ANALISIS PENETAPAN HARGA JUAL MENGGUNAKAN METODE MARK UP PRICING PADA PRODUK PERMEN SUSU (Studi pada Permen Susu Selamat Gama Desa Penyaring Kabupaten Sumbawa)

Authors

  • Nadila Oktavia Universitas Teknologi Sumbawa

DOI:

https://doi.org/10.37673/jafa.v2i1.492

Keywords:

Harga Pokok Produksi, Harga Jual, Full Costing, Mark Up Pricing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penetapan harga jual dengan menggunakan metode mark up pricing pada produk permen susu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data skunder. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa penentuan harga jual menggunakan metode mark up pricing dengan pendekatan full costing untuk kemasan 90 gram lebih tinggi yaitu Rp. 10.750  dibandingkan dengan penentuan harga jual yang dilakukan oleh perusahaan yaitu Rp. 10.000. Sedangkan penetapan harga jual untuk kemasan 220 gram yang di tetapkan oleh perusahaan sudah tepat yaitu dengan harga Rp. 25.000 dimana penetapan harga jual menggunakan metode mark up pricing dengan pendekatan  full costing untuk kemasan 220 gram adalah Rp. 24.995. Dan penetapan  harga jual menggunakan metode mark up pricing dengan pendekatan  full costing untuk kemasan 400 gram lebih rendah yaitu Rp. 39.913,2  dibandingkan dengan penentuan harga jual yang dilakukan oleh perusahaan yaitu Rp. 50.000.

Published

2020-03-28