SISTEM INFORMASI PENJUALAN PRODUK PERTANIAN PADA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) PERNEK

Authors

  • Eri Sasmita Susanto Universitas Teknologi Sumbawa
  • Mariati Universitas Teknologi Sumbawa

DOI:

https://doi.org/10.51401/jinteks.v2i3.756

Keywords:

Bumdes, Sales, Products, System, Information

Abstract

Proses penjualan dengan menggunakan teknologi informasi dikenal dengan istilah Electronic-Commerce. Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Pernek Kecamatan Moyo merupakan salah satu instansi pemerintah yang dikelolah oleh masyarakat dan pemerintah desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa. BUMDes Pernek Kecamatan Moyo Hulu memiliki beberapa unit usaha yang dikembangkan salah satunya yaitu penjualan produk pertanian. Dalam menangani proses kegiatan penjualan dan promosi produk pertanian masih dilakukan secara manual. Berdasarkan hal tersebut, maka diperlukan sebuah web penjualan online sebagai media sarana untuk mendukung kinerja petugas dalam melakukan kegiatan penjualan dan promosi produk serta dalam pengelolaan data penjualan produk pertanian di BUMDes Pernek. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif yang bersifat deskriftif.

References

Mulawarman, Muhamad Febrian. (2015). “Sistem Informasi Penjualan Pembelian Dan Persediaan Barang Pada Toko Yunika Berbasis Dekstop”, Skripsi. Bandung:Program Studi Sistem Informasi Unicersitas Komputer Indonesia.

Jogiyanto. (2008). Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta : Andi Offset.

Sutabri, Tata. (2014). Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta : Andi.

Kadir, Abdul. (2014). Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Yogyakarta : Andi.

Nore, Victor Nicolas. (2013). “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Dan Pemesanan Produk Berbasis Web”, Skripsi. Bandung:Program Studi Sistem Informasi Universitas Widiyatama.

Mutadiri, Ade Djohar. (2014). Metode Penelitian Teknik Informatika. Yogyakarta : Deepublish.

Darnis, Febriyanti dan Anita. (2018). “Website CV Cahaya Motor Sebagai Media Promosi”, Jurnal. Vol.1.Hlm.2-3.

Published

2020-08-29

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)