ANALISIS PENGARUH MASSA SERAT TERHADAP SIFAT FISIS DAN MEKANIK PAPAN KOMPOSIT GIPSUM BERPENGUAT SISAL (AGAVE SISALANA)

Penulis

  • Muhammad Hisyam Universitas Teknologi Sumbawa
  • Fauzi Widyawati Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

Gipsum, Serat Sisal, Semen PPC, Densitas

Abstrak

Komposit berpenguat serat alam banyak diteliti dan dikembangkan karena sifatnya yang lebih ramah lingkungan sehingga dapat dengan mudah terdegradasi secara alami. Gipsum adalah salah satu produk material komposit yang digunakan sebagai bahan bangunan dan biasa dipakai sebagai partisi bangunan, plafon, sekat, dan asesoris ruangan. Akan tetapi gipsum juga memiliki kelemahan pada sisi keuletan dan tidak tahan air. Inovasi yang banyak dikembangkan saat ini adalah memodifikasi menggunakan jenis serat yang memiliki kekuatan dan kekakuan yang baik, bobot ringan serta biaya produksi yang murah agar dapat mengatasi kekurangan sifat fisik gipsum.Telah dilakukan penelitian mengenai pembuatan dan karakterisasi papan semen-gypsum dengan menggunakan serat sisal (Agave Sisalana) dan campuran semen PPC. Papan gipsum dibuat dengan memvariasikan persentase massa serat sisal. Variasi persentase massa serat yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 0%, 2%, 4%, 6%, 8%. Dalam penelitian ini, gipsum komersial digunakan sebagai pembanding. Variasi persentase massa serat paling optimum untuk pembuatan papan gipsum yaitu pada persentase serat 0%. Untuk karakterisasi sifat fisis diperoleh densitas 1.185 g/cm3 dan daya serap air 42,53%. Hasil pengujian densitas pada semua variasi sampel telah memenuhi standar acuan yaitu SNI 01-4449-2006 dan nilai daya serap yang diperoleh pada semua variasi sampel telah memenuhi standar acuan yaitu JIS A-5908-2003.

Referensi

Callister, William D. 2007. “Materials Science and Engineering: An Introduction 7th Edition”. John Wiley & Sons, Inc.

Asywendi dan Arthur, “Analisis Kelayakan Sifat Fisik dan Mekanik Komposit Gipsum Berpenguat Serat Alam Sisal Sumbawa Sebagai Papan Plafon”, Jurnal Tambora, Vol. 3, No. 3. 2019.

Kusumastuti, A. 2009. “Aplikasi Serat Sisal Sebagai Komposit Polimer”, Jurnal Kompetensi Teknik Vol 1. No. 1. Teknologi Jasa dan Produksi, Universitas Negeri Semarang.

Murherjee P.S., Satyanarayana K.G., “Structure and properties of some vegetable fibres”, Part 1. Sisal Fibre. Journal of Materials Science. No. 19. pp.3925-3934, 1984.

Standar Nasional Indonesia. 2006. “Papan Serat”. SNI 01-4449-2006. ICS 79.060.20. Badan Standardisasi Nasional: Jakarta.

Paramasivam dan Abdulkalam, 2009. “Aplikasi Serat Sisal sebagai Komposit Polimer”. Jurnal Kompetensi Teknik Vol.1, Universitas Negeri Semarang.

Diterbitkan

2021-01-05