https://jurnal.uts.ac.id/index.php/Tambora/issue/feedJurnal TAMBORA2025-02-24T15:19:54+07:00Muhammad Hidayatullah, M.Sc.muhammad.hidayatullah@uts.ac.idOpen Journal Systems<p><strong>Fokus dan Ruang Lingkup Jurnal TAMBORA adalah Jurnal multidisiplin berfungsi sebagai platform untuk menerbitkan karya ilmiah dilingkungan Universitas Teknologi Sumbawa dan masyarakat peneliti pada umumnya dalam bidang Aplikasi Ilmu Sains, Teknologi, Ilmu Sosial dan Humaniora sehingga akan menumbuhkan semangat meneliti dan menulis bagi akademisi dan peneliti dalam berbagai bidang tersebut menuju Indonesia Emas tahun 2045.<br /></strong></p> <p><strong>Publisher: <span style="color: #242444;"><a style="color: #242444;" href="https://uts.ac.id/en">Sumbawa University of Technology</a></span></strong></p> <p><strong>Jurnal Tambora adalah Jurnal Universitas Teknologi Sumbawa yang dikelola oleh Wakil Rektor III Bidang Publikasi</strong></p> <p> </p>https://jurnal.uts.ac.id/index.php/Tambora/article/view/5550IMPLEMENTASI SISTEM ELECTRONIC MEDICAL RECORD (E-MR) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KLAIM BPJS DI UPTD RSUD LOMBOK TIMUR2025-02-20T11:20:12+07:00Novita Laily ShalatiahIta.ovhi@gmail.comMuhammad Salehmuhammad.saleh@uts.ac.idHusnihusni@uts.ac.id<p>RSUD Lombok Timur menghadapi tantangan dalam implementasi Electronic Medical Record (E-MR) untuk proses pemberkasan klaim BPJS. Sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), rumah sakit ini harus mandiri secara finansial dan bergantung pada klaim BPJS untuk menjaga stabilitas keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses implementasi E-MR dan pengelolaan klaim BPJS di RSUD Lombok Timur serta mengevaluasi efektivitas dan tantangan yang dihadapi. Metode yang digunakan adalah wawancara dengan informan dari berbagai divisi terkait dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun terdapat kendala teknis seperti keterbatasan infrastruktur, sistem yang belum sempurna, dan gangguan jaringan, penggunaan E-MR terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas klaim BPJS. Absensi klaim rumah sakit telah mencapai lebih dari 90%, yang mencerminkan peningkatan efisiensi pengelolaan klaim. Kesimpulannya, RSUD Lombok Timur berhasil mengimplementasikan E-MR dengan baik, namun perlu ada peningkatan pelatihan, infrastruktur, serta sistem monitoring dan koordinasi antar divisi untuk memaksimalkan pengelolaan klaim BPJS. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menilai faktor-faktor lain yang berperan dalam pengelolaan klaim, khususnya dalam hal pengkodean diagnosis.</p>2025-01-20T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Novita Laily Shalatiah, Muhammad Saleh, Husnihttps://jurnal.uts.ac.id/index.php/Tambora/article/view/4934UJI PROKSIMAT PELLET KAYU LAMTORO (Leucena leucocepalla) LOKAL SUMBAWA SEBAGAI BAHAN BAKAR ALTERNATIF 2024-10-15T10:29:54+07:00Abdul Azisabdul.azis@uts.ac.idAldrinabdul.azis@uts.ac.idNanang Dwi Nandaabdul.azis@uts.ac.id<p>Ketersediaan cadangan bahan bakar minyak dan gas bumi nasional menunjukkan tren menurun, bahkan diprediksikan akan habis 9 tahun kedepan untuk produk minyak bumi dan 19,9 tahun untuk gas bumi. Sedangkan kebutuhan nasional migas terus meningkat seiring pertumbuhan penduduk. Hal ini menyebabkan krisis energi yang berimbas pada krisis ekonomi nasional. Jadi, diperlukan langkah strategis untuk melakukan diversifikasi sumber bahan bakar baru terbarukan yang berasal dari biomassa yang dikelola berbasis masyarakat. Di Pulau Sumbawa, ketersediaan pohon lamtoro melimpah dan tersedia sepanjang tahun dan belum dimanfaatkan, kecuali pakan kambing. Lamtoro merupakan tumbuhan invasif spesies yang dapat mengganggu ekosistem, namun jarang dieksplorasi fungsi dan manfaat ekonominya. Energi dari biomassa kayu lamtoro memiliki nilai kalori sesuai standar SNI 8021:2014 sehingga layak sebagai pengganti bahan bakar fosil untuk mencapai ketahanan energi di masa mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk membuat pellet kayu dari tumbuhan