RANCANG BANGUN APLIKASI PEMESANAN MAKANAN BERBASIS ANDROID PADA RUMAH MAKAN “BENGAWAN TEPI SAWAH”

Penulis

  • Ryan Suarantalla Universitas Teknologi Sumbawa
  • Fajar Aryo Nugroho Universitas Teknologi Sumbawa
  • Koko Hermanto Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

Aplikasi, Android Studio, Rumah Makan, Play Store.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mempermudah pelanggan dan admin dalam  pemesanan, perekapan dan reservasi. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan perangkat lunak prototype dan dibangun menggunakan Android Studio dengan bahasa pemograman java dan PHP dan basis data MySQL dengan target android versi 4.4 (Kitkat). Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi pustaka. Metode pengujian beta test. Hasil dari penelitian yaitu Aplikasi Pemesanan Makanan Berbasis Android Pada Rumah Makan “Bengawan Tepi Sawah” berbasis android yang dapat diakses melalui Play Store dan diharapkan dapat membantu meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan. Aplikasi ini berfungsi untuk memesan menu makanan, menu minuman, perekapan data, dan reservasi. Adapun aplikasi ini nantinya digunakan oleh pelanggan untuk memesan menu makanan, menu minuman dan reservasi, admin atau petugas rumah makan yang bertugas memesankan makanan dan minuman untuk pelanggan, perekapan data pemesanan, dan pelayana reservasi di Rumah Makan “Bengawan Tepi Sawah”.

Referensi

Badan Pusat Statistik. “Pedoman Pencacahan Usaha Restoran/Rumah Makan (VREST)”. Jakarta. 2015.

Busran & Wina Anggraini. “Perancangan Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman Berbasis Sistem Operasi Android (Studi Kasus: Pecel lele lela)”. Jurnal TEKNOIF, Vol. 4, No. 1. 2016. [Diakses pada: 17 Maret 2018]

Hendri. “Prototipe Aplikasi Pemesanan Makanan (Electronic Menu) Pada Restoran Berbasis Android dan Web”. Jurnal Ilmiah Media Processor, Vol. 11, No. 1. 2016. [Diakses pada: 17 Maret 2018]

Herdiyanti, dkk. “Pembangunan Sistem Pendukung Keputusan Rekrutmen Pegawai Baru di PT. ABC”. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA). Vol. 2 No. 2 Hal. 49-56. 2013. [Diakses pada: 20 Agustus 2018]

Juansyah Andi. “Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted-Global Positioning System (A-GPS) Dengan Platform Android”. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA), Vol. 1, No. 1. (2015). [Diakses pada: 17 Maret 2018]

Jogiyanto, H.M, “Analisis Perancangan Sistem Informasi”. Penerbit: Andi Offset. Yogyakarta. 2013.

Juhara, Zamrony P. “Panduan Lengkap Pemrograman Android”. Penerbit: Andi Yogyakarta. Yogyakarta: 2016.

Pratama, dkk. “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ginjal dan Saluran Kemih Dengan Metode Breadth First Search”. Jurnal Informatika, Vol. 2, No. 1. 2015. [Diakses pada: 20 Maret 2018]

Pressman, R.S. “Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi)”. Edisi 7 : Buku 1 , Yogyakarta: Andi. 2012.

Pressman, R.S. “Software Engineering : a practitioner’s approach”, McGraw-Hill, New York. 2012.

Rahman Fauzi & Santoso. “Aplikasi Pemesanan Undangan Online”. Jurnal Sains dan Informatika, Vol. 1, No. 2. 2015. [Diakses pada: 17 Maret 2018]

Rosa A.S & M.Shalahuddin. “Modul Pembelajaran Pemrograman Berorientasi Objek Dengan Bahasa Pemrograman C++, PHP, dan Java”. Penerbit: Modula. Bandung. 2010.

Sarwono Jonathan. “Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif.” Yogyakarta: Graha Ilmu. 2006.

Sommerville, Ian. “Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak)”. Jakarta: Erlangga. 2011.

Supardi Yuniar. “Koleksi Program Tugas Akhir dan Skripsi Dengan Android”. Penerbit: Kompas Gramedia Building. Jakarta: 2017.

Suriyanti Wiwit. “Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa dengan Metode SAW”. Citec Journal, Vol. 1, No. 1. 2014. [Diakses pada: 17 Maret 2018]

Diterbitkan

2020-07-02