ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN PADA PRODUK SUNSCREEN MADAM GIE
DOI:
https://doi.org/10.36761/jt.v7i3.3433Keywords:
Price, satisfaction, quality, brandAbstract
Studi berikut bertujuan untuk mengetahui factor yang bisa memberikan pengaruh pada rasa puas pembeli pada product sunscreen Madame Gie. Studi dilakukan dengan menerapkan pendekatan kuantitatif dengan mendistribusikan angket pada narasumber yang merupakan pengguna atau konsumen produk sunscreen Madame Gie. Hasil penelitian menunjukkan bahwa factor yang bisa memberikan pengaruh atas rasa puas pembeli pada product sunscreen Madame Gie adalah citra merk, mutu product dan pendapat mengenai biaya. Pencitraan merk memiliki pengaruh yang baik dan substansial terhadap rasa puas pembeli, artinya apabila perusahaan atau madame gie mampu memberikan pencitraan merk yang positif pada produknya maka pelanggan nantinya merasakan rasa puas yang tinggi namun sebaliknya apabila produk suncreen madame gie memiliki pencitraan merk yang kurang bagus maka nantinya dapat mengurangi level rasa puas konsumen terhadap produk madame gie tersebut. Mutu product memiliki pengaruh yang baik dan substansial terhadap rasa puas pembeli, artinya makin bagus mutu product suncreen madam gie maka nantinya makin makin baik tingkat rasa puas konsumen terhadap produk madame gie dan sebalinya apabila mutu product tidak bagus maka nantinya dapat mengurangi rasa puas konsumen terhadap produk suncreen madame gie. Pendapat mengenai harganya tak memiliki pengaruh yang substansial terhadap rasa puas pembeli, artinya harga tak terlalu mempengaruhi konsumen merasa puas saat menggunakan produk madame gie ini karena madame gie memiliki harga yang ekonomis sehingga konsumen merasa bahwa harga bukan sesuatu yang menyebabkan mereka merasa puas.
References
Anggraini, Lela Novita., Kustiyah, Eny., dan Sudarwati. (2019). Pengaruh Kualitas, Harga Dan Citra Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Produk Kosmetik Wardah (Studi pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Islam Batik Surakarta). EKOBIS: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi. Vol. 7 (1): 48-56.
Asikin, Doni Dirgantara., dan Oktavia, Nuraeni. (2023). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Scarlett Whitening (Studi Kasus Pelanggan Marketplace Shopee Scarlett Whitening Official Shop di Kabupaten Bandung Barat). Jurnal Bisnis & Teknologi. Vol. 15 (1): 49-58.
Ayuniah, Putri. (2017). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Iklan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi Kasus Pada Mahasiswi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma Yang Mengambil Kuliah Di Kampus Depok). Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis. Vol. 22 (3): 209-218.
Efendi, Nasrul., Lubis, Tya Wildana Hapsari., dan Ginting, Sugianta Ovinus. (2023). Pengaruh Citra Merek, Promosi, Kualitas Pelayan Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekonomi. Vol. 28 (02): 201-204.
Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prentice Hall
Kotler, P., & Keller. (1997). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Martha, E. (2015). Pengaruh persepsi harga, kualitas pelayanan, dansuasana salon terhadap loyalitas pelangganmelalui kepuasan pelanggan(Studi Pada Pelanggan Flaurent Salon Yogyakarta).
Puspasari, Anita. (2014). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Word of Mouth Melalui Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu Manajemen. Vol. 2 (4): 1739-1747.
Savitri, Ida Ayu Putu Dian., dan Wardana, I Made. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Dan Niat Beli Ulang. E-Jurnal manajemen Unud, Vol.7 (10): 5749-5776.
Setianingsih, Wahyu Eko. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Prosiding 4th Seminar Nasional dan Call for Papers Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember. Hal 252-261.
Wulandari, Rizky Desty., dan Iskandar, Donant Alananto. (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kosmetik. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT. Vol. 3 (1): 12-14.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Desy Melya Nur Fitriani, Beta Asteria
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.