http://jurnal.uts.ac.id/index.php/Tambora/issue/feed Jurnal TAMBORA 2024-07-25T00:00:00+07:00 Muhammad Hidayatullah, M.Sc. muhammad.hidayatullah@uts.ac.id Open Journal Systems <p><strong>Fokus dan Ruang Lingkup Jurnal TAMBORA adalah Jurnal multidisiplin berfungsi sebagai platform untuk menerbitkan karya ilmiah dilingkungan Universitas Teknologi Sumbawa dan masyarakat penbeliti pada umumnya dalam bidang Aplikasi Ilmu Sains, Teknologi, Ilmu Sosial dan Humaniora sehingga akan menumbuhkan semangat meneliti dan menulis bagi akademisi dan peneliti dalam berbagai bidang tersebut menuju Indonesia Emas tahun 2045.<br /></strong></p> <p><strong>Publisher: <span style="color: #242444;"><a style="color: #242444;" href="https://uts.ac.id/en">Sumbawa University of Technology</a></span></strong></p> <p><strong>Jurnal Tambora adalah Jurnal Universitas Teknologi Sumbawa yang dikelola oleh Wakil Rektor III Bidang Publikasi</strong></p> <p> </p> http://jurnal.uts.ac.id/index.php/Tambora/article/view/4163 PENGARUH MANAJEMEN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MERCHANDISE UNIVERSITAS TEKNOLOGI SUMBAWA 2024-07-24T15:08:01+07:00 Hadi Rudiya hadi.rudiya@uts.ac.id Supriyadi supriyadi@uts.ac.id Junaidi junaidi.adiguna@uts.ac.id <p><em>Merchandise</em> bukan hanya sekedar barang dagangan biasa, <em>Merchandise</em> menjadi simbol kebanggaan bagi komunitas kampus dan menyampaikan pesan tentang nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh universitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Manajemen Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Produk <em>Merchandise</em> Universitas Teknologi Sumbawa. Dengan mengambil pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan melalui survei terhadap responden yang merupakan mahasiswa, alumni, dan masyarakat umum yang telah membeli produk <em>Merchandise</em> universitas. Variabel yang diteliti meliputi Kualitas Produk, Harga, Citra Merek, dan Kualitas Pelayanan sebagai faktor-faktor Manajemen Pemasaran, sedangkan Keputusan Pembelian menjadi variabel dependen. Analisis data dilakukan menggunakan metode regresi linier berganda untuk mengevaluasi hubungan antara variabel-variabel tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing variabel Kualitas Produk, Harga, Citra Merek, dan Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Selain itu, pengaruh Manajemen Pemasaran secara keseluruhan juga ditemukan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman tentang faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian di pasar produk <em>Merchandise</em> perguruan tinggi dan memberikan dasar bagi pengembangan strategi pemasaran yang lebih efektif untuk meningkatkan penjualan produk <em>Merchandise</em> universitas.</p> 2024-07-25T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Hadi Rudiya, Supriyadi, Junaidi http://jurnal.uts.ac.id/index.php/Tambora/article/view/4173 PENYELENGGARAAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN SUMBAWA 2024-07-18T12:26:47+07:00 Della Tri Rizqiyah dellatrir@gmail.com Umar umar@uts.ac.id Anwar anwar.donggo@uts.ac.id <p>Latar belakang penelitian ini berlandaskan pada kewajiban pemerintah untuk memberikan pelayanan publik yang efektif dan efisien sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. PTSP di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa diharapkan dapat meningkatkan efisiensi pelayanan dan menyederhanakan administrasi bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa, serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi masyarakat dalam proses administrasi.</p> <p>Desain dalam Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen terkait. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah pegawai (4 orang), Petugas PTSP (4 orang) dan masyarakat yang mendapatkan pelayanan (4 orang). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan Teknik analisis data kualitatif yang Dimana peneliti melakukan reduksi data, display data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun PTSP di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa telah menunjukkan efisiensi dalam kecepatan layanan dan sistem pendaftaran, penyelenggaraannya secara keseluruhan masih belum optimal. Kendala utama yang dihadapi masyarakat adalah ketidakcocokan berkas yang dibutuhkan dengan yang disediakan serta kesulitan dalam menemui pejabat kantor selama jam operasional karena adanya perjalanan dinas.