IMPLEMENTASI PORT KNOCKING UNTUK KEAMANAN JARINGAN SMKN 1 SUMBAWA BESAR

Authors

  • yudi mulyanto universitas teknologi sumbawa
  • M. Julkarnain Universitas Teknologi Sumbawa
  • Aldela Jabi Afahar Universitas Teknologi Sumbawa

DOI:

https://doi.org/10.51401/jinteks.v3i2.1016

Keywords:

NDLC, Port Knoking, Mikrotik Routerboard, jaringan komputer.

Abstract

Penelitian dilakukan untuk menganalisa dan mengimplementasikan metode port knocking dalam keamanan jaringan dan agar dapat mencegah serangan pada port-port jaringan komputer SMKN 1 Sumbawa Besar. Peneliti melakukan peningkatan keamanan jaringan menggunakan metode Port Knoking yang dapat membantu meningkatkan keamanan jaringan dan membantu administrator dalam mengamankan Mikrotik Routerboard pada sistem jaringan komputer SMKN 1 Sumbawa Besar. Adapun metode yang digunakan dalam pengembangan jaringan yaitu menggunakan metode Network Development Life Cycle (NDLC) yang terdiri dari enam tahapan yaitu analisis, perancangan, simulasi, prototype, penerapan,dan monitoring.

References

D. Kristianto, “Keamanan Jaringan Menggunakan Firewall Dengan Metode Random Port Knocking Untuk Koneksi Ssh,” Keamanan Jar. Menggunakan Firewall Dengan Metod. Random Port Knocking Untuk Koneksi Ssh Kompetensi, pp. 1–14, 2015.

K. Yudi Mulyanto, “Analisis dan pengembangan infrastruktur jaringan komputer dalam mendukung implementasi sekolah digital,” J. JINTEKS, vol. 1, no. 1, pp. 58–67, 2019.

Published

2021-05-26

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)