PENGARUH KERAGAMAN MENU, HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG ROTI LANGSUNG ENAK BAKERY SUMBAWA

Authors

  • Mita Kartina Universitas Teknologi Sumbawa
  • Reza Muhammad Rizqi Universitas Teknologi Sumbawa
  • Nova Adhitya Ananda Universitas Teknologi Sumbawa

Keywords:

keragaman menu, harga, citra merek dan keputusan pembelian ulang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keragaman menu, harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian ulang roti Langsung Enak Bakery Sumbawa (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa). Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah keragaman menu, harga dan citra merek sebagai variabel independen, kemudian keputusan pembelian ulang sebagai variabel dependen. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Teknologi Sumbawa. Sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan metode purposive sampling, pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner yang disebarkan secara langsung kepada responden sebanyak 100 kuesioner. Model analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda dan uji hipotesis. Alat analisis yang digunakan adalah SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel keragaman menu berpengaruh signifikan yang ditunjukkan dengan nilai signifikan sebesar 0,021<0,05, variabel harga berpengaruh signifikan yang ditunjukkan dengan nilai signifikan sebesar 0,002<0,05 dan variabel citra merek berpengaruh signifikan yang ditunjukkan dengan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05.

References

Hendriyanto Dan Asepta. 2012. Analisis Pengaruh Pendekatan Personal Tenaga Penjual, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pt Wahana Kreasindo Utama). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi Terapan, Volume 3 (1), Mei, 1-15.

Peter, J. Paul Dan Jerry C. Olson. (2002). Consumer Behavior And Marketing Strategy. Sixth Edition. Mcgraw-Hill Irwin.

Qin, H., Prybutok, V. R.., & Zhao, Q. 2010. Perceived Service Quality In Fast- Food Restaurants: Empirical Evidence From China. International Journal Of Quality & Reliability Management, 424-430.

Solihah, Sofiatus. 2019. Pengaruh Keragaman Menu, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Ulang (Studi Kasus Pada Konsumen Sego Sambal Sarumpet Malang). E-Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Unisma.

Kotler, Philip Dan Amstrong, Gray. (2014). Principles Of Marketing, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta: Erlangga.

Buchari Alma. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. CV. Alfabeta, Bandung.

Korowa, Enos, Dkk. 2018. Pengaruh Kelengkapan Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Konsumen (Studi Kasus Freshmart Bahu Manado). Jurnal Administrasi Bisnis, Volume. 6 No. 3 Tahun 2018.

Fandy, Tjiptono. (2014). Pemasaran Jasa- Prinsip, Penerapan Dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.

Pamungkas Agnes, Dwiganjar. 2018. Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Green Product Pertamax Turbo (Ron 98) Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. E- Proceeding Of Management: Volume. 5, No.2 Agustus 2018 | Page 2584. Issn 2355-9357.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Ali, Waluyo. 2013. Pengaruh Keragaman Menu, Kualitas Produk, Citra Merek dan Iklan terhadap Keputusan Pembelian. Diponegoro Journal Of Social And Politic.Hal 1-9 Hasan, Ali. (2008). Marketing. Yogyakarta: Medpress.

Published

2020-07-30

How to Cite

Kartina, M., Muhammad Rizqi, R., & Adhitya Ananda, N. (2020). PENGARUH KERAGAMAN MENU, HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG ROTI LANGSUNG ENAK BAKERY SUMBAWA. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1). Retrieved from http://jurnal.uts.ac.id/index.php/jmb/article/view/629

Issue

Section

Articles