PERANCANGAN ALAT PEMERAS MADU SYSTEM OTOMATIS DI KABUPATEN SUMBAWA

Penulis

  • Pupung Universitas Teknologi Sumbawa
  • Mietra Anggara Universitas Teknologi Sumbawa
  • Vivin Nila Rakhmatullah Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

Madu, perancangan, diameter saringan, efisiensi.

Abstrak

Madu adalah bahan pangan manis dan kental yang berwarna emas sampai coklat gelap dengan kandungan gula yang tinggi serta rendah lemak. Namun para petani madu memiliki kendala dalam proses pemerasan madu, karena para petani madu di Sumbawa masih menggunakan cara tradisional. Sehingga hal tersebut berpengaruh pada lama waktu pemerasan dan kenyamanan para petani madu. Selanjutnya diperlukan rancangan mesin pemeras madu yang merupakan solusi untuk mempercepat proses pekerjaan petani madu dalam menghasilkan air madu yang berkualitas. Perasan dari alat pemeras madu otomatis ini menghasilkan air madu yang bersih tidak tercampur dengan ampas sisa-sisa sarang. Proses pemerasan ini memakan waktu yang singkat dalam memeras sarang madu kapasitas 3 kg yaitu hanya dengan 10 menit. Pada waktu tersebut ampas-ampas sarang madu menempel pada dinding-dinding saringan dan tidak ikut tercampur dengan air madu dikarenakan lubang saringan yang sangat kecil dan rapih. Proses pemerasan ini menggunakan alat motor listrtik dengan putaran 1400 RPM sebagai alat penggerak atau pemutar saringan yang ditransmisikan oleh van-belt.

Referensi

[1] Hasan. 2011. Dunia Pengetahuan Sosial. Media Pustaka Jakarta

[2] Hernowo. 2013 Fakultas Sains. Perancangan Ulang Alat Pengeppres Madu Berdasarkan DataAntropometri.

[3] Nurzila khoiriyah, Akhmad Syakhroni, 2013 Mohamad Komzirudin Arief Jurusan teknik industry, Fakultas Teknologi Industri UNISSULA Jl. Raya Kaligawe KM 4, Semarang. Perancangan Alat Pengepres Madu Dengan Memper Timbangkan Faktor Ergonomis Dan waktu Proses Pemesras.

[4] Sjansuridzall, dkk. 2011. Pembuatan pollen substitute sebagai pakan lebah madu menggunakan mikroorganisme dan bahan lokal. Laporan Akhir Hibah Kompetitif Penelitian Strategis Nasional. FMIPA UI, Depok.

Diterbitkan

2020-01-23