ANALISIS SENTIMEN TERHADAP PELAKSANAAN PILKADA 2024 PADA MEDIA SOSIAL YOUTUBE MENGGUNAKAN METODE DECISION TREE

Authors

  • Kyla Kaneshia Safra Universitas Stikubank
  • Eri Zuliarso Universitas Stikubank

DOI:

https://doi.org/10.51401/jinteks.v7i1.5295

Keywords:

Analisis Sentimen Komentar Youtube, Algoritma Decision Tree, Pelaksanaan Pilkada 2024

Abstract

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU-RI) telah mengumumkan pelaksaanaan Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) 2024 serentak akan dilaksanakan pada Rabu, 27 November 2024. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan masyarakat Indonesia terhadap dinamika politik pada pelaksanaan Pilkada 2024 melalui komentar media sosial Youtube dengan menggunakan kata kunci #Pilkada2024. Teknik web scraper digunakan untuk pengumpulan data yang menghasilkan total 1500 data komentar dengan menggunakan enam video id yang berbeda. Dataset yang telah berhasil di scraping kemudian akan diproses melalui tahapan pre-processing text yaitu cleaning data, case folding, tokenizing, normalization, stemming, dan filtering. Selanjutnya dilakukan data labelling dan pemodelan data yang meliputi data splitting dan ekstraksi fitur TF-IDF. Proses analisis sentimen ini dibagi menjadi tiga kelas sentimen positif, negatif, dan netral dengan menggunakan algoritma Decision Tree. Hasil akurasi yang diperoleh dari penggunaan data komentar Youtube dengan perbandingan 80:20 yang terdiri dari 1163 data training dan 291 data testing adalah sebesar 79% dengan hasil yang memiliki tanggapan cenderung negatif. Meskipun klasifikasi menggunakan metode Decision Tree telah memberikan performa baik, namun kemampuan untuk memprediksi kelas netral masih perlu ditingkatkan performanya. Penelitian ini didukung dengan adanya visualisasi wordcloud, pohon keputusan, histogram untuk memudahkan masyarakat mendapatkan informasi dari hasil penelitian.

References

N. L. Kurnianengsih and A. Erfina, “Analisis Sentimen terhadap Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024 Menggunakan Algoritma Naïve Bayes,” 2024.

A. Abdullah Muttaqin, S. Alam, and M. Andayani Komara, “ANALISIS SENTIMEN ISU KECURANGAN PEMILU 2024 BERDASARKAN OPINI PADA MEDIA SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN METODE CRISP-DM DENGAN ALGORITMA NAÏVE BAYES CLASSIFIER,” 2024.

I. A. Safra and E. Zuliarso, ANALISA SENTIMEN PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PEMINDAHAN IBUKOTA BARU DI KALIMANTAN TIMUR PADA MEDIA SOSIAL TWITTER. 2020.

M. Naufal Akhfasy et al., “ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA INSTAGRAM TERHADAP KOMENTAR KAREN’S DINER MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINE DENGAN OPERATOR SELEKSI FITUR INFORMATION GAIN,” 2024.

A. Sentimen Terhadap Aplikasi Satu Sehat Pada Twitter Menggunakan Algoritma Naive Bayes Dan and F. Matheos Sarimole, “Analisis Sentimen Terhadap Aplikasi Satu Sehat Pada Twitter Menggunakan Algoritma Naive Bayes Dan Support Vector Machine,” Jurnal Sains dan Teknologi, vol. 5, no. 3, pp. 783–790, doi: 10.55338/saintek.v5i1.2702.

A. Rachmat Raharja, A. Pramudianto, and Y. Muchsam, “Penerapan Algoritma Decision Tree dalam Klasifikasi Data ‘Framingham’ Untuk Menunjukkan Risiko Seseorang Terkena Penyakit Jantung dalam 10 Tahun Mendatang,” 2023.

R. N. Ramadhon, A. Ogi, A. P. Agung, R. Putra, S. S. Febrihartina, and U. Firdaus, “Implementasi Algoritma Decision Tree untuk Klasifikasi Pelanggan Aktif atau Tidak Aktif pada Data Bank,” 2024.

