PENGARUH BRAND AMBASSADOR, KUALITAS PRODUK, DAN ULASAN PRODUK TERHADAP MINAT BELI APLIKASI TOKOPEDIA
DOI:
https://doi.org/10.36761/jt.v7i3.3366Keywords:
Brand Ambassador , Kualitas produk, ulasan produk, minat beliAbstract
Alasan dilakukannya pengujian ini ialah untuk meninjau : (1) apakah brand ambassador berpengaruh terhadap minat beli, (2) apakah kualitas produk berpengaruh terhadap minat beli, (3) apakah ulasan produk berpengaruh terhadap minat beli, (4) apakah Brand ambassador, kualitas produk serta ulasan produk memiliki pengaruh terhadap minat beli aplikasi Tokopedia. Sampel yang ada pada penelitian yang dilakukan ini merupakan konsumen yang menggunakan aplikasi Tokopedia berjumlah 100 responden dengan metode purposive sampling. Instrumen tes ini adalah kuesioner yang sudah menjalani uji validitas dan reliabilitas menggunakan koefisien Alfa Cronbach. Menggunakan program pengolah SPSS versi 26, prosedur analisis dari data uji ini meruakan regresi linier berganda. Pengujian memiliki kesimpulan yang bersumber dari uji linier berganda maka ditunjukkan : (1) brand ambassador tidak memiliki pengaruh yang positif terhadap minat beli aplikasi Tokopedia, dengan hasil uji persial menunjukan poin t hitung 1,170 < t tabel 1.984 dan poin sig. 0,245 > 0,5 ; (2) kualitas produk mempunyai pengaruh positif terhadap minat beli aplikasi Tokopedia, hasil uji persial menunjukan poin 8,207< t tabel 1.984 dan poin sig. 0,000 > 0,05 ; (3) ulasan produk tidak memiliki pengaruh pengaruh positif terhadap minat beli aplikasi Tokopedia, dengan hasil uji persial menunjukan poin t hitung 0,608 < t tabel 1.984 dan poin sig. 0,545 > 0,05 ; (4) brand ambassador, kualitas produk serta ulasan produk secara bersamaan memiliki pengaruh terhadap minat beli aplikasi Tokopedia, disertai poin F hitung 32,357 > F tabel 2,69 dan poin signifikasi 0,000 < 0,05.
References
Annisa, N. (2017). Pengaruh Country Of Origin Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Pada Produk Smart Phone Samsung. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 4(2), 1–8.
Dita, K., Putra, P., Heti, C., & Rahmawati, T. (2022). Pengaruh Harga , Promosi , dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen AMDK Le Minerale Kabupaten Tabanan Bali pada Era New Normal. Snistek, 4(14), 242–248.
Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17. https://doi.org/10.20527/jwm.v7i1.173
Ferdiana Fasha, A., Rezqi Robi, M., & Windasari, S. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli: Brand Ambassador Dan Brand Image (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 30–42. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.840
Firmansyah. (2019). Pemasaran Produk Dan Merek (Planning & Strategy). CV. Penerbit Qiara Media.
Fransiska Vania Sudjatmika. (2017). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan, Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Tokopedia.com. Ekonomi Bisnis, 17(1), 1–12. https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/PE/article/view/86/49
Gita, D. (2016). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image Perusahaan online Zalora.co.id. Manajemen, 26(5), 18–23.
Handoko. (2002). Manajemen Pemasaran. Badan penerbit IPWI.
Karnadi, A. (2022). Tokopedia Jadi Penguasa E-Commerce Indonesia pada Februari 2022. https://dataindonesia.id/digital/detail/tokopedia-jadi-penguasa-ecommerce-indonesia-pada-februari-2022
Kotler, Philip., & K. L. K. (2016). Marketing Management. Pearson Education.
Praditha Nurul Andini. (2021). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Pengguna Aplikasi Tokopedia. Manajemen, 8(2), 2074–2082.
Pramesti, D.Y., Widyastuti, S., & Riskarini, D. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Keragaman Produk, Dan Promosi E-Commerce Terhadap Kepuasan Konsumen Shopee. Jimp, 1(1), 27–39.
Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu: Pada Era Media Sosial. Pustaka Setia.
Saripa. (2019). Pengaruh Ulasan dan Penilaian produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Tokopedia (Studi Kasus 3 Kecamatan di Kota Makasar). Sekolah Tinggi Ekonomi Nobel Indonesia.
Stevina, E., & Brahmana, R. K. M. R. (2015). Pengaruh brand identity terhadap purchase intention. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 3(1), 1–8.
Sugiyono. (2013a). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono, D. (2013b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
Surawiguna, T. J. (2010). Makalah Ecommerce.
Windarti, T., & Ibrahim, M. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Donat Madu. Python Cookbook, 706. http://oreilly.com/catalog/errata.csp?isbn=9781449340377
Handoko. (2002). Manajemen Pemasaran. Badan penerbit IPWI.
Karnadi, A. (2022). Tokopedia Jadi Penguasa E-Commerce Indonesia pada Februari 2022. https://dataindonesia.id/digital/detail/tokopedia-jadi-penguasa-ecommerce-indonesia-pada-februari-2022
Kotler, Philip., & K. L. K. (2016). Marketing Management. Pearson Education.
Praditha Nurul Andini. (2021). PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT BELI PENGGUNA APLIKASI TOKOPEDIA. Manajemen, 8(2), 2074–2082.
Pramesti, D. Y. . W. S. . & R. D. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Keragaman Produk, Dan Promosi E-Commerce Terhadap Kepuasan Konsumen Shopee. Jimp, 1(1), 27–39.
Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu: Pada Era Media Sosial. Pustaka Setia.
Sari, F. W. (2022). Pengaruh Daya Tarik Iklan , Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli E-Commerce Tokopedia ( Studi Kasus Generasi Muslim Millenial. ECONOMICS JOURNAL, 2(2), 1–14.
Stevina, E., & Brahmana, R. K. M. R. (2015). Pengaruh brand identity terhadap purchase intention. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 3(1), 1–8.
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
Surawiguna, T. J. (2010). Makalah Ecommerce.
Windarti, T., & Ibrahim, M. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Donat Madu. Python Cookbook, 706. http://oreilly.com/catalog/errata.csp?isbn=9781449340377
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Bagus Maulana Nasrul Ikhsani, Yunita Fitri Wahyuningtyas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.