</p> <p>Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa belum optimal, meskipun layanan dan sistem pendaftaran sudah sangat efisien. Kendala yang dihadapi antara lain ketidaksesuaian berkas yang dibawa masyarakat dengan yang dibutuhkan oleh kantor, serta kesulitan menemui pejabat kantor saat jam operasional karena kesibukan seperti perjalanan dinas.</p> <p>Latar belakang penelitian ini berlandaskan pada kewajiban pemerintah untuk memberikan pelayanan publik yang efektif dan efisien sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. PTSP di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa diharapkan dapat meningkatkan efisiensi pelayanan dan menyederhanakan administrasi bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa, serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi masyarakat dalam proses administrasi.</p> <p>Desain dalam Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen terkait. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah pegawai (4 orang), Petugas PTSP (4 orang) dan masyarakat yang mendapatkan pelayanan (4 orang). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan Teknik analisis data kualitatif yang Dimana peneliti melakukan reduksi data, display data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun PTSP di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa telah menunjukkan efisiensi dalam kecepatan layanan dan sistem pendaftaran, penyelenggaraannya secara keseluruhan masih belum optimal. Kendala utama yang dihadapi masyarakat adalah ketidakcocokan berkas yang dibutuhkan dengan yang disediakan serta kesulitan dalam menemui pejabat kantor selama jam operasional karena adanya perjalanan dinas.</p> <p>Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa belum optimal, meskipun layanan dan sistem pendaftaran sudah sangat efisien. Kendala yang dihadapi antara lain ketidaksesuaian berkas yang dibawa masyarakat dengan yang dibutuhkan oleh kantor, serta kesulitan menemui pejabat kantor saat jam operasional karena kesibukan seperti perjalanan dinas.</p> 2024-07-25T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Della Tri Rizqiyah, Umar, Anwar http://jurnal.uts.ac.id/index.php/Tambora/article/view/4012 OPTIMALISASI KUALITAS DENGAN METODE QUALITY CONTROL CIRCLE (QCC) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PRODUK DI PT KMIL 2024-05-12T13:38:48+07:00 Tedi Dahniar dosen00924@unpam.ac.id Wanto Sarwoko dosen00924@unpam.ac.id <ol> <li>Perusahaan manufaktur PT. KMIL, yang mengkhususkan diri dalam pengolahan metal, konsisten dalam menjaga kepercayaan konsumen dengan menghasilkan produk berkualitas dan kompetitif. Meskipun telah melakukan pengendalian kualitas, masih terdapat defect pada Produk Collect. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan kualitas produk dengan mengurangi jumlah defect yang terjadi menggunakan metode <em>Quality Control Circle</em> (QCC) dengan konsep PDCA (Plan, Do, Check, Action). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat tiga jenis defect tertinggi pada proses produksi collet, yaitu center, ukuran tidak standar, dan deformasi, yang disebabkan oleh faktor-faktor seperti mesin, manusia, material, metode, dan lingkungan. Dengan penerapan metode Quality Control Circle (QCC), hasil penelitian menunjukkan penurunan defect pada Defect Center sebesar 72%, Defect UTS (Ukuran Tidak Standar) sebesar 81%, dan defect deformasi sebesar 76%. Implikasi dari temuan ini adalah peningkatan signifikan dalam kualitas produk Collect, yang diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan reputasi produk. Komunikasi aktif antara pemimpin dan bawahan serta pendekatan personal yang dilakukan dengan menerapkan Quality Control juga dianggap penting untuk meningkatkan produktivitas karyawan.