Peningkatan Harga Diri Dengan Cognitive Behavior Group Therapy
DOI:
https://doi.org/10.36761/jp.v6i1.2792Keywords:
adolescents, Cognitif Behavior group Therapy, self-esteemAbstract
Rendahnya harga diri pada remaja berdampak pada banyak aspek yang ditandai dengan penilaian diri tidak mampu, merasa lingkungannya kurang dapat menerima, kurang memiliki kemampuan dibandingkan teman-teman lainnya dan perasaan takut salah dan malu yang berlebihan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan harga diri pada subjek remaja. Subjek pada penelitian ini terdiri dari empat siswa Sekolah Menengah Pertama yang memiliki permasalahan sama yaitu rendahnya harga diri. Metode yang digunakan ialah wawancara, observasi, skala Coopersmith Self Esteem Inventory form school dan tes grafis. Intervensi yang digunakan ialah Cognitive Behavior Group Therapy yang disusun dalam tujuh sesi untuk meningkatkan harga diri subjek. Hasil intervensi Cognitive Behavior Group Therapy subjek memperlihatkan peningkatan harga diri ditandai dengan pemikiran positif yang dikembangkan subjek berdampak pada skor post test pada skala harga diri coopersmith self esteem inventory form school yang meningkat pada setiap subjek dengan rentang peningkatan skor dari enam hingga 25 skor.