invasif spesies, yaitu lamtoro dengan memperoleh data antara lain, data uji proksimat. Metode penelitian ini secara eksperimental yaitui uji proksimat yang terdiri dari pengujian kadar air, kadar abu, kadar zat terbang, karbon terikat dan nilai kalor. Uji proksimat pellet kayu lamtoro didasarkan dengan SNI 8021:2014 Pellet Kayu. Hasil penelitian ini diantaranya: nilai kalor maksimum sebesar 4211 kal/g (sampel 5), kadar abu terendah 0,66 (sampel 5), kadar air terendah 8,01 (sampel 5) kadar zat terbang terendah sebesar 60,72% (sampel 5), kadar karbon terikat tertinggi sebesar 15,65% (sampel 5). Dari hasil penelitian ini, pellet kayu lamtoro telah memenuhi standar SNI 8021:2014.</p>2025-01-20T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Abdul Azis, Aldrin, Nanang Dwi Nandahttps://jurnal.uts.ac.id/index.php/Tambora/article/view/5380EMBRACING PESANTREN ENGLISH: A NARRATIVE INQUIRY INTO LEARNERS’ IDENTITY CONSTRUCTION2025-01-17T10:24:56+07:00Hasrul Sanihasrulsani@uts.ac.idMoh Syahrul Zaky Romadhonihasrul.sani@uts.ac.id<p>World Englishes (WE) recognize diverse English varieties shaped by local cultures, challenging Standard English dominance and empowering global speakers. In Indonesia, pesantren integrates English and Arabic into education, creating <em>Pesantren English</em>, a localized form reflecting cultural values. This aligns with the WE perspective, granting students legitimacy as English speakers and fostering hybrid identities. Narrative inquiry is suitable to explore this linguistic and cultural dynamic. This research explores <em>Pesantren English</em> as a local variety in the expanding circle, examining its role in shaping learners’ identities and cultural expressions. It also aims to guide educators in adopting culturally sensitive teaching methods and recognizing the influence of language teaching on identity construction. The study used narrative inquiry to explore Bilal’s (pseudonym) perception of <em>Pesantren English</em> and its impact on his identity. Data were collected through interviews and a learning journal in June 2022, then analyzed by coding and identifying themes to draw conclusions. Bilal, a student from a pesantren in Tasikmalaya, Indonesia, initially preferred Arabic but grew passionate about English after exposure to Western media. The pesantren enforced strict use of English and Arabic, which helped Bilal improve his language skills through both academic and extracurricular activities. While he valued Standard English and criticized local accents, Bilal viewed English as a tool to spread Islamic values globally without adopting Western culture. He plans to further his studies in English and religion, aiming to use both to promote Islam worldwide.</p>2025-01-20T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Hasrul Sani, Moh Syahrul Zaky Romadhonihttps://jurnal.uts.ac.id/index.php/Tambora/article/view/5291PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, MOTIVASI DAN KOMITMEN TERHADAP KINERJA PEGAWAI (Studi Kasus Pada Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta)2025-01-03T12:16:34+07:00Ainun Nisaainunn1614@gmail.comMuhammad Robi' Nurwahyudiainunn1614@gmail.com<p>Studi ini dilakukan untuk menilai seberapa besar dampak lingkungan kerja, motivasi, dan komitmen terhadap kinerja pegawai Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta. Studi ini menggunakan metode kuantitatif dan mengolah data dengan bantuan program statistik SPSS 25. Studi ini menggunakan seluruh populasi sebagai sampel, yaitu semua pegawai Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta yang mempunyai jumlah 111 orang. Sampel menggunakan rumus Slovin yang menghasilkan 53 responden. Sampel dikumpulkan menggunakan <em>simple random sampling </em>dengan mengambil dari populasi secara acak dengan pendekatan <em>non-probability sampling. </em>Dalam penelitian ditemukan bahwa lingkungan kerja secara signifikan tidak mempengaruhi kinerja, sedangkan motivasi secara positif dan signifikan dapat mempengaruhi kinerja, komitmen secara positif dan signifikan dapat mempengaruhi kinerja dan lingkungan kerja, motivasi dan komitmen secara simultan dapat mempengaruhi kinerja.