PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PERMEN SUSU

Authors

  • Agus Santoso Universitas Teknologi Sumbawa
  • Yandri Sudodo Universitas Teknologi Sumbawa
  • Muhammad Nur Fietroh Universitas Teknologi Sumbawa

DOI:

https://doi.org/10.37673/jebi.v2i2.58

Keywords:

Marketing mix , Loyalitas Konsumen , Permen Susu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Marketing Mix terhadap Loyalitas konsumen permen susu pada UMKM permen susu di kecamatan Moyo Hilir. Jenis penelitin ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat kecamatan Sumbawa, dalam menentukan sampel menggunkan random sampling dengan mengambil sampel dengan jumlah 100 orang responden. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda terdiri dari Uji validitas,reliabilitas uji t, uji f, uji determinasi dan Uji asumsi Klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: variabel produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen permen susu. Adapun variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen permen susu. Variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen permen susu. Selanjutnya variabel lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen permen susu. Secara simultan, Marketing mix berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan tingkat kepercayaan 62,2% sedangkan sisanya 37,8% di pengaruhi oleh factor lain di luar variabel yang di teliti. Disarankan bagi produsen permen susu untuk mempertimbangkan starategy marketing mix, melakukan inovasi produk dan mengintensifkan promosi dan penjualan melalui media sosial yang terbukti efektif.

Kata kunci: Marketing mix , Loyalitas Konsumen , Permen Susu

Published

2017-07-26

How to Cite

Santoso, A., Sudodo, Y., & Fietroh, M. N. (2017). PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PERMEN SUSU. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.37673/jebi.v2i2.58

Issue

Section

Articles