RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AVIN LAUNDRY SUMBAWA BERBASIS WEB

Penulis

  • Winda Aryani Universitas Teknologi Sumbawa
  • Shinta Esabella Universitas Teknologi Sumbawa
  • Nawassyarif Universitas Teknologi Sumbawa
  • Miftahul Haq Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

Web, Jasa laundry, Transaksi, Black box, Waterfall

Abstrak

Jasa laundry adalah sebuah usaha yang menawarkan jasa cuci pakaian atau barang-barang yang umum digunakan oleh konsumen. Tingginya permintaan konsumen terhadap jasa mencuci menjadikan laundry menerima transaksi yang tinggi setiap harinya. Proses pengimputan manual menjadi salah satu hambatan yang sering dihadapi dalam pengelolaan data. Avin Laundry Sumbawa adalah salah satu jasa laundry yang masih menggunakan proses pengimputan manual dalam pengelolaan data. Ruang penyimpanan yang besar dan banyak, pencatatan data berulang kali, perekapan data periode yang berulang ditambah data tercecer dan hilang adalah beberapa masalah yang sering hadapi jasa laundry dalam pengelolaannnya yang secara manual. Demi profesionalitas kinerja, setiap perusahaan atau jasa memerlukan pengelolaan data yang terstruktur dan efisien. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem informasi yang dapat mempermudah jasa laundry dalam pengelolaan data transaksi yang efisien. Aplikasi ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai database. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan studi pustaka. Adapun pengujian perangkat lunak menggunakan metode pengujian black box.

Referensi

Widajanti, E. “Peran Teknologi Informasi Untuk Mencapai Keunggulan Kompet itf”. Jurnal Akuntansi dan Sistem Informasi, Vol.6, No. 1, hal: 60-71. 2008.

Nugroho, Bunafit. (2013). “Dasar Pemrograman Web PHP-MySQL dengan Dreamweaver”. Gava Media: Yogyakarta.

Rossa A.S dan M. Shalahuddin. 2013. “Rekayasa Perangkat Lunak”. Informatika: Bandung.

Sartika, Yuli. 2017. “Pembuatan Program Sistem Informasi Pada Jasa Laundry”. Skripsi. Program Studi Manajemen Informatika AMIK BSI: Jakarta.

Setiawan, Muhammad Ari. 2018. “Implementasi Sistem Manajemen Dalam Pengolahan Data Laundry Berbasis Web (Studi Kasus Lira Laundry)”. Skripsi. Program Studi Informatika Universitas Muhammadiyah: Sidoarjo.

Solichin. Ahmad, 2016. “Pemrograman Web Dengan PHP dan MySQL”. Budi Luhur: Jakarta.

Sommerville, I., 2015. “Software Engineering Edisi 9”. Addison-Wesley.

Sukamto, R. A, dan Shalahuddin, M. 2015. “Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek” . Informatika: Bandung.

Supono, dan Putratama Viliandry. 2016. “Pemrograman Web Dengan Menggunakan PHP Dan Framework CodeIgniter”. Deepublish: Yogyakarta.

Pressman, R. S,. 2002. “Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku I”. Andi: Yogyakarta.

M. Hidayatullah, F. Hendrawan, T. Andriani dan S. Esabella. “Desktop-Based Population Data Information System to Support The Sumbawa Electronic Government in Rhee District”. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science 396 (1). 2019.

Diterbitkan

2021-01-06