PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI PENGENALAN BANGUN RUANG DI SD NEGERI 1 PURBALINGGA WETAN
DOI:
https://doi.org/10.51401/jinteks.v7i1.5382Keywords:
augmented reality (AR), instructional media, geometryAbstract
Perkembangan teknologi dalam bidang pendidikan telah menghadirkan berbagai inovasi signifikan, salah satunya adalah Augmented Reality (AR). Teknologi ini memungkinkan integrasi komponen digital ke dalam lingkungan nyata secara interaktif. Namun, keterbatasan media pembelajaran interaktif untuk menjelaskan konsep abstrak, seperti bangun ruang dalam matematika, masih menjadi tantangan bagi siswa sekolah dasar. Metode pembelajaran konvensional yang mengandalkan buku dan alat peraga statis sering kali tidak mampu meningkatkan pemahaman siswa secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas media pembelajaran berbasis AR dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi bangun ruang. Penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang mencakup tahapan Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SD Negeri 1 Purbalingga Wetan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata nilai pre-test sebesar 66,25 menjadi 83,5 pada post-test, dengan selisih 17,5 poin. Media pembelajaran berbasis AR memberikan pengalaman belajar interaktif dan manipulatif, sehingga mempermudah siswa dalam memahami hubungan antar elemen bangun ruang. Umpan balik dari siswa dan guru menunjukkan bahwa media AR tidak hanya meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa, tetapi juga mempermudah guru dalam menyampaikan materi yang bersifat abstrak. Untuk pengembangan lebih lanjut, disarankan agar fitur interaktif pada aplikasi AR diperbanyak serta kompatibilitasnya ditingkatkan untuk memperluas aksesibilitas
References
S. Saputri and A. J. P. Sibarani, “Implementasi Augmented Reality Pada Pembelajaran Matematika Mengenal Bangun Ruang Dengan Metode Marked Based Tracking Berbasis Android,” Komputika J. Sist. Komput., vol. 9, no. 1, pp. 15–24, 2020, doi: 10.34010/komputika.v9i1.2362.
A. R. Hakim and H. Windayana, “Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD,” EduHumaniora | J. Pendidik. Dasar Kampus Cibiru, vol. 4, no. 2, 2016, doi: 10.17509/eh.v4i2.2827.
L. Kanti, S. F. Rahayu, E. Apriana, and E. Susanti, “Analisis Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality dengan Model POE2WE Pada Materi Teori Kinetik Gas: Literature Review,” J. Pendidik. dan Ilmu Fis., vol. 2, no. 1, p. 75, 2022, doi: 10.52434/jpif.v2i1.1731.
Fetty Setiawati and Melva Zainil, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Materi Bangun Ruang dengan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV Sekolah Dasar,” Student Sci. Creat. J., vol. 2, no. 5, pp. 159–171, 2024, doi: 10.55606/sscj-amik.v2i5.4066.
A. Hermawan and S. Hadi, “Realitas Pengaruh Penggunaan Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep Siswa,” J. Simki Pedagog., vol. 7, no. 1, pp. 328–340, 2024, doi: 10.29407/jsp.v7i1.694.
T. Herawati Daulae, “Langkah-Langkah Pengembangan Media Pembelajaran Menuju Peningkatan Kualitas Pembelajaran,” Forum Paedagog., vol. 11, no. 1, pp. 52–63, 2019, doi: 10.24952/paedagogik.v11i1.1778.
K. Anam, G. Wiradharma, and M. A. Prasetyo, “Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Berbasis Augmented Reality Materi Bangun Ruang,” J. Elem. Sch., vol. 5, no. 2, pp. 234–246, 2022, doi: 10.31539/joes.v5i2.4426.
S. FAHMI and D. A. Noviani, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Menggunakan Augmented Reality Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung,” Quadratic J. Innov. Technol. Math. Math. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 108–113, 2021, doi: 10.14421/quadratic.2021.012-05.
R. S. Ritonga, Z. Syahputra, D. Arifin, and I. M. Sari, “Pengembangan Media Pembelajaran Smart Board Berbasis Augmented Reality Untuk Pengenalan Hewan Pada Anak Usia Dini,” J. PG-PAUD Trunojoyo J. Pendidik. dan Pembelajaran Anak Usia Dini, vol. 9, no. 1, pp. 40–46, 2022, doi: 10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i1.13418.
Y. Affriyenni, G. Swalaganata, V. R. Mustikasari, and I. J. Fitriyah, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika pada Materi Optik Geometri Berbasis Augmented Reality dengan Unity dan Vuforia,” JIPVA (Jurnal Pendidik. IPA Veteran), vol. 4, no. 2, pp. 160–174, 2020, [Online]. Available: http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jipva
B. Muqdamien, U. Umayah, J. Juhri, and D. P. Raraswaty, “Tahap Definisi Dalam Four-D Model Pada Penelitian Research & Development (R&D) Alat Peraga Edukasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains Dan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun,” Intersections, vol. 6, no. 1, pp. 23–33, 2021, doi: 10.47200/intersections.v6i1.589.
M. Kawete, D. Gumolung, and A. Aloanis, “Pengembangan Video Pembelajaran Materi Ikatan Kimia denganModel ADDIE Sebagai Penunjang Pembelajaran di Masa PandemiCovid-19,” Oxyg. J. Chem. Educ., vol. 4, no. 1, p. 63, 2022, doi: 10.37033/ojce.v4i1.374.
I. Al Ikhsan, N. Supriadi, and W. Gunawan, “Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality: Materi Bangun Ruang Sisi Datar,” JKPM (Jurnal Kaji. Pendidik. Mat., vol. 7, no. 2, p. 289, 2022, doi: 10.30998/jkpm.v7i2.12839.
W. Hanim and U. Hasanah, “STUDI LITERATUR?: MEDIA AUGMENTED REALITY DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN BANGUN RUANG DI SEKOLAH”.
Yanuardi, R. Destriana, S. Maulana Husain, H. Rusdianto, and A. Layina, “Perancangan Media Pembelajaran Menggunakan Augmented,” vol. 8, no. 2, pp. 142–148, 2024

Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2025 Ardief Candra Verdiatmoko, Tito Pinandita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.