ANALISA PENGENDALIAN KUALITAS PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE SEVEN TOOLS QUALITY DI PT. BORSYA CIPTA COMMUNICA

Authors

  • Jaka Radianza Universitas Teknologi Sumbawa
  • Ismi Mashabai Universitas Teknologi Sumbawa

Keywords:

Produk Fiber Optic, Pengendalian kualitas, 7 alat pengendalian kualitas (Seven Tools Quality )

Abstract

Saat ini masih belum ada pabrik pembuatan kabel yang terfokus pada Fiber Optic di Indonesia dan kebanyakan perusahaan kabel sekarang masih melakukan impor material dari beberapa negara seperti China, Singapura dan Korea Selatan. Hal inilah yang membuat PT. BorSya Cipta Communica menginisiasikan target jangka panjang untuk menjadikan perusahaan pertama yang mampu untuk memproduksi kabel di Indonesia serta membuka peluang Indonesia sebagai negara yang patut diperhitungkan sebagai negara penghasil penyedia peralatan telekomunikasi. Kualitas menjadi faktor utama agar produk yang dihasilkan dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan. Sehingga pengendalian kualitas harus dikelola dengan baik. Pengendalian kualitas adalah suatu sistem yang terdiri dari pengujian, analisis dan tindakan-tindakan yang harus diambil dengan menggunakan kombinasi seluruh peralatan dan teknik-teknik yang berguna untuk mengendalikan kualitas suatu produk dengan ongkos seminimal mungkin, sesuai dengan keinginan para konsumen. Salah satu metode yang dapat diterapkan dalam pengendalian kualitas adalah 7 alat pengendalian kualitas (Seven Tools Quality ).

References

Al-Fakhri, Faiz. 2010. Analisis Pengendalian Kualitas Produksi di PT Masscom Grahpy dalam Upaya Mengendalikan Tingkat Kerusakan Produk Menggunakan Alat Bantu Statistik, Skripsi, Program Sarjana, Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro, Semarang.

Idris,Iswandi, 2016. Pengendalian Kualitas Tempe Dengan Metode Seven Tools, Politeknik LP3I Medan, Indonesia

Ivanto,Muhammad. 2012. Pengendalian Kualitas Produksi Koran menggunakan Seven Tools pada PT. Akcaya Pariwara Kabupaten Kubu Raya,Jurnal,Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura

Purnomo, Hari, 2004.Pengantar Teknik Industri, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.

Yamit, Zulian, 2010. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa, Ekonisia, Yogyakarta

Published

2020-02-28

Issue

Section

Articles