http://jurnal.uts.ac.id/index.php/jmb/issue/feed Jurnal Manajemen dan Bisnis 2023-12-31T23:28:10+07:00 Hartini,SE,.M.M hartini@uts.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal Manajemen dan Bisnis (JMB) merupakan sarana publikasi ilmiah yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai pengembangan manajemen dan bisnis di Indonesia. JMB diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknologi Sumbawa setiap 6 bulan. Jurnal di publis bulan Juni dan Desember</p> http://jurnal.uts.ac.id/index.php/jmb/article/view/3520 PENGARUH LINGKUNGAN KERJA NON FISIK TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN VARIABEL SEMANGAT KERJA SEBAGAI MEDIASI PADA PT. LUTVINDO WIJAYA PERKASA PEKANBARU RIAU 2023-12-13T12:55:41+07:00 sri wahyuni zanra sriwahyunizanra@stie-mahaputra-riau.ac.id <p><strong><em>&nbsp;</em></strong><em>This research aims to determine the influence of the work environment and work morale on the performance of Lutvindo Wijaya Perkasa Pekanbaru Riau employees and to determine the influence of the work environment on employee performance through the work spirit of Lutvindo Wijaya Perkasa Pekanbaru Riau employees. population at PT. Lutvindo Wijaya Perkasa Pekanbaru has 155 employees. Meanwhile, the sampling technique used a formula from Slovin to obtain a sample of 61 respondents. The research results show that the work environment does not have a significant effect on employee performance at Lutvindo Wijaya Perkasa Pekanbaru Riau. However, work enthusiasm has a direct and significant influence on employee performance at Lutvindo Wijaya Perkasa Pekanbaru Riau. And also towards the work spirit of employees at Lutvindo Wijaya Perkasa Pekanbaru Riau. Based on the research results, it was also concluded that work enthusiasm was able to mediate the relationship between the work environment and employee performance at Lutvindo Wijaya Perkasa Pekanbaru Riau.</em><em>.</em></p> 2023-12-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 sri wahyuni zanra http://jurnal.uts.ac.id/index.php/jmb/article/view/3519 PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN FASILITAS MIE GACOAN DIPONEGORO LAMPUNG TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN 2023-12-13T12:52:28+07:00 Aji Pratama ajipratama2201@gmail.com Arniz Linzani arnizlinzani07@gmail.com Aisyah Balqis aisyahb042@gmail.com Vicky F Sanjaya vicky@radenintan.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas produk dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen pada Mie Gacoan Diponegoro Lampung. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitas Produk dan Fasilitas Mie Gacoan sebagai variabel independen, serta Kepuasan Konsumen sebagai variabel dependen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 68 responden. Dengan pengambilan sampel menggunakan metode teknik purposive sampling. Adapun metode pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Variabel Kualitas Produk dan Variabel fasilitas Mie Gacoan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan untuk itu dapat disimpukan bahwa, semakin tinggi kualitas produk dan fasilitas maka dapat membuat konsumen melakukan pembelian berulang, dan senang dengan produk tersebut.</p> 2023-12-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Aji, Arniz, Aisyah, Vicky http://jurnal.uts.ac.id/index.php/jmb/article/view/3584 PENGARUH SHOPEE PAYLATER, PROMOSI PENJUALAN, DAN GAYA HIDUP HEDONISME TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA UNIVERSITAS TEKNOLOGI SUMBAWA 2023-12-31T23:07:56+07:00 Ony Dwi Saputra Safariyant Onydwisaputra27@gmail.com Agus Santoso agus.santoso@uts.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Shopee Paylater,Promosi Penjualan Dan Gaya Hidup <br>Hedonisme Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa. Penelitian ini <br>menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Dengan sampel <br>berjumlah 100. Metode penarikan sampel diperoleh melalui teknik non probability sampling dengan metode <br>purposive sampling. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Shopee Paylater tidak berpengaruh <br>signifikan sedangkan Promosi Penjualan dan Gaya Hidup Hedonisme secara parsial berpengaruh positif dan <br>siginifikan terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa. Hal ini terjadi karena <br>mayoritas mahasiswa memiliki uang saku yang relatif banyak dan tempat belanja maupun hiburan di kota <br>Sumbawa masuk kategori murah</p> 2023-12-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Ony Dwi Saputra Safariyant, Agus Santoso http://jurnal.uts.ac.id/index.php/jmb/article/view/3585 PENGARUH TAGLINE GRATIS ONGKOS KIRIM, PENILAIAN PRODUK, DAN PROMOSI PENJUALAN PRODUK TOKOPEDIA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KEMBAL KONSUMEN 2023-12-31T23:15:24+07:00 Elibra Oktafia jmb elibraoktafia09@gmail.com Agus Santoso agus.santoso@uts.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Tagline gratis ongkos kirim penilaian produk dan <br>promosi penjualan produk terhadap keputusan pembelian kembali konsumen Tokopedia. Teknik pengambilan <br>sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan 100 Responden. Sampel dalam <br>penelitian ini adalah Mahasiswa aktif Universitas Teknologi Sumbawa. Teknik analisis data pada penelitian ini <br>menggunakan teknik Analisis Regresi Linier Berganda dengan jenis penelitiannya adalah kuantitatif. Hasil <br>penelitian ini menunjukkan bahwa Tagline Gratis Ongkos kirim, Penilaian Produk dan Promosi Penjualan produk <br>berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kembali konsumen Tokopedia..</p> 2023-12-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Elibra Oktafia jmb, Agus Santoso http://jurnal.uts.ac.id/index.php/jmb/article/view/3586 PENGARUH PENGETAHUAN KEUANGAN, GAYA HIDUP, DAN PENGENDALIAN DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA UNIVERSITAS TEKNOLOGI SUMBAWA 2023-12-31T23:22:29+07:00 Widri Widiana widriwidiana413@gmail.com Hartini Hartini hartini@uts.ac.id <p>Pengaruh pengetahuan keuangan, gaya hidup, dan pengendalian diri terhadap perilaku konsumtif <br>berbelanja online melalui marketplace studi kasus mahasiswa Universitas teknologi Sumbawa. Penelitian ini <br>bertujuan untuk menguji apakah pengetahuan keuangan, gaya hidup, dan pengendalian diri pada perilaku <br>konsumtif berbelanja online melalui marketplace pada mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa. Penelitian <br>ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang diperoleh <br>dengan metode nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh diolah dengan <br>menggunakan teknik analisis linier berganda software SPSS. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa <br>(1) Variabel pengetahuan keuangan berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif berbelanja online <br>melalui marketplace pada mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa. (2) Variabel gaya hidup berpengaruh <br>signifikan terhadap perilaku konsumtif berbelanja online melalui marketplace pada mahasiswa Universitas <br>Teknologi Sumbawa. (3) Variabel Pengendalian diri berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif <br>berbelanja online melalui marketplace pada mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa</p> 2023-12-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Widri Widiana, Hartini Hartini