ANALISIS TINGKAT RESIKO POSTUR KERJA BERDASARKAN METODE RAPID UPPER LIMB ASSESSMENT PADA PEKERJA KANTOR & OPERATOR DI PT. AMMAN MINERAL NUSA TENGGARA

Authors

  • Berry Firmansyah Universitas Teknologi Sumbawa
  • Ismi Mashabai Universitas Teknologi Sumbawa

Keywords:

Posisi kerja, Ergonomis, Rapid Upper Limb Assessment (RULA)

Abstract

Pekerja merupakan aset penting bagi perusahaan tetapi sering kali perusahaan kurang memperhatikan kebutuhan dan kepentingan pekerja. Masih banyak perusahaan yang proses produksinya tidak didukung oleh metode yang standar dan fasilitas kerja yang ergonomis menyebabkan pekerja sering mengalami keluhan-keluhan pada bagian tubuhnya. Kenyamanan dalam bekerja merupakan salah satu faktor penting dalam proses produksi, dengan memperhatikan kenyamanan dalam bekerja maka akan dapat mengurangi terjadinya keluhan-keluhan dalam bekerja. Rapid Upper Limb Assessment (Rula) merupakan metode yang dikembangkan dalam bidang ergonomi yang menginvestasikan dan menilai posisi kerja yang dilakukan oleh tubuh bagian atas.

References

Anizar & Joko Suriadi. (2008). Analisa Postur Kerja Operator Pada Bagian Boiler Dengan Metode Ovako Working Posture Analysis System Di PTPN V Sei Rokan Riau. Makalah dalam Seminar Nasional Teknik Industri dan Kongres BKSTI V. Makassar,16-17 Juli 2008.

Bridger RS. (1995). Introduction to ergonomic. International Editions. General Engineering Series. McGraw-Hill, Inc.

Husein, Umar.2011.Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi 11.Jakarta: PT. Bumi Askara.

Nazlina, Buchari, dan Selvi Indah Ria. (2008). Usulan Perancangan Postur Kerja dengan Menggunakan Pendekatan Biomekanika dan Fisiologi pada Aktivitas Pencetakan Batu Bata. Makalah dalam Seminar Nasional Teknik Industri dan Kongres BKSTI V. Makassar,16-17 Juli 2008.
Nurmianto, Eko. 1996. Ergonomi: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Surabaya: Guna Widya.

Nur B, Alfin.(2017).Analisis Postur Tubuh Menggunakan Metode OWAS dan RULA Guna Menurunkan Resiko MSDS Studi Kasus PG.Tjoekir Jombang.Skripsi.Universitas Muhammadiyah Malang.

Susihono W. (2012).Perbaikan Postur Kerja untuk mengurangi keluhan musculoskeletal dengan pendekatan metode OWAS ( Studi kasus di UD. Rizki Ragil Jaya-Kota Cilegon). Spektrum Industri Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng, Serang.

Susila, I.G.N. (2002). Musculoskeletal Disorders. Majalah Kedokteran Udayana (MKU). 33(116):

Published

2020-02-28

Issue

Section

Articles