EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • Wilia Ismiyarti Universitas Teknologi Sumbawa
  • Chairul Hudaya Universitas Teknologi Sumbawa
  • Rodianto Universitas Teknologi Sumbawa

DOI:

https://doi.org/10.36761/jt.v5i3.1295

Kata Kunci:

Metode Pembelajaran Evektivitas, Pandemi Covid-19

Abstrak

Penyebaran covid-19 sangat berampak di semua sektor kehidupan, salah satunya ialah sektor pendidikan. Proses belajar mengajar yang awalnya dilakukan secara tatap muka langsung kini beralih menggunakan pembelajaran secara online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar efektivitas metode pembelajaran online dimasa pandemi covid-19 pada sebuah Perguruan Tinggi Swasta. Terdapat 3 metode dalam penelitian ini, yaitu metode pembelajaran sinkron, asinkron dan campuran dengan sifat penelitian adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dalam bentuk google form kepada100 mahasiswa dan 60 dosen sebagai responden. Hasil penelitian pada responden mahasiswa menunjukan bahwa metode pembelajaran online campuran sangat efektif digunakan pada masa pandemi covid-19 dengan nilai rasio efektivitas sebesar 81 dan persentase 34%. sementara metode sinkron dan asinkron cukup efektif digunakan dengan persentase masing-masing 32% dan 33%. Namun, responden dosen menunjukkan bahwa ke-tiga metode tersebut cukup efektif digunakan dengan persentase pembelajaran sinkron 32%, asinkron dan campuran masing-masing 34%.

Referensi

REFERENSI

Arikunto, 2010, dalam Orlando, Galih, Efektivitas Model Pembelajaran Konstruktivisme Berbasis Daring Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Pada Masa Covid-19 Di Stita Labuhanbatu, Jurnal Pendidikan, Agam dan Sains, Vol. IV Edisi 1 Januari- Juni 2020.

Bates, Sanjaya, (2020: 52), dalam Rosmita Efektivitas Pembelajaran Daring (Studi Kasus Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Ips Sma Negeri 9 Tanjung Jabung Timur Tahun 2019/ 2020), Skripsi, 2020.

Class, (2018: 16). Dalam Hanifah, wanda, Efektivitas Komunikasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Pada Mahasiswa Ilmu Komunikai Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2018, Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 3 Nomor 2, 2020.

Dewi, (2020:22) dalam Andini, nur fadhila, Dampak Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa Masa Pandemi Covid-19, Artikel, 2020.

Driscol;(2002) dalam Milya Sari, Asmendri (2019), Analisis Model-model Blended Learning di Lembaga Pendidikan,: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, Volume 5 Number 2 September 2019, NATURAL SCIENCE.

Eggen dan Kauchak (1998:1) dalam budiati, asih (2018), Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di MTs N Gondowulung, Jurnal Pendidikan Madrasah, Volume 3 Nomor 1 Mei 2018.

Jokowarino (2020) dalam Azuar, Penerapan Metode Diskusi Melalui Zoom Meeting Pada Masa Pandemik Dalam Pembelajaran Pkn, Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), Volume 5 Nomor 3 Mei

Mahmudi, 2005 dalam Firman, Rahman, Sari Rahayu, Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19, Indonesian Journal of Educational Science (IJES), Volume 02, No 02 Maret 2020.

Riyanto & Hatmawan, 2020:11 dalam Aslan, sri lestari, efektivitas pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 ( studi kasus pada mata pelajaran sosiologi di sman 20 gowa ), Skripsi, 2020.

Sanjaya, 2016, dalam Nurmaula, Burhanudin Aji, Metode Pembelajaran Matematika Kelas V Di Mi Ma’arif Nu 1 Sudimara Tahun Pelajaran 2015/2016, Thesis, IAIN Purwokerto, 2016.

Sarwono, Jonathan, 2006, Analisis Data Penelitian Menggunakan SPSS, Andi Yogyakarta.

Slavin (2009) dalam Mustakim, Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika, Journal of Islamic Education, Vol. 2, No. 1, May 2020.

Wardoyo,eko (November, 2020), Pembelajaran Daring Sinkron dan Asinkron Produk Kreatif dan Kewirausahaan, Artikel, Kementerian pendidikan,kebudayaan, riset dan teknologi.

Widyaiswara (2020), dalam Nurhadi,nunung, Blended Learning dan Aplikasinya di Era New Normal Pandemi Covid 19, Jurnal Penelitian Terapan Bidang Pertanian, Volume 19 Nomor 2, 2020.

Yulistiana (2008) dalam Safitri (2011), Dermawana, Deden Dicky , Sumarni, Woro, Efektifitas Pembelajaran Daring Selama Adanya Pandemic Covid 19, seminar nasional pascasarjana 2020.

Zainal Abidin , Adeng Hudaya, Dinda Anjani, (Oktober, 2020), Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19, Reseacrh and Development Journal of Education, (Special Edition), 131-146

INTERNET:

http://wawasanbunda.com/mengenal-3-metode- pembelajaran-online/

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DI

MASA PANDEMI COVID-19 (kemenag.go.id) Pengertian Kerangka Berpikir, Jenis, Model, Membuat & Contoh (pendidikan.co.id)

Diterbitkan

2021-10-21

Terbitan

Bagian

Articles