The PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL SUZUKI PADA PT. SEJAHTERA BUANA TRADA DI PEKANBARU

THE INFLUENCE OF PROMOTIONS AND PRICES ON SUZUKI CAR PURCHASE DECISIONS AT PT. SEJAHTERA BUANA TRADA IN PEKANBARU

Authors

  • Rahma Yulita Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahaputra Riau
  • Lisa Tinaria Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahaputra Riau

Keywords:

promosi, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

This research aims to determine the influence of promotions and prices on the decision to purchase Suzuki cars at PT. Sejahtera Buana Trada in Pekanbaru The sample for this study was 85 people. The data analysis techniques used are quantitative and qualitative methods. The technical data used is multiple linear regression using SPSS 27. Based on the research results, it was found that the Promotion variable had a significant effect on the decision to purchase a Suzuki Car at PT Sejahtera Buana Trada in Pekanbaru. And price has a significant influence onthe decision to purchase a Suzuki car at PT. Sejahtera Buana Trada in Pekanbaru. There is a significant influence between promotion and price simultaneously or together on the decision to purchase a Suzuki car at PT. Sejahtera Buana Trada Pekanbaru.

 

Keywords: Promotion, Price, Purchase Decision

References

Daftar Pustaka

Alma, Buchari, 2014. Pengantar Bisnis. Bandung : CV. Alfabeta.

Angelia, Siatama. Hommy, Dorthy, ES. Muhammad, Ali, Akbar. 2023. Pengaruh Harga, Promosi Dan Marketplace Terhadap Keputusan Pembelian PT. Calispo Multi Utama Medan. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Eka Prasetya, Medan. Journal of Science and Social Research ISSN 2615 – 4307 (Print) June 2023, VI (2): 381 – 387 ISSN 2615 – 3262 (Online)

Asrizal, Efendy, Nasution. Linzzy, Pratami, Putri. Muhammad, Taufik, Lesmana. 2019. Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan Dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada 212 Mart di Kota Medan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 2019, hal 194-199 Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat ISSN 2714-8785

Assauri, Sofjan. 2015. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers

Diamond, Gregorian, Ongoh. Silvya L, Mandey. Rotinsulu, JJ. 2015. Analisis Strategi Promosi Dan Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Suzuki Ertiga pada PT. Sinar Galesong Pratama Manado. Univesitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal EMBA Vol.3 No.3 Sept. 2015, Hal.582-594 ISSN 2303-11

Fahmi Irham, 2016. Perilaku Konsumen Teori dan Aplikasi, Alfabeta, Bandung Fatihudin, Didin dan Firmansyah, Anan. 2019. Pemasaran Jasa: (Strategi,.

Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan), Yogyakarta, CV Budi. Utama

Guritna, Wasesa, Samudra. Andi, Wijayanto (2021) Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Suzuki Karimun Wagon R di CV. Garuda Perkasa Semarang. Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. X, No. 2

Guritna, Wasesa, Samudra. Andi, Wijayanto. 2021. Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Suzuki Karimun Wagon R di CV. Garuda Perkasa Semarang. Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. X, No. 2

Ghozali Imam. 2016. Aplikasi Multivariete. Semarang : Undip

Ginting, Nembah F Hartimbul, 2015. Manajemen Pemasaran. Bandung : CV. Yrama Widya.

Hermawan, Agus. 2015 Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Herlambang. 2014. Pengantar Ilmu Bisnis. Yogyakarta:Parama Publishing

Joshua, Calvin. 2021. Pengaruh Harga Dan Promosi Di Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Call Me Bro. Universitas Ciputra Surabaya. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Volume 6, Nomor 4, Oktober 2021

Kurniadi. Aniek, Wahyuati. 2018. Pengaruh Citra Merek, Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Melakukan Pembelian Mobil Suzuki pada PT. United Motors Centre. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen e-ISSN : 2461-059

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. 2016. Manajemen Pemasaran edisi 12 Jili1.& 2.Jakarta: PT. Indeks

Kotler Philip, 2015. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2, Indeks, Jakarta Kotler Philip and Armstrong. 2015. Principles of Marketing, thirteen edition. New

Jersey: Prentice-Hall. Inc

Mursid.2014, Manajemen Pemasaran. Jakarta, Bumi Aksara

Muzammil, Ilmi, Listighfaroh. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sabun Cair Feira White Shower Cream di Surabaya. Universitas Wijaya Putra Surabaya. Repository.uniwipusu.ac.id

Murtadho, Kesuma. Dessy, Fitria. Ahmad, Ulil, Albab ,Al Umar. 2021. Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pattaya Corner Kota Salatiga. Islam IAIN Salatiga. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, Volume 3 No 1, April 2021. ISSN 1858 – 1358, E –

ISSN 2684 – 7000

Malau, Herman. 2018. Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global, Alfabeta, Bandung

Nurmansyah, 2018. Pengantar Manajemen Pemasaran. Pekanbaru : Unilak Press. Nickels, James., dan Susan, 2010. Pengantar Bisnis. Jakarta : Salemba Empat.

Nyoto. 2015. Metodologi Penelitian Teori dan Aplikasi. Pekanbaru : UR Press

Riduwan. 2014. Metode Dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung : Alfabeta

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2016. Perilaku Konsumen. Yogyakarta. Andi.

Sekaran Uma. 2018. Research Methods For Business. Jakarta : Salemba Empat Sukardi. 2018. Metodologi penelitian pendidikan kompetensi dan praktiknya.

Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta

Sunyoto Danang. 2017. Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung : PT. Refika Aditama

Swastha Basu, 2018. Manajemen Penjualan Edisi 3, BPFE, Yogyakarta

Tjiptono, Fandy dan Diana, Anastasia. 2016. Pemasaran Esesi dan Aplikasi, Andi.

Offset, Yogyakarta

Tjiptono, Fandy. 2016. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta : Andi

Watrinings. Amrico, Simon, Carlos. 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor pada PT. Armada Perkasa Mobilindo. Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) Jakarta, Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, Volume 1, No. 1, Maret 2021, p. 14-26

Yudi, Carsana. David, Kevin. 2020. Pengaruh Promosi, Persepsi Harga Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Suzuki di PT.Arista Suskes Abadi Tanjung Pinang. STIE Pembangunan Tanjungpinang. Jurnal Manajerial Dan Bisnis Tanjungpinang, VOL.3, NO.1, 2020: 1-13

Published

2024-12-30

How to Cite

Yulita, R., & Tinaria, L. (2024). The PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL SUZUKI PADA PT. SEJAHTERA BUANA TRADA DI PEKANBARU: THE INFLUENCE OF PROMOTIONS AND PRICES ON SUZUKI CAR PURCHASE DECISIONS AT PT. SEJAHTERA BUANA TRADA IN PEKANBARU. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 9(2), 1-11. Retrieved from http://jurnal.uts.ac.id/index.php/jebi/article/view/5236