ANALISIS PENERAPAN PSAK NO 45 TENTANG PELAPORAN KEUANGAN ORGANISASI NIRLABA PADA PANTI ASUHAN MUHAMMADIYAH SUMBAWA

Authors

  • Firman Jayantoro Universitas Tekhnologi Sumbawa

DOI:

https://doi.org/10.37673/jafa.v2i1.517

Keywords:

Kata Kunci : Laporan keuangan, PSAK 45, Panti Asuhan

Abstract

Banyak masalah yang terjadi di Indonesia khusunya maslah ekonomi. Banyak hal yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi masalah yang ada disekitar masyarakat, salah satunya dengan berdirinya organisasi disekitar masyarakat. Organisasi ada 2, organisasi bisnis dan organisasi nirlaba. Organisasi nirlaba adalah organisasi yang bergerak dalam bidang sosial dan bergerak bukan untuk mencari laba, hanya untuk mengabdi kepada masyarakat. Pada umumnya organisasi ini menekankan pelayanan sebaik-baiknya pada pihak eksternal, misalnya organisasi pelayanan kesehatan, pendidikan, layanan sosial dan keagamaan. Kemampuan organisasi untuk terus memberikan jasa dikomunikasikan melalui laporan posisi keuangan yang menyediakan informasi mengenai aset kewajiban, aset bersih, dan informasi mengenai hubungan antara unsure-unsur tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penyusunan laporan keuangan lembaga nirlaba untuk mengetahui kinerja pengelola dalam satu periode. Dari latar belakang tersebut penelitian ini dilakukan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dimana tujuannya adalah untuk menggambarkan secara sistimatis tentang penyusunan laporan keuangan organisasi nirlaba untuk mengetahui kinerjanya. Analisis data bertujuan untuk merumuskan sebuah format laporan keuangan berdasarkan PSAK 45. Data dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi, dan studi pustaka atau dokumentasi.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Panti Asuhan Muhammadiah Sumbawa belum menyusun laporan keuangan panti yang sesuai dengan PSAK 45 seperti standar yang berlaku, sehingga peneliti mencoba menyusun laporan keuangan yang sesuai dengan PSAK 45 tentang pelaporan keuangan organisasi nirlaba.

Published

2020-03-28