SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SEMINAR PADA INDONESIA GAMING ARENA

Authors

  • Tarisno Amijoyo Universitas Saintek Muhammadiyah
  • Alhambra Kevin Pasya Universitas Saintek Muhammadiyah

DOI:

https://doi.org/10.51401/jinteks.v4i4.2041

Keywords:

Indonesia

Abstract

Sistem informasi manajemen adalah jaringan prosedur pengolah data oleh suatu organisasi dan disatukan apabila dipandang perlu dengan maksud memberikan data yang bersifat internal maupun data yang bersifat external untuk dasar pengambilan keputusan dalam rangka mencapai tujuan organisasi, menggunakan program yang diolah untuk mempermudah dan mengandalkan efisiensi dalam memanajemen seminar bagi karyawan, dan peserta seminar yang ingin mengikuti seminar, dapat mendaftar, dan mengorganisasi melalui program website. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan solusi dengan mengkaji beberapa teori berdasarkan hasil dari wawancara lapangan dalam rangka perancangan sistem informasi manajemen seminar pada penyelenggara acara bernama Indonesia gaming arena atau disingkat IGA. Metode pengembangan sistem yang digunakan oleh penulis adalah metode waterfall. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dan CSS untuk desain tampilan pada website, Javascript dan Codeigniter untuk model pengembangan Model, View, & Controller. Kemudian manajemen database pengelolaan menggunakan MySQL.Hasil dari penelitian adalah terwujudnya sebuah sistem informasi manajemen yang dapat mempermudah karyawan, peserta seminar, dan semua yang terlibat dalam proses seminar, sehingga dapat bermanfaat dan meningkatkan efesiensi dalam pengelolaan manajemen seminar. Sistem Informasi Manajemen Seminar Pada Indonesia Gaming Arena telah selesai dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP, dan database MySQL. Menggunakan Waterfall method, sebagai pengembang perangkat lunak.

References

Vermaat, M. E., Sebok, S. L., Freund, S. M., Campbell, J. T., & Frydenberg, M. 2018. Discovering Computer 2018 (Digital Technology, Data, and Device). Boston: Cengage Learning.

Adler, M.J., 1988 , Paideia Program , Touchstone , New York.

Natanael, Et al., 2021. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Online Seminar & Workshop Berbasis Website. Universitas Buddhi Dharma.

Darmawan, M. R., Musril, H. A., 2021. Perancangan Sistem Pendaftaran Audiens Seminar Proposal di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi. Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi.

Aziz, R. A., Ratama, N., 202. Rancang Bangun Sistem Aplikasi Pendaftaran Dan Pengelolaan Seminar Online Berbasis Web. Universitas Pamulang.

Sri Mulyani. 2016. Sistem Informasi Manajemen. Bandung: Abdi Sistematika.

Jogiyanto. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi.

T. Hani Handoko. 2012. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE

Moekijat. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Gajah Mada Universitas Press

Rusland Ahmadi. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta

Budi Raharjo, 2014. Modul Pemrograman Web HTML, PHP, dan MySQL Revisi Kedua. Bandung: Modula

Abdul Kadir. 2008. Tuntutan Praktis Belajar Database Menggunakan MySQL. Yogyakarta: Andi Offset.

Jogiyanto HM. 2001. Analisa dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Published

2022-11-27

How to Cite

[1]
Tarisno Amijoyo and A. K. Pasya, “SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SEMINAR PADA INDONESIA GAMING ARENA”, JINTEKS, vol. 4, no. 4, pp. 320-324, Nov. 2022.

Issue

Section

Articles