PENGARUH DISKON HARGA, GRATIS ONGKIR DAN KEMUDAHAN PEMBAYARAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA SHOPEFOOD DIYOGYAKARTA

Authors

  • Wulan Sri Sundari STIE WIDYA WIWAHA
  • Yunita Fitri Wahyuningtyas

DOI:

https://doi.org/10.36761/jt.v7i3.3376

Keywords:

diskon harga, gratis ongkir, kemudahan pembayaran, kepuasan konsumen

Abstract

Shopee salah satu e-commerce yang mengutamakan inovasi dan perkembangan teknologi telekomunikasi, salah satunya dengan menunjukkan peluncuran fitur barunya, yakni ShopeeFood. ShopeeFood adalah layanan pesan dan antar makanan serta minuman melalui online yang diperkenalkan di Indonesia pada bulan April 2020. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji pengaruh diskon harga, gratis ongkir, dan kemudahan pembayaran terhadap kepuasan konsumen pengguna ShopeeFood. Responden sebanyak 100 sampel diambil dari konsumen ShopeeFood dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian dalam pengujian angket menggunakan Alpha Cronbach dan dengan uji validitas dan reabilitas. Data diolah menggunakan alat analisis SPSS 23 serta metode analisis data yang dipakai pengujian yaitu regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Diskon Harga tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dibuktikan hasil uji parsial thitung 1.697 < ttabel 1.988 dan sig. 0.093 > 0.05; (2) Gratis Ongkir tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dibuktikan hasil uji parsial thitung 1.096 < ttabel 1.988 dan sig. 0.276 > 0.05; (3) Kemudahan Pembayaran berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dibuktikan hasil uji parsial thitung 3.623 > ttabel 1.988 dan poin sig. 0.000 < 0.05; (4) Diskon Harga, Gratis Ongkir dan Kemudahan Pembayaran berpengaruh positif secara bersamaan terhadap Kepuasan Konsumen, dengan Fhitung 25.006 > Ftabel 2.698 dan sig. 0,000 < 0,05.

References

Bellani, Pinkan, and Ahmad Saputra. 2022. “Pengaruh Layanan Pelanggan, Kemudahan Pembayaran, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee.Co.Id.” Ijccs 1(1):1978–1520.

Calvin, Octavianus, and Maria Josephine Tyra. 2022. “Pengaruh Harga Dan Promosi Penjualan Shopee FoodTerhadap Minat Beli Konsumen Di Kota Palembang.” Forbiswira Forum Bisnis Dan Kewirausahaan-Sinta 4 12(1):47–58.

Dewi, Adhita Maharani. 2022. “Optimalisasi Aplikasi E-Commerce Shopee Food Sebagai Media Pemasaran Umkm Di Masa Pandemi Covid 19.” 1–11.

Ghozali. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasanah, Uslatun, and Dwi Dayanti Oktavia. 2022. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi Dan Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen Shopeefood Di Kota Malang.” Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis 5(1):26–40.

Heni, Devi Anugrah, Bambang Mursito, and Ratna Damayanti. 2020. “Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Transaksi, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Online Pengguna Situs Shopee.” Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah 18(2):146–50.

Jannah, Miftakhul, Budi Wahono, and Khalikussabir. 2022. “Pengaruh Diskon Flash Sale, Rating Dan Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee.” E – Jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN 10(13):38–51.

Karlina, Siti, Nobelson, and Yuliniar. 2020. “Analisis Perbandingan Strategi Pemasaran Pada Toko Online (Studi Pada Shopee, Bukalapak, Lazada, Dan Tokopedia).” Prosiding BIEMA (Business Management, Economic, and Accounting National Seminar) 1(0):701–13.

Kurnadi, Engkun. 2022. “Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Purchase Decision (Studi Pada Pengguna Aplikasi Shopee Di Kabupaten Majalengka).” Jurnal Ekonomi Syariah Dan Binsin 5(2):2022–33.

Kusumasari, Indah Respati. 2022. “PENGARUH FLASH SALE, DISKON, DAN SUBSIDI GRATIS ONGKIR TERHADAP PERILAKU IMPULSE BUYING PENGGUNA MARKETPLACE SHOPEE (Studi Pada Mahasiswa Aktif Administrasi Bisnis UPN ‘Veteran’ JawaTimur).” Jurnal Bisnis Indonesia 13(2).

Lubis, Rinanda Hamida, Zein Ramadhan, and Abdul Yusuf. 2021. “Pengaruh Promo Gratis Ongkir Dan Customer Experience Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Aplikasi Shopee.” Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Organisasi (JUMBO) 5(3):562.

Maulana, Firman. 2022. “PENGARUH PRICE DISCOUNT DAN RATING PRODUK TERHADAP MINAT BELI (Studi Pada Konsumen Gurita Bakar Malang Pengguna Shopeefood) SKRIPSI Diajukan Untuk Memenuhi Persyaratan Memperoleh Gelar Sarjana Admininstrasi Bisnis Oleh.”

Maulana, Hutomo Atman, and Yunelly Asra. 2019. “Analisa Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Oleh Generasi Z Di Daerah Pedesaan.” 7(2):1–4.

Mustomi, Dede, Aprilia Puspasari, and Ayu Azizah. 2020. “Analisis Pemberian Diskon Terhadap Minat Beli Konsumen Dimasa Pandemic Covid-19.” CERMIN: Jurnal Penelitian 4(2):1–10.

Nasrullah, Muhammad Fuad, and Enny Ariyani. 2021. “Analisis Pengaruh Jenis Pemberian Voucher Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Shopee Food Di Kota Surabaya Menggunakan Regresi Linier Berganda.” 2(6):156–67.

Nurdiansah, Asep, and Widyastuti. 2022. “Pengaruh Price Discount Terhadap Customer Satisfaction Dan Repurchase Intention (Studi Pada Pengguna Shopeefood).” Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan (Sibatik Journal) 1(8):1–20.

Rusni, Andi, and Ahmad Solihin. 2022. “Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Diskon Harga Dan Tagline ‘Gratis Ongkir’ Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Secara Online Di Shopee.” Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis 7(2):167–79.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Supartono. 2021. “Pengaruh Harga, Kemudahan Bertransaksi, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Online Di E-Commerce Shopee Pada Masa Pandemi Covid 19.” Ikraith-Ekonomika 5(2):210–18.

Vania, Izella, and Remista Simbolon. 2021. “Pengaruh Promo ShopeeFood Terhadap Minat Beli Pengguna Shopee (Di Daerah Tangerang Selatan).” Fakultas Ekonomi Universitas Advent Indonesia 46–58.

Wahyono, Agus, and Aldy Ardiansyah. 2021. “Pengaruh Kualitas Layanan Digital, Promosi, Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Shopeefood.” Jurnal Manajemen 6(1):21–33.

Yonanda Suwinovia, and Trisnia Widuri. 2022. “Pengaruh Free Gift Dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Di Ms Glow Kediri By Yowanita.” Jurnal Publikasi Sistem Informasi Dan Manajemen Bisnis 1(3):169–83.

Yunitasari, Elviana, Ayun Maduwinarti, and Awin Mulyati. 2022. “Pengaruh E-Payment Dan E-Service Quality Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Shopee Food Di Kota Surabaya.” 1–5.

Published

2023-10-20

Issue

Section

Articles