PENGARUH KOMUNIKASI PELAYANAN INDIHOME PT. TELKOM TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI KOTA BANJARMASIN

Authors

  • Raisha Amelia Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.36761/kagangakomunika.v3i2.1519

Abstract

Penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Komunikasi Pelayanan sebagai variabel (X) terhadap Loyalitas Pelanggan IndiHome Banjarmasin sebagai variabel (Y). IndiHome adalah salah satu produk dari PT. Telkom Indonesia yang merupakan perusahaan telekomunikasi satu-satunya yang bestatus BUMN di Banjarmasin. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan tipe eksplanatif. Populasi berjumlah 58.100 dengan sampel sebanyak 350 orang. Teknik pengumpulan sampel menggunakan purposive sampling yang di mix dengan teknik stratified sampling. Penelitian menggunakan analisis Regresi Linear sederhana. Hasil penelitian menyatakan nilai signifikan diperoleh sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai Fhitung > Ftabel (241.288 > 3,868) menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara Komunikasi Pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Komunikasi Pelayanan berpengaaruh signifikan sebesar 40,8% terhadap Loyalitas Pelanggan IndiHome Banjarmasin.

Kata kunci: Komunikasi, Komunikasi Pelayanan, Loyalitas Pelanggan, IndiHome

Published

2022-02-01

Issue

Section

Articles