</p>2025-01-20T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Ainun Nisa, Muhammad Robi' Nurwahyudihttps://jurnal.uts.ac.id/index.php/Tambora/article/view/5376Analisis Literatur: Pengaruh Keunggulan Kompetitif Terhadap Hasil Bisnis Pemasaran 2025-01-16T19:46:45+07:00Zulkieflimansyahzulkieflimansyah@uts.ac.idMuammar Khadafiezulkieflimansyah@uts.ac.id<p>Penelitian ini berusaha untuk mengeksplorasi secara mendalam bagaimana keunggulan kompetitif mempengaruhi kinerja pemasaran bisnis. Perusahaan dengan keunggulan kompetitif yang kuat biasanya menunjukkan kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan dinamika pasar dan memilih strategi pemasaran yang efektif. Keunggulan kompetitif dapat dicapai melalui berbagai pendekatan, seperti memberikan produk atau layanan berkualitas tinggi, membedakan dari pesaing, atau berfokus pada ceruk pasar tertentu. Mempertahankan keunggulan kompetitif sangat penting bagi keberhasilan perusahaan dalam lanskap yang kompetitif. Pada intinya, kontribusi keunggulan kompetitif terhadap kinerja pemasaran bisnis mencakup pengaruhnya terhadap kinerja perusahaan secara keseluruhan, meningkatkan profitabilitas bisnis, meningkatkan hasil keuangan, meningkatkan efisiensi kerja, dan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.</p>2025-01-20T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Zulkieflimansyah, Muammar Khadafiehttps://jurnal.uts.ac.id/index.php/Tambora/article/view/5031PENGARUH DAYA TARIK IKLAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING 2024-11-27T22:34:39+07:00Angelie Puteri Kusumaangeliekusuma@gmail.comSuci Utami Wikaningtyasangeliekusuma@gmail.com<p>Penelitian ini mempunyai tujuan guna melakukan pengujian pengaruh daya tarik iklan serta kualitas produk atas keputusan pembelian serta menguji daya tarik iklan serta kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan <em>brand image </em>sebagai variable <em>intervening</em> pada perusahaan Cimory. Pengambilan sampel dilakukan melewati pendistribusian kuesioner oleh skala likert dengan salah satu teknik <em>non probability sampling</em> yaitu sejumlah 100 responden. Penelitian ini menerapkan metode analisis PLS-SEM dengan program SmartPLS 4.0. Hasil penelitian ini membuktikan jika daya tarik iklan serta kualitas produk memberikan pengaruh positif signifikan kepada <em>brand image</em>; daya tarik iklan tidak memberikan pengaruh kepada keputusan pembelian; kualitas produk memberikan pengaruh positif signifikan kepada keputusan pembelian; <em>brand image </em>mampu memediasi pengaruh daya tarik iklan atas keputusan pembelian secara full mediasi; serta <em>brand image </em>mampu memediasi pengaruh kualitas produk atas keputusan pembelian dengan cara parsial mediasi.</p>2025-01-20T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Angelie Puteri Kusuma, Suci Utami Wikaningtyashttps://jurnal.uts.ac.id/index.php/Tambora/article/view/5476PERAN PENGUNGKAPAN ESG DALAM MENINGKATKAN NILAI PERUSAHAAN MELALUI KINERJA KEUANGAN: STUDI PADA SEKTOR ENERGI DAN BARANG BAKU 2019-20232025-02-12T15:14:38+07:00Indra Sukma Subagioindrasukmasubagio@gmail.com<p>Penelitian ini menguji pengaruh kinerja keuangan (ROA) terhadap nilai perusahaan (Tobin's Q) dengan pengungkapan ESG sebagai variabel moderasi pada perusahaan sektor energi dan bahan baku di Indonesia selama 2019-2023. Sampel sebanyak 28 perusahaan dipilih melalui <em>purposive sampling</em>. Pengujian dilakukan menggunakan <em>moderated regression analysis</em>. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja keuangan dan pengungkapan ESG berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Selain itu, pengungkapan ESG memoderasi hubungan antara kinerja keuangan dan nilai perusahaan dengan arah negatif, yang mengindikasikan bahwa meskipun pengungkapan ESG diapresiasi pasar, biaya implementasi ESG dapat mengurangi pengaruh positif kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan. Temuan ini memberikan implikasi bagi perusahaan dalam strategi keberlanjutan dan komunikasi dengan investor untuk meningkatkan nilai perusahaan secara optimal.