ANALISIS SIKAP KERJA DENGAN METODE RAPID UPPER LIMB ASSESSMENT (RULA) PADA OPERATOR DI PT. AMMAN MINERAL NUSA TENGGARA

Authors

  • Tita Dwi Ermayanti Universitas Teknologi Sumbawa
  • Koko Hermanto Universitas Teknologi Sumbawa

Keywords:

Komponen sistem kerja, antropometri, Rapid Upper Limb Assessment (RULA)

Abstract

Semua manusia dalam melakukan suatu pekerjaan, pastinya terdapat berbagai factor yang akan mempengaruhi hasil pekerjaan tersebut. Suatu system kerja misalnya, merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan karena system kerja sangat berpengaruh terhadap produktivitas kerja. Kondisi kerja yang kurang nyaman, situasi kerja yang tidak mendukung tentunya berpengaruh terhadap produktivitas kerja manusia. Dalam perancangan stasiun kerja terdapat komponen sistem kerja yang yang harus diperhatikan yaitu manusia, mesin atau peralatan dan lingkungan fisik kerja. Penyesuaian komponen sistem kerja terhadap fisik manusia yang menggunakan komponen tersebut akan sangat membantu kerja manusia tersebut. Ergonomi adalah ilmu yang mempelajari hal-hal yang membuat manusia merasa nyaman dalam bekerja sehingga produktivitas kerja dapat meningkat. Salah satu ilmu ergonomic adalah antropometri, yaitu cabang ilmu ergonomi yang membahas tentang dimensi tubuh manusia. Hasil dari pengukuran antropometri ini digunakan dalam merancang suatu sistem kerja maupun desain peralatan untuk memudahan pemakaian, menunjang keamanan dan kenyamanan dari suatu pekerjaan. sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja. Rapid Upper Limb Assessment (RULA) merupakan suatu metode  penelitian untuk menginvestigasi gangguan pada anggota badan bagian atas.

References

Aisha, Atya Nur.2014.”Office Ergonomics Assessment Pada Kantor Bank X”.JurnalRekayasaSistem&Industri.1(1): 68-74.

Bridger, R.S.2003. “Introduction To Ergonomics”.London: Taylor & Francis.

Helander, Martin.2006.”.A Guide To Human Factors And Ergonomics”.2nd Edition. London.

Murti, Anna.2013.”Penentuan Ergonomic Assessment Method Untuk Mengidentifikasi Dan Menilai Ergonomic Hazards Di Pekerjaan Yang Paling Beresiko Menimbulkan Muscoloskeletal Disorders”. Tesis. Universitas Indonesia

Murti, B. 2010.”Desain Dan Ukuran Sampel Untuk Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif di Bidang Kesehatan”. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nurmianto, Eko.2004.”Ergonomi Konsep Dasar Aplikasi”. Surabaya: Prima Printing.

Published

2020-02-28

Issue

Section

Articles