PENGARUH VOLUME SERBUK TERHADAP LAJU PENYERAPAN AIR PADA KOMPOSIT PARTIKEL TONGKOL JAGUNG (CORN COB) DENGAN MATRIKS EPOKSI

Penulis

  • Maulana Malik Ibrahim Universitas Teknologi Sumbawa
  • Rita Desiasni Universitas Teknologi Sumbawa
  • Fauzi Widyawati Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

Komposit partikel tongkol jagung, Volume serbuk, Epoxy, Daya serap air

Abstrak

Serbuk tongkol jagung adalah limbah alam yang digunakan sebagai penguat pada komposit papan partikel. Limbah tongkol jagung sangat berlimpah di Kabupaten Sumbawa Besar, NTB. Pada umumnya tongkol jagung mengandung bahan selulosa murni yang dapat menjadi bahan pengisi alternatif karena sifat seratnya yang kuat (modulus tinggi). Antara rantai-rantai selulosa terdapat ikatan hidrogen yang kuat, sehingga menghasilkan struktur kristalin. Untuk menentukan sifat fisik terhadap limbah tongkol jagung dalam pemanfaatannya. Oleh karena itu limbah tongkol jagung dijadikan sebagai media komposit papan partikel. Serbuk tongkol jagung menggunakan ukuran partikel 70 Mesh dengan variasi volume 30%, 40%, 50%, 60%, 70%. Pembuatan komposit dilakukan dengan metode hand lay up dengan campuran resin epoxy dan hardener menggunakan standar pengujian SNI 03-2105-2006. Hasil yang diperoleh dari uji daya serap air menunjukkan bahwa semakin meningkat variasi volume yang digunakan pada komposit maka semakin tinggi daya serap air pada papan partikel dan semakin lama waktu perendaman yang digunakan makan semakin tinggi persentase yang didapatkan. Sedangkan hasil dari persentase berat terendah yaitu pada variasi volume partikel 30% dengan lama waktu 24 jam sebesar 1.4% dan persentase tertinggi yaitu pada variasi volume partikel 70% dengan lama waktu perendaman yaitu 72 jam sebesar 14.2%. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa komposit serbuk tongkol jagung dengan resin epoxy pada variasi volume 30% yang lebih baik dibandingkan dengan variasi volume 70%.

Referensi

A. Ngadianto, dan P.Lestari, 2013. “Pemanfaatan Limbah Tongkol Jagung Sebagai Bahan Pembuatan Papan Partikel Tanpa Perekat Sintetis”, Penelitian, Universitas Gadjah Mada: Yogyakarta.

Azissyukron. M, dan Hidayat. S., 2019. “Perbandingan Kekuatan Material Hasil Metode Hand Lay-up dan Metode Vacum Bag Pada Material Sandwich Composite”, Penelitian. Politeknik Negeri Bandung: Bandung.

BPS NTB, 2014. ”Nusa Tenggara Barat Dalam Angka 2014 (Nusa Tenggara Barat in Figures 2014”, Badan Pusat Statistik Nusa Tenggara Barat: Mataram.

Faesal, 2013. “Pengelolahan Limbah Tanaman Jagung Untuk Pakan Ternak Sapi Potong”. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pertanian, Badan Litbang Pertanian: Jakarta 2476-9843.

Hidanto, Wirnu dan Mora. 2019. “Analisis Pengaruh Komposisi Sebuk Terhadap SIfat Fisis dan Mekanis Komposit Papan Partikel Dari Tandan Kelapa Sawit, Serbuk Kayu dan Tempurung Kelapa”, Jurnal Fisika Unand, Universitas Andalas: Medan.

Michael, Surya.E, Halimatuddahlia, “Daya Serap Air dan Kandungan Serat (Fiber Content) Komposit Polyester Tidak Jenuh (Unsaturated Polyester) Berpengisi Serat Tandan Kosong Sawit Dan Selulosa”, Teknik Kimia, USU, Vol. 2, No. 3, 2013.

Rahmat, Muhammad, SAR, 2019. “Analisis Nilai Kalor dan Laju Pembakaran Biobriket Arang Campuran Tempurung Kemiri dan Tongkol Jagung Menggunaka Perekat Tepung Tapioka”, Skripsi, Institut Teknologi Nasional: Malang.

SNI 03-2105-2006, ”Papan Partikel”, Badan Standarisasi Nasional: Indonesia, 206.

Diterbitkan

2021-01-06