</p>2025-01-20T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Indra Sukma Subagiohttps://jurnal.uts.ac.id/index.php/Tambora/article/view/5018PENGARUH KEPEMIMPINAN, KOMPENSASI, MOTIVASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN WISATA ALAM PUNCAK PINUS BECICI2024-11-21T15:43:02+07:00Adinta Dwi PrastiwiAdintadwiprastiwi@gmail.comAwal Satrio Nugrohoadintadwiprastiwi@gmail.com<p>penelitian ini tujuannya guna mengetahui sebesar apa pengaruh kepemimpinan, kompensasi, motivasi serta lingkungan kerja berpengaruh pada kinerja karyawan di wisata alam Puncak Pinus Becici. Populasi pada riset ini ialah keseluruhan pekerja yang bekerja di wisata alam Puncak Pinus Becici sebanyak 60 pekerja serta sample yang digunakan ialah keseluruhan pegawainya. Teknik dalam mengumpulkan data yang digunakan pada riset ini adalah wawancara, observasi serta daftar angket (kuesioner). Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa regresi linear berganda, koefisien determinasi berganda (R2 ), uji f serta uji t. Pengelolaan data analisanya mengunakan program <em>software Statistical Product and Service Solution (SPSS) version 23.0 for windows. </em>Hasil penelitiannya menunjukan bahwasanya kepemimpinan memiliki pengaruh positif serta siknifikan terhada kinerja karyawan, kompenasasi memiliki pengaruh negatif pada kinerja karyawan, motivasi tidak berpengaruh pada kinerja karyawan dan lingkungan kerja memiliki pengaruh positif, siknifikan pada kinerja karyawan dan kepemimpinan, kompensasi, motivasi serta lingkungan kerja secara bersama-sama memiliki pengaruh siknifikan pada kinerja karyawan.</p>2025-01-20T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Adinta Dwi Prastiwi, Awal Satrio Nugrohohttps://jurnal.uts.ac.id/index.php/Tambora/article/view/5315PENGARUH LOKASI SERTA EXPERIENTAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING 2025-01-06T14:46:44+07:00Syalwa Anindya Juraifasyalwawaa13@gmail.comSuci Utami Wikaningtyassyalwawaa13@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh lokasi serta experiental marketing atas kepuasan pelanggan dan menguji lokasi serta experiental marketing terhadap kepuasan pelanggan dengan variabel interveningnya adalah Keputusan pembelian pada Ailen Coffee Micro Roastery. Skala yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah skala likert dengan Teknik non-probability yang berjumlah 100 responden. Motode analisis pada penelitian ini menggunakan PLS-SEM dengan program SMARTPLS versi 4.0. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lokasi tidak memberikan pengaruh terhadap keptusan pembelian; experiental marketing memberikan pengaruh terhadap Keputusan pembelian; lokasi dan experiental marketing memberikan pengaruh terhadap kepuasan pelanggan; Keputusan pembelian berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan; Keputusan pembelian tidak mampu memediasi lokasi terhadap kepuasan pelanggan; Keputusan pembelian mampu memediasi experiental marketing terhadap kepuasan pelanggan secara parsial.</p>2025-01-20T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Syalwa Anindya Juraifa, Suci Utami Wikaningtyashttps://jurnal.uts.ac.id/index.php/Tambora/article/view/5092DAMPAK LITERASI KEUANGAN DAN BUDAYA PAJAK TERHADAP KEPATUHAN PAJAK YANG DIMODERASI OLEH DIGITALISASI PERPAJAKAN 2024-12-09T12:57:13+07:00Atiun Nasikhahatiunna7@gmail.comAgung Slamet Prasetyoatiunna7@gmail.com<p>Kepatuhan pajak adalah bagian yang paling penting, karena sektor pajak ialah sumber pendapatan paling besar bagi pemerintah Indonesia. Pajak termasuk sumber pendapatan nasional yang mampu diandalkan guna mengembangkan ekonomi di seluruh dunia. Walaupun total wajib pajak di Indonesia mengalami peningkatan tiap tahun, akan tetapi beban pajak wajib pajak orang pribadi masih rendah. Penelitian berikut bertujuan