PEMELIHARAAN JARINGAN DISTRIBUSI DI PT. PLN ULP 2 MAWASANGKA

Penulis

  • Arbain Universitas Teknologi Sumbawa
  • Titi Andriani Universitas Teknologi Sumbawa
  • Muhammad Hidayatullah Universitas Teknologi Sumbawa
  • Shinta Esabella Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

Pemeliharaan Jaringan, Distribusi, Gardu, JTM

Abstrak

Pemeliharaan jaringan distribusi merupakan serangkaian tindakan atau proses kegiatan untuk mempertahankan kondisi dan meyakinkan bahwa peralatan dapat berfungsi sebagaimana mestinya sehingga dapat dicegah terjadinya gangguan yang menyebabkan kerusakan. Pemeliharaan ini bertujuan untuk meningkatkan ketahanan, ketersediaan dan efisiensi peralatan, untuk memperpanjang umur peralatan, mengurangi resiko terjadinya kegagalan atau kerusakan peralatan, meningkatkan keamanan peralatan, mengurangi lama waktu padam akibat sering gangguan. Seluruh data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui beberapa instrument berupa metode literature, metode observasi dan metode wawancara. Metode yang dilakukan kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa jenis pemeliharaan yang dilakukan di PT. PLN ULP 2 Mawasangka yaitu pemeliharaan preventif dan pemeliharaan breakdown. pada jaringan tegangan menengah dan pemeliharaan pada gardu distribusi. Pada pemeliharan JTM terdiri dari pemeliharaan kabel penghantar, isolator, dan tiang. Sedangkan pada pemeliharaan Gardu Distribusi meliputi pemeliharaan NH-Fuse, lightning arrester, dan box panel. Pemeliharaan dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan peralatan listrik yang dapat mengakibatkan terganggunya aliran listrik.

Referensi

Budiman, B. 2018. “Manajemen Pemeliharaan”. Jilid 1. PT PLN (PERSERO) Distribusi Jawa Timur.

Duyo, R. A dan Sulkifli, A. “Analisis Jaringan dan Pemeliharaan Pada Jaringan Distribusi di PT. PLN Wilayah Cabang Pinrang”. Jurnal Vertex Elektro, Vol. 01, No. 02, hal. 1-11, 2019.

Gabriel M, dkk. 2007. “Pemeliharaan Distribusi Tegangan Menengah”. Teknik Elektro. Politeknik Negeri Semarang.

Kongah, D., Sarjan, M dan Mukhlis, B. “Analisis Pembebanan Transformator Gardu Selatan Kampus Universitas Tadulako”. Jurnal MEKTRIK, Vol. 1, No. 1, hal. 11-19, 2014. ISSN 2356-4792.

Makangiras, Ofriadi. 2016. “Pemeliharaan Gardu Distribusi”. Laporan Akhir. Manado: Jurusan Teknik Elektro. Politeknik Negeri Manado. Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Manjang, S., Kitta, I., Syafaruddin., Yusran., Gunadin, I. C dan Gassing. 2019. “Pelatihan Pemeliharaan Sistem Distribusi Tenaga Listrik pada Tenaga Kerja Perusahaan Bidang Ketenagalistrikan”. Jurnal TEPAT (Teknologi Terapan untuk Pengabdian Masyarakat), Vol. 02, No. 02, hal. 45-50.

Pasra, N dan Ruswandi, P. P. 2016. “Pelaksanaan Manajemen Pemeliharaan Gardu Distribusi”. Jurnal SUTET, Vol. 06, No. 02, hal. 9-21.

Suswanto, D. 2009. “Sistem Distribusi Tenaga Listrik”. Edisi Pertama. Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Padang.

Tanjung, A dan Atmam. “Analisis Kinerja Transformator Distribusi Rusunawa Universitas Lancang Kuning Pekanbaru”. Jurnal Sain, Energi, Teknologi & Industri (SainETIn), Vol. 1, No.1, hal. 33-40, 2016. ISSN 2548-6888.

Diterbitkan

2021-01-06