ANALISIS LINEAR CONGRUENT METHOD UNTUK PENGACAKAN SOAL DAN MENGURANGI KECURANGAN DALAM UJIAN CBT

Authors

  • Alfian Setya Nugraha Universitas Hasyim Asy'ari
  • Chusnia Rahmawati Universitas Hasyim Asy'ari
  • Didiek Rusdianto Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.51401/jinteks.v7i1.5234

Keywords:

Linear Congruent Method, ujian online, CBT, kecurangan ujian, pengacakan soal, integritas akademik

Abstract

Dalam era digital saat ini, kecurangan dalam ujian online menjadi perhatian serius yang mempengaruhi integritas akademik. Penelitian ini mengkaji implementasi Linear Congruent Method (LCM) sebagai strategi pengacakan soal dalam sistem ujian Computer-Based Test (CBT) untuk meningkatkan keamanan dan mengurangi potensi kecurangan. Metode ini memanfaatkan algoritma pseudo-random untuk menghasilkan urutan soal yang berbeda bagi setiap peserta, sehingga meminimalisir risiko kebocoran dan prediksi soal. Penelitian ini melibatkan pengembangan sistem CBT yang mengintegrasikan LCM dan pengujian sistem melalui sepuluh sesi ujian dengan partisipasi pelajar yang beragam. Telah dilakukan 10 kali uji penggunaan sistem CBT berbasis LCM ini, dari grafik hasil uji tersebut dapat terlihat bahwa terdapat variasi dalam skor tertinggi, terendah, dan rata-rata di setiap sesi ujian, yang menunjukkan efektivitas pengacakan soal dalam menciptakan tingkat kesulitan yang berbeda dan situasi ujian yang unik untuk setiap peserta. Variasi ini juga menegaskan bahwa sistem pengacakan soal telah berhasil dalam meminimalisir risiko kecurangan dan memastikan penilaian yang adil dan objektif. Hasil ini menegaskan bahwa penerapan LCM dalam CBT dapat secara signifikan meningkatkan keamanan dan keadilan ujian online. Penelitian ini berkontribusi pada literatur tentang teknologi pendidikan dengan menunjukkan bagaimana algoritma pengacakan dapat diintegrasikan dalam platform ujian untuk menangani tantangan kecurangan secara efektif.

References

M. B. Hernowo, H. B. Seta, and I. W. W. P, “Pengamanan Soal Ujian Sekolah Computer Base Test (CBT) dengan Algoritma Advance Encryption Standard (AES) dan Metode Steganografi End of File (EOF),” PROSIDING SEINASI-KESI, vol. 3, no. 1, pp. 107–115, 2020, Accessed: Dec. 24, 2024. [Online]. Available: https://conference.upnvj.ac.id/index.php/seinasikesi/article/view/775

H. H. Amirullah, A. Eviyanti, and S. Sumarno, “Aplikasi Keamanan Berkas dengan Enkripsi AES dan Biometrik Sidik Jari Berbasis Android,” SMATIKA JURNAL, vol. 14, no. 01, pp. 23–32, Jun. 2024, doi: 10.32664/SMATIKA.V14I01.1130.

M. Ismail et al., “Cybersecurity activities for education and curriculum design: A survey,” Computers in Human Behavior Reports, vol. 16, p. 100501, Dec. 2024, doi: 10.1016/J.CHBR.2024.100501.

D. J. Weiss, “Computerized adaptive testing for effective and efficient measurement in counseling and education,” Measurement and Evaluation in Counseling and Development, vol. 37, no. 2, pp. 70–84, 2004, doi: 10.1080/07481756.2004.11909751.

P. Dwi and A. Pamungkas, “COMPUTER BASED TEST (CBT) PADA SEKOLAH TINGGI TARAKANITA JAKARTA MENGGUNAKAN METODE COMPUTERIZED FIXED-FORM TEST (CFT),” 2017.

O. O. Adeleye, C. A. Eden, I. S. Adeniyi, O. O. Adeleye, C. A. Eden, and I. S. Adeniyi, “Educational technology and the digital divide: A conceptual framework for technical literacy inclusion,” International Journal of Science and Research Archive, vol. 12, no. 1, pp. 150–156, May 2024, doi: 10.30574/IJSRA.2024.12.1.0405.

K. Russo, “Conquering the digital divide: with a digital native who never was,” 2019, doi: 10.25903/5ECDE7FFE069F.

G. Wang, “An Exploration of College Students Online Privacy Protection Awareness and Behavior in the Social Media Era,” New Explorations in Education and Teaching, vol. 2, no. 5, Sep. 2024, doi: 10.18686/NEET.V2I5.4635.

M. Assidiq, U. Anatasya, A. Asyariah Mandar, P. Mandar, and J. Budi Utomo no, “LINEAR CONGRUENT METHOD (LCM) IN TESTING SYSTEM USING CLIENT-SERVER MODEL”.

Amrullah, Al-Khowarizmi, and F. Rizky, “Analysis of linear congruent methods and multiplicative random number generator in computer-based test,” Indonesian Journal of Electrical Engineering and Computer Science, vol. 32, no. 3, pp. 1521–1532, Dec. 2023, doi: 10.11591/ijeecs.v32.i3.pp1521-1532.

M. Skála, “Benefits and Pitfalls of Electronic Knowledge Testing,” ACC JOURNAL, vol. 29, no. 3, pp. 116–123, Dec. 2023, doi: 10.2478/ACC-2023-0019.

W. Malec, “COMPUTER-BASED TESTING: A NECESSARY EVIL OR A SENSIBLE CHOICE?,” The Modern Higher Education Review, no. 5, pp. 100–113, Dec. 2020, doi: 10.28925/2518-7635.2020.5.10.

L. Serutla, A. Mwanza, T. Celik, L. Serutla, A. Mwanza, and T. Celik, “Online Assessments in a Changing Education Landscape,” Reimagining Education - The Role of E-Learning, Creativity, and Technology in the Post-Pandemic Era, Jan. 2024, doi: 10.5772/INTECHOPEN.1002176.

W. Malec, “COMPUTER-BASED TESTING: A NECESSARY EVIL OR A SENSIBLE CHOICE?,” The Modern Higher Education Review, no. 5, pp. 100–113, Dec. 2020, doi: 10.28925/2518-7635.2020.5.10.

L. N. Shubha and A. Noorain, “Online Testing-Is Evaluation System Witnessing a Paradigm Shift?,” Information Technology, Education and Society, vol. 18, no. 2, pp. 23–32, May 2023, doi: 10.7459/ITES/18.2.03.

Published

2025-02-10

How to Cite

[1]
A. S. Nugraha, C. Rahmawati, and D. Rusdianto, “ANALISIS LINEAR CONGRUENT METHOD UNTUK PENGACAKAN SOAL DAN MENGURANGI KECURANGAN DALAM UJIAN CBT”, JINTEKS, vol. 7, no. 1, pp. 195-203, Feb. 2025.

Issue

Section

Articles