menganalisis pengaruh literasi keuangan dan budaya perpajakan terhadap kepatuhan pajak orang pribadi yang dipermudah dengan digitalisasi pajak pada wajib pajak orang pribadi di Yogyakarta. Penelitian berikut mengintegrasi pendekatan kuantitatif di mana menggunakan perangkat lunak SPSS 20. Penelitian dijalankan melalui penyebaran angket terhadap 106 wajib pajak orang pribadi di Yogyakarta. Metode analisis pada kajian berikut yakni uji analisis regresi linier berganda dan uji Analisis Regresi Moderasi (ARM). Hasil analisisnya memperlihatkan bahwasanya literasi keuangan memuat pengaruh signifikan terhadap kepatuhan pajak, budaya perpajakan berpengaruh besar terhadap kepatuhan pajak, dan digitalisasi pajak mampu mengurangi pengaruh literasi keuangan terhadap kepatuhan pajak. Digitalisasi pajak memperlihatkan bahwasanya kepatuhan pajak tidak dapat dikurangi.</p>2025-01-20T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Atiun Nasikhah, Agung Slamet Prasetyohttps://jurnal.uts.ac.id/index.php/Tambora/article/view/5412A SEJARAH DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SENI PERMAINAN REBANA SUMBAWA2025-01-21T10:37:58+07:00Abdul Alimun Utamaabdulaliemun@gmail.comSri Wahyu Hidayatiabdul.alimun.utama@uts.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Sejarah Dan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Seni Permainan Rebana Sumbawa. Adapun sub masalah dari pokok permasalahan tersebut adalah sebagai berikut: 1. Bagaimanakah sejarah awal datangnya Rebana ke Nusantara hingga ke Sumbawa? 2. Apa saja nilai-nilai Pendidikan karakter yang terdapat dalam permainan rebana Sumbawa? Penulis menggunakan Jenis penelitian kebudayaan dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif, yakni penelitian yang dimaksudkan untuk memahami sejarah dan nilai Pendidikan karakter mengenai unsur dan ruang lingkup permainan rebana Sumbawa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah, Pendekatan antropologi, Theologis/Religy, dan history. Selanjutnya metode pengumpulan data dengan Menggunakan Library Riset, penulis berusaha untuk mengemukakan mengenai objek yang dibicarakan sesuai kenyataan yang terjadi pada main rebana Sumbawa. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa ada sinergi antara nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandug dalam seni permainan rebana Sumbawa, merupakan nilai dasar yang mencakup nilai agama, sosial, kebangsaan, dan kebudayaan.</p>2025-01-20T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Abdul Alimun Utama, Sri Wahyu Hidayatihttps://jurnal.uts.ac.id/index.php/Tambora/article/view/5010PENGARUH FLASH SALE, LIVE SHOPPING, DAN EASE OF PAYMENT TERHADAP IMPULSE BUYING (STUDI PADA PENGGUNA TOKOPEDIA DI YOGYAKARTA)2024-11-19T10:19:01+07:00Iklimatul HawaIklimatulhawa0234@gmail.comJazzuli Akhmadiklimatulhawa0234@gmail.com<p>Sejak tahun 2020 indonesia terus mengalami keinaikan jumlah pengguna <em>e-commerce</em>. Tercatat pada tahun 2023 jumlah pengguna <em>E-commerce</em> telah mencapai 58,63 juta pengguna, dan di perkirakan akan terus naik hingga mencapai 99,1 juta pengguna pada tahun 2029. Hal ini juga menyebabkan persaingan antar Marketplace yang semakin kompetitif, hal ini memicu adanya perilaku pembelian impulif akibat banyaknya fitur-fitur yang mendukung proses transaksi jual beli khususnya di. Salah satu Marketplace terbesar di Indonesia yakni Tokopedia. Tokopedia merupakan tempat penyedia layanan transaksi secara online yang di dalamnya terdapat ribuan penjual dengan macam-macam produknya. Tokopedia telah menjangkau 99% kecamatan di Indonesia mencakup wilayah kota Yogyakarta. Penelitian ini berfungsi untuk menguji Pengaruh <em>Flash Sale</em>, Live Shoppong dan <em>Ease Of Payment</em> terhadap <em>Impulse Buying</em> pada pengguna Tokopedia di Yogyakarta. Kuesioner disebarkan kepada 100 pengguna Tokopedia di Yogyakarta. Penelitian mengungkapkan bahwa <em>Flash Sale</em> berpengaruh positif signifikan terhadap <em>Impulse Buying</em>, <em>Live Shopping</em> berpengaruh positif signifikan terhadap <em>Impulse Buying</em>, <em>Ease Of Payment</em> berpengaruh positif signifikan terhadap <em>Impulse Buying</em> dan secara simultan <em>Flash Sale</em>, <em>Live Shopping</em> Dan <em>Ease Of Payment</em> berpengaruh positif terhadap <em>Impulse Buying</em>.