</li> </ol> 2024-07-25T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Tedi Dahniar, Wanto Sarwoko http://jurnal.uts.ac.id/index.php/Tambora/article/view/3947 PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE DAN CUSTOMER SATISFACTION TERHADAP REPURCHASE INTENTION PADA SPBU SELF SERVICE PERTAMINA DIY 2024-03-25T12:57:58+07:00 Muhammad Fahmi Zayyan mfahmizayyan@gmail.com Yunita Putri Wahyuningtyas mfahmizayyan@gmail.com <p>Indonesia merupakan Negara kepulauan dengan penduduk terbanyak ke-4 di dunia, hal ini juga menyebabkan banyaknya tingkat pengguna kendaraan bermotor, hal ini juga bberdampak pada konsumsi bahan bakar kendaraan bermotor masyarakat Indonesia khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Ada berbagai perusahaan penyedia bahan bakar di DIY, salah satunya dan yang terbesar adalah Pertamina. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari <em>Customer Experiences </em>dan <em>Customer Satisfaction</em> terhadap <em>Repurchase Intention</em> pada SPBU <em>Self Service</em> Pertamina DIY. Metode dalam Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan pengambilan data menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 150 responden yang merupakan pelanggan SPBU <em>Self Service</em> Pertamina DIY. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa <em>Customer Experiences</em> berpengaruh secara signifikan terhadap <em>Repurchase Intention, Customer</em> Satisfaction berpengaruh secara signifikan terhadap <em>Repurchase Intention</em> dan secara bersama-sama <em>Customer Experience </em>Dan<em> Customer Satisfaction</em> berpengaruh secara signifikan terhadap <em>Repurchase Intention</em>. Hasil dari penelitian ini bisa menjadi refrensi bagi cabang SPBU lain di Indonesia agar dapat meningkatkan <em>Repurchase Intention</em> pada SPBU terutama SPBU dalam metode <em>Self Service</em>.</p> 2024-07-25T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Muhammad Fahmi Zayyan Zayyan, Yunita Putri Wahyuningtyas http://jurnal.uts.ac.id/index.php/Tambora/article/view/4417 ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESEDIAAN MEMBAYAR PELANGGAN PDAM MENANG TERHADAP JASA LINGKUNGAN DI LOMBOK BARAT 2024-07-09T11:15:33+07:00 Fitriah Permata Cita fitriah.permata.cita@uts.ac.id Didi Suwardi fitriah.permata.cita@uts.ac.id <p>Dalam penelitian ini, penulis meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi kesediaan membayar pelanggan PDAM terhadap jasa lingkungan dengan varibel bebas yang terdiri dari tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, lama menjadi pelanggan dan tarif air PDAM. Hasil penelitian diperoleh bahwa faktor-faktor berpengaruh secara signifikan terhadap kesediaan membayar pelanggan PDAM terhadap jasa lingkungan adalah tingkat pendapatan, lama pemakaian, tarif air dan tingkat pendidikan. Dapat dilihat dari persamaan Y=2.426+0.018x1+0.078x2+0,667x3+0.271x4 menunjukkan bahwa seluruh variabel yang digunakan berpengaruh signifikan secara simultanya itu adalah tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, lama pemakaian dan tariff air. Sedangkan secara parsial terdapat satu variabel yang tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kesediaan membayar jasa lingkungan yaitu variable pendidikan. Nilai koefisien determinasi sebesar 0.867 artinya sebesar 86,7 persen variable bebas mempengaruhi variable terikat sedangkan sisanya 13,3 persen dipengaruhi oleh variabel-variabel diluar model</p> 2024-07-25T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 fitriah permata Cita, Didi Suwardi http://jurnal.uts.ac.id/index.php/Tambora/article/view/4272 EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA 2024-07-23T12:23:09+07:00 Artati Iriana artati.iriana@unidayan.ac.id Rismayani Armin artati.iriana@unidayan.ac.id Tri Susilawati artati.iriana@unidayan.ac.id Herlawan artati.iriana@unidayan.ac.id <p>Permasalahan yang kerap terjadi di kalangan peserta didik yakni komunikasi matematika yang kurang baik sehingga menimbulakan kesulitan siswa menyelesaikan permasalahn yang berupa soal cerita. Hal ini menunjukan kemampuan berpikir kritis siswa kurang. Salah satu model pembelajaran yang bertujuan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yakni model pembelajaran berbasis masalah (PBM). Penelitian ini bertujuan mengetahui efektifitas model pembelajaran berbasis masalah (PBM) kemampuan komunikasi matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperiemen dengan desain kuasi eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan metode observasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan komunikasi matematik kelas eksperimen adalah 64,773 dan rata-rata kernampuan komunikasi matematik kelas kontrol adalah 49,773. