The KAJIAN GREENSHIP EXISTING BUILDING VER.1.1 PADA GEDUNG SEKOLAH LINGKUNGAN PADAT (STUDI KASUS: MI AL-MUHAJIRIAH )
STUDY OF GREENSHIP EXISTING BUILDING VERSION.1.1 IN SOLID ENVIRONMENT SCHOOL BUILDINGS (CASE STUDY: MI AL-MUHAJIRIAH )
DOI:
https://doi.org/10.36761/jt.v7i3.3434Keywords:
School, Green Building, Greenship, lingkungan padat, lingkungan sekolahAbstract
Sekolah sebagai rumah edukasi tentunya perlu untuk mengaplikasikan bangunan hijau disamping fasilitas juga sebagai media belajar, salah satu percotohan yang sudah dilakukan didukung pemerintah Jakarta untuk membuat sekolah bersertifikat Greenship yang dikeluarkan dari GBCI (Green Bulding Council Indonesia) untuk meningkatkan kepedulian terhadap pemanasan global.sementara banyak dari sekolah di kota yang berlokasi di permukiman padat yang memiliki lingkungan kurang mendukung untuk menerapkan bangunan hijau perlunya kajian untuk memberikan penilaian yang bisa disesuaikan pada sekolah yang kurang mendukung di lingkungannya. Sekolah MI Al-Muhajiriah dipilih dengan kriteria lokasi dan dukungan dari pihak sekolah untuk menerapkan sekolah hijau. kemudian Metode dari penelitian ini dengan membandingkan penilaian greenship pada bangunan eksisting version 1.1. Menganalisis dan mengkaji penilaian greenship dengan observasi langsung kelayakan bangunan dan data sekunder dengan wawancara pihak sekolah atau yang terkait. Teradapat 7 poin penilaian yang akan dikaji untuk bisa melihat variable yang sulit untuk diterapkan sehingga nantinya hasil dari kajian ini berupa saran untuk bisa bangunan sekolah memperoleh greenship dan juga asumsi variabel yang sekiranya sulit untuk diterapkan bisa menjadi kajian kedepannya untuk penilaian yang lebih kontekstual.
References
Magdalena, Enggrila. (2016). Implementasi Konsep Zero Energy Building (ZEB) Dari Pendekatan Eco-Friendly Pada Rancangan Arsitektur. Univ. Sam Ratulangi.
Kementrian Pendidikan Dan Budaya. (2020). Panduan Desain Sekolah Hijau Meningkatkan Kualitas Pengelolaan Sarana dan Prasarana SMK. Jakarta.
Ratnaningsih, Anik. (2019). Penilaian Kriteria Green Building Pada Pembangunan Gedung IsDB Project Berdasarkan Skala Indeks Menggunakan Greenship versi 1.2 (Studi Kasus: Gedung Engineering Biotechnology Universitas Jember). Universitas Jember.
Kementerian Perdagangan RI. (2014). Panduan Optimalisasi Media Sosial untuk Kementerian Perdagangan RI. Kementerian Perdagangan: Jakarta.
Peraturan Presiden Republik Indonesia. (2011). Tentang Rencana Aksi Nasional Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca.Peraturan Presiden Republik Indonesia.
Green Building Council Indonesia. (2011). Annual Meeting 2011.
Green Building Council Indonesia. (2016). Greenship Existing Building Version 1.1. Greenship Building Council Indonesia.
Menteri Pendidikan Nasional. (2007). Standar Sarana Dan Prasarana Sekolah Madrasah/ Pendidikan Umum.
Eliyanti, Widi. (2021). Manajemen Sekolah Hijau di Sekolah Dasar (SDN) 05 Beji Kabupaten Pemalang. Univ. PGRI Malang.
Sofjan Surjana, Tjetjeng. (2013). Perancangan Arsitektur Ramah Lingkungan: Pencapaian Rating Greenship GBCI,Univeritas Bandar Lampung.
GBCI. (2016). Greenship Rating Tools Existing Building. https://www.gbcindonesia.org/greens/existing. Diunduh pada 07 Juni 2023 20:41
Bangunahijau. (2023). https://bangunanhijau.com/gb/eb/. Diunduh pada 05 Juni 2023. 18:48 wita.
KementriankeuanganrepiblikIndonesia. (2020). Ini Komitmen Indonesia mencapai Net Zero Emission. https://kemenkeu.go.id. Diunduh pada 06 Juni 2023 15:50
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Ziyad Fauzi Na'im

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.