M. I. Aditama, R. Irfan Pratama, K. Hafizzana, U. Wiwaha, and N. A. Rakhmawati, “Analisis Klasifikasi Sentimen Pengguna Media Sosial Twitter Terhadap Pengadaan Vaksin COVID-19.” [Online]. Available: https://t.co/hlfyHfiZQj

E. Yosef Setiawan Sihombing and B. Trias Hanggara, “Pemanfaatan API Youtube dalam Pengembangan Aplikasi Portal Video Penangkaran Kenari untuk Peternak Kenari Berbasis Android,” 2020. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

D. Nabilla, “Implementasi Text Mining dan Analisis Sentimen Terhadap Formula E Menggunakan Naive Bates Classifier (NBC) dan Support Vector Machine (SVM),” Universitas Islam Indonesia, Jul. 2023.

I. Arfyanti, M. Fahmi, and P. Adytia, “Penerapan Algoritma Decision Tree Untuk Penentuan Pola Penerima Beasiswa KIP Kuliah,” Building of Informatics, Technology and Science (BITS), vol. 4, no. 3, Dec. 2022, doi: 10.47065/bits.v4i3.2275.

D. Elisa Sinaga et al., “KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer Analisis Data Mining Algoritma Decision Tree Pada Prediksi Persediaan Obat (Studi Kasus?: Apotek Franch Farma),” vol. 2, no. 4, pp. 123–131, 2022, [Online]. Available: https://djournals.com/klik

B. Franko, N. Wilyanto, and H. Irsyad, “Analisis Sentimen Terhadap Naturalisasi Pemain pada Youtube Menggunakan Decision Tree dan Naive Bayes Sentiment Analysis of Player Naturalization on Youtube Using Decision Trees and Naive Bayes,” Digital Business Intelligence, and Computer Engineering), vol. 03, 2024, doi: 10.57203/session.v3i1.2024.8-16.

Agung Wibowo, Indarti, and Dewi Laraswat, “Komparasi Algoritma Decision Tree, Random Forest dan SVM untuk Prognosis COVID-19,” 2024. [Online]. Available: https://www.kaggle.com/datasets/maulanazhahran/d

M. F. Ansyah, Abd. Ghofur, and L. F. Lidimillah, “Analisis Sentimen Komentar Youtube Terhadap Tayangan #Terbaru! Temuan dan Masalah Ahlak Di Ponpes Al-zaytun Menggunakan Metode Naïve Bayes,” G-Tech: Jurnal Teknologi Terapan, vol. 8, no. 2, pp. 847–856, Apr. 2024, doi: 10.33379/gtech.v8i2.4034.

M. Fikri Haikal and J. Indra, “Analisis Sentimen Bakal Calon Presiden Indonesia 2024 Dengan Algoritma Naïve Bayes,” 2024.

R. Aziz, Tresna Maulana Fahrudin, and Wahyu Syaifullah Jauharis Saputra, “Analisis Sentimen Kepuasan Pengguna OYO DiPlaystore Dengan Multinoial Naive Bayes dan Chi-square,” JURNAL FASILKOM, vol. 14, no. 1, pp. 166–175, Apr. 2024, doi: 10.37859/jf.v14i1.6943.

M. Azahri, N. Sulistiyowati, and M. Jajuli, “ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA KERETA API INDONESIA MELALUI SOSIAL MEDIA TWITTER DENGAN ALGORITMA NAÏVE BAYES CLASSIFIER,” 2023.

B. Franko, N. Wilyanto, and H. Irsyad, “Analisis Sentimen Terhadap Naturalisasi Pemain pada Youtube Menggunakan Decision Tree dan Naive Bayes Sentiment Analysis of Player Naturalization on Youtube Using Decision Trees and Naive Bayes,” Digital Business Intelligence, and Computer Engineering), vol. 03, 2024, doi: 10.57203/session.v3i1.2024.8-16.

M. Yasir and R. Suraji, “PERBANDINGAN METODE KLASIFIKASI NAÏVE BAYES, DECISION TREE, RANDOM FOREST TERHADAP ANALISIS SENTIMEN KENAIKAN BIAYA HAJI 2023 PADA MEDIA SOSIAL YOUTUBE,” Apr. 2023. doi: https://doi.org/10.36312/jcm.v3i2.1520.

Published

2025-02-10

How to Cite

[1]
K. K. Safra and E. Zuliarso, “ANALISIS SENTIMEN TERHADAP PELAKSANAAN PILKADA 2024 PADA MEDIA SOSIAL YOUTUBE MENGGUNAKAN METODE DECISION TREE”, JINTEKS, vol. 7, no. 1, pp. 117-126, Feb. 2025.

Issue

Section

Articles