PERANCANGAN APLIKASI MENENTUKAN JUMLAH PRODUKSI ROTI DENGAN METODE FUZZY TSUKAMOTO PADA PT. CHOCHOINTI SEJAHTERA

Penulis

  • Novi Andriani STMIK Budidarma Medan

Kata Kunci:

Sistem penalaran fuzzy, Optimalisasi total produksi roti, Sistem informasi dan ketebalan

Abstrak

Penentuan jumlah produksi merupakan suatu hal yang harus di perhatikan sebelum memulai sebuah proses produksi. Perlu di pertimbangkan berbagai faktor untuk menentukan jumlah produksi barang, agar terhindar dari risiko kerugian. Sehingga penyelesaian masalah tersebut, hendaknya dapat membuat suatu keputusan yang tepat untuk memilih berapa banyak jumlah produk yang di produksi supaya keuntungan bisa dioptimalkan. Maka dibutuhkan suatu sistem pendukung keputusan menentukan jumlah produksi.  Logika fuzzy (logika samar) itu sendiri merupakan logika yang berhadapan dengan konsep kebenaran sebagian, dimana logika klasik menyatakan bahwa segala hal dapat diekspresikan dalam istilah binary (0 atau 1), sedangkan logika fuzzy memungkinkan nilai keanggotaan antara 0 dan 1. Logika fuzzy terdiri dari suatu Fuzzy Inference System atau sistem penalaran fuzzy. Salah satu Fuzzy inference system adalah penalaran dengan metode Tsukamoto.  PT. Chocho Inti Sejahtera merupakan perusahaan yang bergerak dibidang memproduksi roti. Banyak sekali faktor yang harus dipertimbangkan dalam menentukan berapa jumlah produksi yang harus dihasilkan perbulannya yang akan dijadikan target dalam memulai sebuah usaha. Untuk itu, dalam menentukan target jumlah produksi perbulan dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan untuk mengelola dan memanajemen segala sumber daya yang ada sehingga suatu produksi dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

Referensi

Syafruddin Syarif, "Sistem Cerdas Deteksi Citra Dengan Metode Discrete Cosine Transform," P R O S I D I N G 2 0 12, vol. 2, no. 1, pp. 1-14, 2012.

Wiwien Hadikurniawati dan Zuli Budiarso Eka Ardhianto, "Implementasi Metode Image Subtracting dan Metode Regionprops untuk Mendeteksi Jumlah Objek Berwarna RGB pada File Video," vol. 2, no. 1, pp. 91-100, 2013.

Sunardi,Shoffan Saifullah Anton Yudhana, "Perbandingan Segmentasi Pada Citra Asli Dan Citra Kompresi Wavelet Untuk Identifikasi Telur," Jurnal Ilmiah ILKOM, vol. 8, no. 1, pp. 190-196, 2016.

Sutoyo T, 2009, “Teori Pengenalan Citra Digital”, 1st ed. Andi Offset: Yogyakarta.

Adhi Susanto Abdul Kadir, 2013. “Teori dan Aplikasi Pengolahan Citra”. 1st ed., Andi Offset: Yogyakarta.

"Identifikasi Kualitas Beras dengan Citra Digital," Scientific Journal of Informatics, vol. 2, no. 1, pp. 60-72, 2015.

Ifrahul Haqiqi, "STUDI KEBERHASILAN PERSILANGAN," Jurnal Produksi Tanaman, vol. 3, no. 2, pp. 107-112, 2015.

Diterbitkan

2021-01-06