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematik siswa yang mendapat proses pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari pada kemampuan komunikasi matematik siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional pada materi pokok Prisma dan Limas. </p> 2024-07-25T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat uts, Artati Iriana, Rismayani Armin , Tri Susilawati, Herlawan http://jurnal.uts.ac.id/index.php/Tambora/article/view/4020 ANALISIS PERFORMA BANK BUMN DI INDONESIA SELAMA PANDEMI COVID 19 2024-07-08T10:46:31+07:00 Sri Andriani sri.andriani@uts.ac.id Lukmanul Hakim sri.andriani@uts.ac.id <p>Perbankan memiliki peranan penting dalam mewujudkan stabilitas ekonomi baik secara nasional maupun global. Pandemic covid 19 berimbas secara negative pada sektor perbankan terutama pada aspek likuiditas dan volatilitas nilai pasar keuangan. Hal ini berdampak pada kondisi perbankan baik berasal dari dalam maupun luar perusahaan, terlihat bahwa dari aspek tingkat profitabilitas dan nilai perusahaan mengalami fluktuasi. Data diperoleh menggunakan metode <em>nonprobability sampling</em> yaitu metode <em>purposive sampling</em> dan menggabungkan metode sampling jenuh. Structural Equation Modelling (SEM) berfungsi untuk mendeskripsikan secara kuantitatif data pada empat perusahaan BUMN di Indonesia yang menunjukkan hasil bahwa faktor internal (NPL dan LDR) dan faktor eksternal (inflasi dan tingkat suku bunga) memberikan dampak signifikan terhadap profitabilitas (ROA) perbankan. Faktor NPL dan LDR dan ROA memberikan dampak signifikan pada nilai perusahaan. Sementara faktor eksternal tidak berdampak signifikan pada nilai perusahaan.</p> 2024-07-25T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Sri Andriani, Lukmanul Hakim http://jurnal.uts.ac.id/index.php/Tambora/article/view/4048 PENGEMBANGAN KONSEP AGROCEAN PARK INTEGRITY SEBAGAI REVOLUSI KETAHANAN PANGAN DAN EKOSISTEM PARIWISATA FUTURISTIK BERKELANJUTAN 2024-05-20T01:14:57+07:00 Muhammad Haris Yulianto muh.haris.y@mail.ugm.ac.id Aisya Nazifa nazifaisya115@mail.ugm.ac.id Aris Setiawan arissetiawan700012102001@mail.ugm.ac.id Lathief Nurmahmudi Wijaya lathief.wijaya@mail.ugm.ac.id Muhammad Zahran Ammar muhammadzahranammar@mail.ugm.ac.id <p>Indonesia merupakan salah satu negara dengan lonjakan jumlah penduduk yang sangat pesat sehingga berdampak pada meningkatnya kebutuhan pangan terutama di perkotaan padat penduduk. Terdapat beberapa masalah yang dihadapi dalam mewujudkan ketahanan pangan di masa yang akan datang seperti lonjakan pertumbuhan penduduk, alih fungsi lahan, krisis air, serta krisis sumber daya manusia. Sebenarnya terdapat beberapa tawaran solusi seperti salah satunya <em>urban farming</em>, namun dalam penerapannya belum sepenuhnya optimal. Tujuan dari penulisan ini yaitu membuat pengembangan konsep inovatif terkait revolusi pertanian masa depan bawah air dengan mengoptimalisasi potensi sumber daya yang ada di Indonesia. Desain penelitian ini yaitu studi literatur atau kepustakaan sebagai metode utama untuk menciptakan konsep baru yang sistematis. <em>Agrocean Park Integrity</em> (API) menjadi konsep pengembangan revolusi ketahanan pangan, lingkungan, dan pariwisata berkelanjutan masa depan berkelanjutan dengan mengintegrasikan agrosektor sebagai tempat budidaya pangan, pendidikan, penyimpanan pangan, penelitian, dan pariwisata untuk mendukung ketahanan pangan, air, dan sumber daya. Dalam operasionalnya, konsep ini memanfaatkan potensi energi surya, energi angin, energi gelombang air laut sebagai sumber energi dan teknologi desalinasi air laut untuk menyuplai kebutuhan irigasi tanaman</p> 