INTERAKSI SIMBOLIK THE JAKMANIA PETUKANGAN DALAM MEMAKNAI KEHADIRANNYA DITENGAH MASYARAKAT

Penulis

  • Fathan Nur Adli Universitas Teknologi Sumbawa
  • Muhammad Syukron Anshori Universitas Teknologi Sumbawa

DOI:

https://doi.org/10.36761/jt.v5i3.1308

Kata Kunci:

Interaksi Simbolik, Suporter Sepakbola, Simbol. Semiotika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana interaksi simbolik Suporter sepak Bola The Jakmania Petukangan dalam Memaknai Kehadirannya Ditengah Masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu wawancara mendalam dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan teori interaksi simbolik yang dikemukakan oleh George Herbert Mead. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kelompok supporter The Jakmania memaknai kehadirannya ditengah masyarakat, suporter sepak bola The Jakmania melalui interaksi yang dilakukan para anggota kelompok tersebut. Interaksi yang dilakukan para anggota kelompok suporter sepak bola The Jakmania yaitu melalui unsur-unsur yang terdapat pada kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan anggota kelompok tersebut. Unsur-unsur tersebut meliputi tindakan, gerakan isyarat, kostum, The Jakmania.. Selain itu, terdapat pergeseran pandangan masyarakat Petukangan mengenai suporter sepak bola yang sebelumnya dipandang sering melakukan tindakan anarkis, kini menjadi kelompok yang kehadirannya memberikan manfaat dan dampak positif bagi masyarakat. Hal ini sebagai langkah awal agar nilai-nilai yang terkandung dalam aktivitas kelompok suporter sepak bola The Jakmania di Petukangan tersebut dapat dimaknai dan diterima oleh masyarakat Petukangan dalam kehidupan bermasyarakat.

Referensi

Ahmadi, D. (2008). Interaksi Simbolik: Suatu Pengantar. Jurnal Mediator. 9(2). Anshori, M. S. (2014). Interaksi Simbolik Dalam Proses Komunikasi Nonverbal Pada Suporter Sepakbola (Studi Pada Anggota Juventus Club Indonesia Chapter Malang) (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Chaplin, J. P. (2008). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Rajagrafindo Persada. Coakley, J. (2001). Sport in Society: Issues and Controversies.

Fisher, Aubrey, B. 1978. Teori Teori Komunikasi. Bandung: CV. Remadja Karya Fajar.

Haliemah, N. 2016. Interaksi Simbolis Masyarakat dalam Memaknai Kesenian Jathilan. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Kriyantono, R. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

London: McGrawHill. Charon, Joel M. 1979. Symbolic Interactionism, United States of America: Prentice Hall Inc Mathisen, G., & Pettersen, A. (2015). ”The Effect of Speed Training on Sprint and Agility Performance In Famale Youth Soccer Players”.Journal of Physical Education and Sport, 15(3): 395-399.

Mulyana, D. (2005). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Moleong, J, Lexy. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi Dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

West, R. & Turner, L. (2008). Pengantar Toeri Komunikasi: Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Internet

https://www.goal.com/id/berita/persija-jakarta-klub-terpopuler-di-asiatenggara.

https://www.indosport.com/sepakbola/20190419/3-penghargaan-yangpernah-diraih-suporter-persija-jakarta-the-jakmania. https://www.jakmania.id

Diterbitkan

2021-10-21

Terbitan

Bagian

Articles