Keterlibatan Orangtua Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Di Kabupaten Batang
DOI:
https://doi.org/10.36761/jp.v6i1.2789Keywords:
Peran Orang Tua, Perkembangan Bahasa, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlibatan orang tua dalam menstimulasi perkembangan bahasa pada anak dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perkembangan bahasa pada anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah orang tua yang mempunyai anak usia dini dan bersedia memberikan informasi tentang upayanya untuk menstimulasi perkembangan bahasa anak. Kriteria subyek dalam penelitian ini yaitu orang tua yang berusia 25-40 tahun, mempunyai anak usia dini dan masyarakat asli Kabupaten Batang. Penelitian ini menggunakan 10 responden, responden terdiri dari berbagai profesi (guru, ibu rumah tangga, PNS, karyawan pabrik, buruh, pengawai bank dan karyawan swasta. Hasil penelitian menunjukan bahwa perkembangan bahasa anak usia dini berkaitan erat dengan stimulus dan interaksi dengan orang tua yang ada di lingkungan keluarga. Setiap orang tua mempunyai cara yang berbeda-beda untuk menstimulasi perkembangan bahasa anak usia dini antara lain: mengajak anak berkomunikasi, bercerita, membacakan buku, mendongeng, mencontohkan kalimat-kalimat sederhana, belajar sambil bermain, melakukan kegiatan bermain peran, bernyanyi, menulis, menggambar dan memfasilitasi anak usia dini dengan buku cerita bergambar. Faktor yang menghambat stimulasi perkembangan bahasa anak usia dini adalah kebiasaan orang tua yang memberikan gadget tanpa pengawasan, orang tua yang terlalu sibuk bekerja sehingga tidak mempunyai waktu luang untuk berkomunikasi, kurangnya perhatian orang tua terhadap perkembangan bahasa anak dan lingkungan keluarga yang terbiasa sibuk dengan HP nya masing-masing sehingga anak akan meniru apa yang akan dilihatnya.