SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP KINERJA PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN SUMBAWA TAHUN 2025

Authors

  • Joni Firmansyah
  • Rachmat Wasqita STKIP Paracendekia NW Sumbawa
  • Fenna Aksara Universitas Teknologi Sumbawa

DOI:

https://doi.org/10.36761/tambora.v9i3.6823

Keywords:

Survei Kinerja, Pemerintah Daerah, Sumbawa, Kepuasan Masyarakat, Sumbawa Unggul

Abstract

. Penelitian ini bertujuan untuk menilai tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa tahun 2025 sebagai dasar peningkatan kualitas pelayanan publik dan pengambilan kebijakan berbasis data. Manfaat penelitian ini tidak hanya memberikan gambaran objektif tentang persepsi masyarakat terhadap berbagai sektor pelayanan, tetapi juga menjadi alat evaluasi dan perbaikan kinerja birokrasi daerah menuju tata kelola pemerintahan yang transparan, akuntabel, dan responsif. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif melalui Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) dengan melibatkan 800 responden yang dipilih secara multistage random sampling di seluruh wilayah Kabupaten Sumbawa. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) serta Importance and Performance Analysis (IPA) untuk mengidentifikasi prioritas perbaikan layanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan masyarakat secara umum tergolong baik pada sektor pendidikan dan kesehatan, namun masih terdapat tantangan pada pemerataan infrastruktur, kualitas pelayanan di tingkat kecamatan dan kabupaten, serta pengembangan ekonomi lokal dan pariwisata. Temuan ini menegaskan perlunya sinergi antara pemerintah dan masyarakat untuk mewujudkan pelayanan publik yang inklusif, berkualitas, dan berkelanjutan dalam mendukung visi Sumbawa Unggul, Maju, dan Sejahtera.

References

Abdussamad, Z., Tahir, A., & Arsana, I. K. S. (2021). Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Dalam Pelayanan Publik (Studi Kasus: Di Gorontalo Utara). Efisiensi: Kajian Ilmu Administrasi, 18(1), 45-62.

Alfassa, A. I., Alfa, A., Susanto, B. F., & Rosmiar, R. (2023). Indeks Kepuasan Infrastruktur Kabupaten Indragiri Hilir Tahun 2022. Selodang Mayang: Jurnal Ilmiah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, 9(3), 237-244..

Bryman, A. (2016). Social research methods (5th ed.). Oxford, UK: Oxford University Press.

Field, A. P. (2018). Discovering statistics using IBM SPSS statistics (5th ed.). London, UK: SAGE Publications.

Frinaldi, A., Saputra, B., Putri, N. E., Jumiati, J., Mubarak, A., Magriasti, L., ... & Distra, F. N. (2022). Pengaruh Kualitas Kerja Dan Motivasi Kerja Pegawai Pemerintah Daerah Terhadap Kepuasan Masyarakat Kabupaten Aceh Singkil. Jurnal El-Riyasah, 13(2), 137-156.

Juliarso, A. (2019). Analisis implementasi e-government dalam meningkatan kinerja pelayanan publik pada pemerintah daerah kabupaten ciamis. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 10(1), 10-15.

Leedy, P. D., & Ormrod, J. E. (2019). Practical research: Planning and design (12th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.

Medlama, M., & Sukiastini, I. G. A. N. K. (2022). Survei Kepuasan Masyarakat terhadap Layanan Pemerintah Melalui Program MCS (Mandiri, Cerdas, dan Sehat). Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora, 5(1), 16-26.

Nugroho, A. A., Sholihati, K. D., & Rizki, M. (2020). Analisis Penyelenggaraan Pelayanan Publik: Survei Indeks Kepuasan Masyarakat Di Pemda Kabupaten Jayapura Tahun 2019. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu dan Praktek Administrasi, 17(2), 242-254.

Nurmantoro, M. A., & Kamali, A. S. (2020). Indeks Kepuasan Masyarakat Desa Kadudampit Terhadap Kinerja Pemerintahan Desa Kadudampit. Jurnal Inovasi Pendidikan, 4(1), 1-9.

Pratama, Y. F., Yahya, A. F., Mulyani, A., Rauf, Y., & Said, R. D. (2021). Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik di Sulawesi Selatan. Jurnal Administrasi Publik, 17(2), 197-210.

Setyohadi, D. P. S., Chairina, R. R. L., Rachmanita, R. E., Riskiawan, H. Y., Putra, D. E., & Firgianto, R. (2023). Analisis Survei Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik Bidang Sosial di Kabupaten Jember. Aksiologi: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 25-38.

Suandi, S. (2019). Analisis Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat di Kantor Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur. Jurnal Ilmu Administrasi dan Studi Kebijakan (JIASK), 1(2), 13-22.

Published

2025-10-20

Issue

Section

Articles