatif. Data dikumpulkan dari 96 responden melalui teknik purposive sampling dan kuesioner skala Likert. Analisis data dilakukan dengan regresi linear berganda, termasuk uji asumsi klasik, uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa store atmosphere dan customer experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang, baik secara parsial maupun simultan. Nilai koefisien determinasi (Adjusted R²) sebesar 25,6% menunjukkan bahwa kedua variabel tersebut mampu menjelaskan variasi minat beli ulang konsumen sebesar 25,6%. Faktor store atmosphere seperti tata letak, pencahayaan, aroma, dan musik, serta pengalaman pelanggan yang konsisten melalui pelayanan dan kenyamanan, berperan penting dalam membentuk loyalitas pelanggan. Penelitian ini merekomendasikan agar Beginning Coffee meningkatkan kualitas atmosfer toko dan konsistensi layanan untuk memperkuat keterikatan emosional dengan pelanggan dan mendorong minat beli ulang.
References
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Revisi). Jakarta: Rineka
Cipta.
Badan Pusat Statistik. (2023). Statistik usaha akomodasi dan makan minum 2023. Badan
Pusat Statistik.
Berman, B., & Evans, J. R. (2014). Retail management: A strategic approach. Pearson.
Fitriani, N., & Nurdin, H. (2020). Pengaruh Store Atmosphere terhadap Minat Beli Ulang
Konsumen. Jurnal STIE Semarang, 12(2), 55–63.
Fitriyana, A., et al. (2021). Pengaruh store atmosphere terhadap minat beli konsumen. Jurnal
Riset Manajemen dan Bisnis, 10(1), 45-56.
Garg, R. (2020). Customer Experience: Emerging Theories and Models. International Journal
of Customer Relationship Marketing and Management, 11(3), 1–11.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 23. Badan
Penerbit Universitas Diponegoro.
Hultén, B., Broweus, N., & Van Dijk, M. (2019). Sensory Marketing. Routledge.
Kim, J., Lee, H., & Suh, Y. (2019). The influence of customer experience on revisit intention.
Journal of Retailing and Consumer Services, 51, 99-107.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2020). Principles of Marketing (18th ed.). Pearson Education.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson.
Lemon, K. N., & Verhoef, P. C. (2016). Understanding customer experience throughout the
customer journey. Journal of Marketing, 80(6), 69-96.
Mardian, A., & Sari, D. (2019). Pengaruh Customer Experience terhadap Minat Beli Ulang
Konsumen di One Eighty Coffee Bandung. e-Proceeding of Management, 6(1),1123–
Mustafa, R. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Pine, B. J., & Gilmore, J. H. (2011). The Experience Economy. Harvard Business Review
Press.
Purnama, E., & Putri, L. A. (2020). Pengaruh store atmosphere terhadap kepuasan dan niat
beli ulang pada konsumen di toko ritel. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 22(2),
-146.
Setiawan, M., & Astuti, W. (2020). Pengaruh store atmosphere dan customer experience
terhadap minat beli ulang di warung kopi. Jurnal Pemasaran dan Manajemen, 17(1),
-60.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trihardianti, R., & Budiarti, Y. (2023). Pengaruh Customer Experience dan Store Atmosphere
terhadap Repurchase Intention. Jurnal Aplikasi Bisnis, 9(2), 77–88.
Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2018). Services Marketing: Integrating
Customer Focus Across the Firm. McGraw-Hill.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2025 M Apryadin, Is Munandar, Nur Khusnul Hamidah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.