2024-07-25T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Muhammad Haris Yulianto, Aisya Nazifa, Aris Setiawan, Lathief Nurmahmudi Wijaya, Muhammad Zahran Ammar http://jurnal.uts.ac.id/index.php/Tambora/article/view/4053 STRUKTUR NARATIF DAN NILAI PENDIDIKAN CERITA RAKYAT SUMBAWA: ANALISIS WACANA LEGENDA BATU TONGKOK KECAMATAN PLAMPANG 2024-07-18T12:23:52+07:00 Rusmin Nurjadin rusmin.nurjadin@uts.ac.id Wawan Hermansyah rusmin.nurjadin@uts.ac.id Hendra Gunawan rusmin.nurjadin@uts.ac.id <p>Cerita rakyat Batu Tongkok adalah cerita rakyat yang berasal dari Kecamatan Plampang Kabupaten Sumbawa yang bercerita tentang istri Raja yang berubah menjadi batu setelah lama bersedih akan hilangnya sang Raja dalam ekspedisi mencari persediaan makanan untuk kedua putra kembarnya. Putera kedua dan istrinya pun berubah menjadi batu saat bersembunyi dari kejaran kera yang tak lain adalah saudara kembarnya yang sudah tidak ia kenali lagi. Kisah ini dikenal oleh masyarakat setempat sebagai salah satu latar belakang munculnya tarian tradisional Batu Tongkok di Plampang Sumbawa. Dilakukan kajian struktur naratif dan analisis nilai dari cerita rakyat tersebut dengan metode kualitatif deskriptif dan analisis isi wacana dengan metode analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil dari kajian struktur dan analisis nilai cerita rakyat Batu Tongkok menunjukkan bahwa cerita rakyat tersebut mengambil tema legenda lokal dan berlatar pada masa kerajaan Plampang, Sumbawa. Banyak karakter utama, termasuk Raja Kerajaan Plampang, istri Raja, dan kedua putra kerajaan, serta karakter pendukung lainnya, seperti istri salah satu putra kerajaan, para menteri kerajaan, masyarakat, dan perompak laut, berperan secara bertahap dalam cerita. Cerita ini memberikan beberapa pesan moral, seperti pentingnya bervariasi dalam makanan, pentingnya membuat keputusan dengan hati-hati, dan pentingnya melestarikan tempat bersejarah karena memiliki nilai moral dalam sejarahnya. Cerita rakyat ini mengandung kandungan nilai moral, sejarah, adat dan juga religi.</p> 2024-07-25T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Rusmin Nurjadin, Wawan Hermansyah, Hendra Gunawan http://jurnal.uts.ac.id/index.php/Tambora/article/view/4228 PERAMALAN DENGAN MODEL ARIMA PADA KINERJA KEUANGAN BANK: STUDI KASUS BANK BUMN 2024-06-21T13:22:20+07:00 Lukmanul Hakim lukman.hakim@uts.ac.id Lia Meiristi lukmanul.hakim@uts.ac.id Rani Septiani Sukandar lukmanul.hakim@uts.ac.id <p>Pandemi COVID-19 memberikan dampak pada segala sektor, tidak terkecuali pada ekonomi global, terutama di Indonesia. Sektor perbankan adalah salah satu dari sekian banyak sektor yang terdampak. Riset ini mencoba mengidentifikasi apakah terdapat perbedaan dalam kinerja keuangan bank BUMN sebelum dan selama pandemi COVID-19. Selain itu, riset ini mencoba melakukan peramalan terhadap kinerja bank di masa depan. Penelitian ini menggunakan pendekatan RGEC (<em>Risk Profile, Good Corporate Governance, Earning, and Capital</em>) pada rentang tahun 2018–2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Studi ini melibatkan seluruh Bank BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dengan periode pengambilan data perusahaan berlangsung dari 2017-2019 sebelum Covid-19 terjadi hingga 2020-2022 selama pandemi berlangsung. Metode yang digunakan dalam proses pengumpulan data adalah dokumentasi. Studi ini menggunakan uji ARIMA dan uji paired sample t. Dari perspektif profil risiko, hasil penelitian menunjukkan bahwa pada perspektif risiko kredit yang direpresentasikan dengan rasio NPL dapat dikategorikan pada kondisi yang baik, dan dari sudut pandang risiko likuiditas yang direpresentasikan dengan rasio LDR berada pada level cukup baik. Dalam hal Good Corporate Governance (GCG), kinerja bank berada pada level sangat baik, dalam hal pendapatan, yaitu pendekatan analisis rasio laba bersih (ROA), dan permodalan, yaitu dengan melakukan analisis komparasi antara rasio modal dengan aktiva tertimbang menurut risiko (ATMR), yang diwakili oleh rasio CAR.</p> 2024-07-25T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Lukmanul Hakim, Lia Meiristi, Rani Septiani Sukandar