ANALISIS MODEL BISNIS STARTUP KEENANSUPERCAR DENGAN METODE VALUE PROPOSITION DESIGN

Authors

  • Syuja Naufal Dzaki Surya Univesitas Primakara
  • I Gede Juliana Eka Putra Universitas Primakara
  • Tiawan Tiawan Universitas Primakara

DOI:

https://doi.org/10.51401/jinteks.v5i3.3111

Keywords:

Startup, keenansupercar, value proposition design, value proposition canvas

Abstract

Startup Keenansupercar merupakan platform jasa penyewaan mobil mewah di Bali. Pada saat ini startup keenansupercar ingin melakukan inovasi bisnis model karena belum ada profil pelanggan dan pengembangan produk yang tepat yang sesuai dengan keinginan pasar/pelanggan. Tujuan dari inovasi model bisnis adalah menciptakan value proposition bagi startup, pelanggan, dan masyarakat. Terdapat berbagai macam metode yang sering digunakan oleh para pendiri startup dalam menganalisis model bisnis salah satu metode yang dapat digunakan untuk menganalisis model bisnis adalah value proposition design. Dalam metode value proposition design mengarahkan kepada para pendiri startup cara menggunakan kanvas proposisi nilai dalam mendesain serta menguji  value proposition  yang besar pada pencarian terus-menerus mengenai apa yang menjadi keinginan pelanggan yang akan menghasilkan value proposition canvas

References

A.A.A Ribeka Martha Purwahita, Putu Bagus Wisnu Wardhana, I Ketut Ardiasa, and I Made Winia, “Dampak Covid-19 terhadap Pariwisata Bali Ditinjau dari Sektor Sosial, Ekonomi, dan Lingkungan (Sebuah Tinjauan Pustaka),” Jurnal Kajian dan Terapan Pariwisata, vol. 1, no. 2, pp. 68–80, May 2021, doi: 10.53356/diparojs.v1i2.29.

R. Hardiansyah and D. Tricahyono, “Identifikasi Faktor-Faktor Kesuksesan Start Up Digital di Kota Bandung.” [Online]. Available: http://je.ejournal.unri.ac.id/

H. R. Awaluddin, “MANAJEMEN STRARTEGIK: STRATEGI BISNIS NAIK KELAS DENGAN BUSINESS MODEL CANVAS (Panduan untuk Mahasiswa, Entrepreneurs, UKM dan Start Up Pemula)”, doi: 10.31237/OSF.IO/RUDWM.

O.?: Yordan and Q. Hasyem, “VALUE PROPOSITION DESIGN PADA PT. KEMAJUAN INDUSTRINDO,” Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, vol. 8, no. 2, Feb. 2020, Accessed: Oct. 27, 2022. [Online]. Available: https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/6471

J. R. Coyanda, “Model Technopreneur IT Mahasiswa Pada Masa Pandemic Covid 19 dengan Metode Business Model Canvas,” Jurnal Informatika Global, vol. 11, no. 1, Dec. 2020, doi: 10.36982/JIIG.V11I1.1069.

P. Hariwan and I. Silviatni, “Perancangan Model Bisnis Cafe Zapateria,” Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, vol. 2, no. 1, pp. 53–67, Oct. 2014, doi: 10.31843/JMBI.V2I1.40.

R. Fauzy and A. Ghina, “Desain Proposisi Nilai Pada Startup Bidang Pendidikan (studi Pada Startup Tutuo),” eProceedings of Management, vol. 8, no. 6, Dec. 2021, Accessed: Oct. 27, 2022. [Online].Available: https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/16893/16610

B. H. Harjono and N. Setiyawati, “EVALUASI VALUE PROPOSITION DAN PERCEIVED VALUE APLIKASI E-WALLET MENGGUNAKAN UX HONEYCOMB, UX QUESTIONNAIRE, DAN SYSTEM USABILITY SCALE (STUDI KASUS: OVO, DANA, DAN SHOPEEPAY),” JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), vol. 7, no. 3, pp. 969–980, Aug. 2022, doi: 10.29100/JIPI.V7I3.3159.

Z. Rifa’i, S. Kom, M. Msi, and D. A. Witriantino, “Analisis Digital Marketing Website Hompimpaa.id Menggunakan Metode Analisis SWOT, Value Proposition Canvas, dan Competitive Five Force,” Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), vol. 8, no. 1, pp. 75–82, Jun. 2022, doi: 10.31294/IJSE.V8I1.11796.

G. D. R. Putra, I. G. J. E. Putra, and I. B. K. Sudiatmika, “PERANCANGAN MODEL BISNIS START-UP G-ONE (APLIKASI MANAJEMEN PENYELAMATAN KORBAN KECELAKAAN) DENGAN METODE LEAN CANVAS,” Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer, vol. 9, no. 2, Jan. 2023, Accessed: May 30, 2023. [Online]. Available: https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jutik/article/view/2186

E. S. M. Putri, “Pengembangan Value Proposition dalam Penetapan Strategi Segmenting, Targeting, dan Positioning (Studi pada PT. Bali Pasadena Rattan),” Dec. 2018.

E. R. Rizqullah, F. Hasun, and B. H. Sagita, “Evaluasi Model Bisnis Angelina Zanisa Leatherworks Dengan Menggunakan Kerangka Business Model Canvas,” eProceedings of Engineering, vol. 6, no. 2, Aug. 2019, Accessed: Nov. 02, 2022. [Online]. Available: https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/engineering/article/view/9844

W. Zulkarnain and S. Andini, “Inkubator Bisnis Modern Berbasis I-Learning Untuk Menciptakan Kreativitas Startup di Indonesia,” ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 1, no. 1, pp. 77–86, Jan. 2020, doi: 10.34306/ADIMAS.V1I1.252.

S. Hanyfah, G. Ryan Fernandes, I. Budiarso, and J. RayaiTengah Nomor, “Penerapan Metode Kualitatif Deskriptif Untuk Aplikasi Pengolahan Data Pelanggan Pada Car Wash,” Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi), vol. 6, no. 1, Jan. 2022, doi:10.30998/SEMNASRISTEK.V6I1.5697.

Published

2023-08-26

How to Cite

[1]
Syuja Naufal Dzaki Surya, I. G. J. E. Putra, and T. Tiawan, “ANALISIS MODEL BISNIS STARTUP KEENANSUPERCAR DENGAN METODE VALUE PROPOSITION DESIGN”, JINTEKS, vol. 5, no. 3, pp. 530-538, Aug. 2023.

Issue

Section

Articles