PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN E-COMMERCE SERTA PELATIHAN PERANCANGAN BUSINESS CONTINUITY PLAN GUNA MENINGKATKAN HASIL JUAL PRODUK UNGGULAN DAN STRATEGI BERTAHAN DALAM BISNIS DI DESA MAGAKARYA KECAMATAN MOYO HULU
Keywords:
Pemberdayaan, E-Commerce, Business Continuity Plan.Abstract
Pelaksanaan pemberdayaan masyarakat di Desa Marga Karya Kecamatan Moyo Hulu bertujuan Peningkatan kapasitas hasil jual produk unggulan lokal pada desa Marga Karya dapat dilakukan melalui E-Commerce pada pelaku UMKM. Solusi tersebut merupakan permasalahan yang dihadapi oleh para pelaku UMKM, dimana pemasaran produk unggulan lokal di Desa Marga Karya belum maksimal dilakukan. Hal ini bisa dilihat dari pemasaran produk hasil desa dilakukan masih tradisional seperti, menjual dari rumah ke rumah, menitip ke toko dan menunggu pelanggan yang memesan. Melalui pelatihan E-Commerce para pelaku UMKM dimudahkan untuk memasarkan produk unggulan desa. Para pelaku UMKM juga memperkenalkan tentang manajemen transaksi usaha dan manajemen promosi produk lewat E-Commerce. Selain pelatihan E-Commerce, para pelaku UMKM juga dibekali juga tentang pelatihan perancangan Business Continuity Plan. Hal tersebut bertujuan untuk dapat digunakan dalam membuat dan memvalidasi rencana dalam mempertahankan operasi secara berkelanjutan baik itu sebelum, saat, dan setelah bencana terjadi. BCP berhubungan dengan bagaimana mengidentifikasi, memeroleh, mengembangkan, mendokumentasi serta menguji sumber daya serta prosedurnya sehingga proses bisnis kritis pada organisasi dapat terjaga apabila terjadi bencana. Pelaksanaan kegiatan pemberdayaan masyarakat tersebut dihadiri oleh 34 orang peserta para pelaku UMKM dan langsung dihadiri oleh Kepala Desa Marga Karya.