</p> <p> </p>2025-01-20T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 iklimatul hawa, Jazzuli Akhmadhttps://jurnal.uts.ac.id/index.php/Tambora/article/view/5578THE DIFFICULTIES FACED BY UNDERGRADUATE STUDENTS OF ENGLISH LANGUAGE EDUCATION PROGRAM WHEN LEARNING “ICT IN ELT” IN ONLINE ENVIRONMENT2025-02-24T15:19:54+07:00Arina Nugrahaniarina.3009@gmail.com<p>Our lives have been significantly impacted by information and communication technology (ICT) which is continuously growing. Due to the spread of COVID-19, many sectors have been forced to accelerate their technological innovation. It also has had a significant impact on education throughout the world and it aroused the use of e-learning which was previously seen as a complementary medium in the education process. English language education program is program that prepares and trains future teachers, and a course called "ICT in ELT" is offered to Undergraduate students in this study program so that they are capable of using a variety of instructional technologies in increasingly digital classrooms.</p> <p>This research aims to investigate the difficulties faced by Undergraduate students of English Language Education Program when learning “ICT in ELT” course using online learning method. Qualitative approach with case study research design is implemented in this study. The data collection process was conducted by observing three classes that taught “ICT in ELT” course and interviewing study participants. The study employs purposive sampling and five participants were selected from each class, and thus a total of 15 students chosen as the participants. The research findings show that there are a number of difficulties experienced during the e-learning process, namely: internet connection, comprehension, practice, gadget, learning media, time and learning target, discussion and interaction, regional infrastructure, creativity, and video quality. Meanwhile, the two factors that become the major issues in learning “ICT in ELT” are internet connection and comprehension problems.</p>2025-01-20T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Arina Nugrahanihttps://jurnal.uts.ac.id/index.php/Tambora/article/view/5033PENGARUH REBRANDING DAN PEMASARAN DIGITAL TERHADAP BRAND IMAGE DENGAN LOYALITAS PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Penumpang Kereta PT KAI pada Generasi Z di Yogyakarta)2024-11-27T22:34:29+07:00Firnanda Ardhani Gita Cahyaniardhanigita2@gmail.comMuhammad Awal Satrio Nugrohoardhanigita2@gmail.com<p>Peneliti melakukan riset ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pengaruh <em>rebrandin dan </em>pemasaran digital terhadap <em>brand image</em> dan menggunakan loyalitas pelanggan sebagai variabel intervening pada KAI . Obyek penelitian ini adalah pelanggan PT KAI dari kalangan generasi Z, peneliti menggunakan 100 sampel dan membagikan kuisioner kepada obyek yang diteliti. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif serta analisis PLS-SEM dengan bantuan aplikasi <em>software</em> SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan <em>rebranding</em> berpengaruh signifikan terhadap terhadap loyalitas pelanggan, penerapan strategi pemasaran digital juga memiliki pengeruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kemudian rebranding juga berpengaruh terhadap <em>brand image</em> perusahaan berbeda dengan pemasaran digital yang tidak berpengaruh kepada <em>brand image</em>. Selanjutnya, loyalitas pelanggan dapat memediasi pengaruh <em>rebranding</em> dan pemasaran digital terhadap <em>brand image</em> PT Kereta Api Indonesia (Persero).</p>2025-01-20T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Firnanda Ardhani Gita Cahyani, Muhammad Awal Satrio Nugroho