https://jurnal.uts.ac.id/index.php/Tambora/issue/feed Jurnal TAMBORA 2023-10-24T09:37:17+07:00 Wirya Sarwana, Ph.D wirya.sarwana@uts.ac.id Open Journal Systems <p><strong>Nama Jurnal: <a href="https://jurnal.uts.ac.id/index.php/Tambora/index">Jurnal Tambora</a><br />Fokus dan Ruang Lingkup Jurnal TAMBORA Jurnal berfungsi sebagai platform untuk menerbitkan karya ilmiah di bidang Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Penelitian, Ilmu Sosial, Humaniora, dan Pengabdian Masyarakat.<br /></strong></p> <p><strong>p-ISSN: <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;&amp;&amp;&amp;&amp;2527-970X" target="baru">2527-970X</a><br />e-ISSN: <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1526368156&amp;1&amp;&amp;">2621-542X</a></strong></p> <p><strong>Akreditasi: <a href="https://drive.google.com/file/d/1xLFOq7pdqeecQ7-lnu5kCY-dF_S5UmXe/view" target="_blank" rel="noopener">SINTA 5 </a><br />Nomor Akreditasi: <a href="https://drive.google.com/file/d/1xLFOq7pdqeecQ7-lnu5kCY-dF_S5UmXe/view">204/E/KPT/2022</a><br />Masa Berlaku Akreditasi: Vol. 08 No. 2 (2024)<br />Frekuensi Publikasi: Januari, Juli, dan Oktober<br /></strong></p> <p><strong>DOI</strong>:<a href="https://doi.org/10.36761/suffix">https://doi.org/10.36761/suffix</a></p> <p><strong>Publisher: <span style="color: #242444;"><a style="color: #242444;" href="https://uts.ac.id/en">Sumbawa University of Technology</a></span></strong></p> <p><strong>Jurnal Tambora adalah Jurnal Universitas Teknologi Sumbawa yang dikelola oleh Wakil Rektor III Bidang Publikasi</strong></p> <p> </p> https://jurnal.uts.ac.id/index.php/Tambora/article/view/3366 PENGARUH BRAND AMBASSADOR, KUALITAS PRODUK, DAN ULASAN PRODUK TERHADAP MINAT BELI APLIKASI TOKOPEDIA 2023-08-15T13:08:36+07:00 Bagus Maulana Nasrul Ikhsani maulbagus7@gmail.com Yunita Fitri Wahyuningtyas maulbagus7@gmail.com <p>Alasan dilakukannya pengujian ini ialah untuk meninjau : (1) apakah <em>brand ambassador</em> berpengaruh terhadap minat beli, (2) apakah kualitas produk berpengaruh terhadap minat beli, (3) apakah ulasan produk berpengaruh terhadap minat beli, (4) apakah <em>Brand ambassador</em>, kualitas produk serta ulasan produk memiliki pengaruh terhadap minat beli aplikasi Tokopedia. Sampel yang ada pada penelitian yang dilakukan ini merupakan konsumen yang menggunakan aplikasi Tokopedia berjumlah 100 responden dengan metode purposive sampling. Instrumen tes ini adalah kuesioner yang sudah menjalani uji validitas dan reliabilitas menggunakan koefisien Alfa Cronbach. Menggunakan program pengolah SPSS versi 26, prosedur analisis dari data uji ini meruakan regresi linier berganda. Pengujian memiliki kesimpulan yang bersumber dari uji linier berganda maka ditunjukkan : (1) b<em>rand ambassador</em> tidak memiliki pengaruh yang positif terhadap minat beli aplikasi Tokopedia, dengan hasil uji persial menunjukan poin t hitung 1,170 &lt; t tabel 1.984 dan poin sig. 0,245 &gt; 0,5 ; (2) kualitas produk mempunyai pengaruh positif terhadap minat beli aplikasi Tokopedia, hasil uji persial menunjukan poin 8,207&lt; t tabel 1.984 dan poin sig. 0,000 &gt; 0,05 ; (3) ulasan produk tidak memiliki pengaruh pengaruh positif terhadap minat beli aplikasi Tokopedia, dengan hasil uji persial menunjukan poin t hitung 0,608 &lt; t tabel 1.984 dan poin sig. 0,545 &gt; 0,05 ; (4) brand ambassador, kualitas produk serta ulasan produk secara bersamaan memiliki pengaruh terhadap minat beli aplikasi Tokopedia, disertai poin F hitung 32,357 &gt; F tabel 2,69 dan poin signifikasi 0,000 &lt; 0,05.</p> 2023-10-20T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Bagus Maulana Nasrul Ikhsani, Yunita Fitri Wahyuningtyas https://jurnal.uts.ac.id/index.php/Tambora/article/view/3433 ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN PADA PRODUK SUNSCREEN MADAM GIE 2023-10-04T11:38:20+07:00 Desy Melya Nur Fitriani desymnff@gmail.com Beta Asteria beta_asteria@stieww.ac.id <p>Studi berikut bertujuan untuk mengetahui factor yang bisa memberikan pengaruh pada rasa puas pembeli pada product sunscreen Madame Gie. Studi dilakukan dengan menerapkan pendekatan kuantitatif dengan mendistribusikan angket pada narasumber yang merupakan pengguna atau konsumen produk sunscreen Madame Gie. Hasil penelitian menunjukkan bahwa factor yang bisa memberikan pengaruh atas rasa puas pembeli pada product sunscreen Madame Gie adalah citra merk, mutu product dan pendapat mengenai biaya. Pencitraan merk memiliki pengaruh yang baik dan substansial terhadap rasa puas pembeli, artinya apabila perusahaan atau madame gie mampu memberikan pencitraan merk yang positif pada produknya maka pelanggan nantinya merasakan rasa puas yang tinggi namun sebaliknya apabila produk suncreen madame gie memiliki pencitraan merk yang kurang bagus maka nantinya dapat mengurangi level rasa puas konsumen terhadap produk madame gie tersebut. Mutu product memiliki pengaruh yang baik dan substansial terhadap rasa puas pembeli, artinya makin bagus mutu product suncreen madam gie maka nantinya makin makin baik tingkat rasa puas konsumen terhadap produk madame gie dan sebalinya apabila mutu product tidak bagus maka nantinya dapat mengurangi rasa puas konsumen terhadap produk suncreen madame gie. Pendapat mengenai harganya tak memiliki pengaruh yang substansial terhadap rasa puas pembeli, artinya harga tak terlalu mempengaruhi konsumen merasa puas saat menggunakan produk madame gie ini karena madame gie memiliki harga yang ekonomis sehingga konsumen merasa bahwa harga bukan sesuatu yang menyebabkan mereka merasa puas.</p> 2023-10-20T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Desy Melya Nur Fitriani, Beta Asteria https://jurnal.uts.ac.id/index.php/Tambora/article/view/3376 PENGARUH DISKON HARGA, GRATIS ONGKIR DAN KEMUDAHAN PEMBAYARAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA SHOPEFOOD DIYOGYAKARTA 2023-08-21T08:40:41+07:00 Wulan Sri Sundari sundariwulansri84@gmail.com Yunita Fitri Wahyuningtyas yunita.fitriw@gmail.com <p>Shopee salah satu e-commerce yang mengutamakan inovasi dan perkembangan teknologi telekomunikasi, salah satunya dengan menunjukkan peluncuran fitur barunya, yakni ShopeeFood. ShopeeFood adalah layanan pesan dan antar makanan serta minuman melalui online yang diperkenalkan di Indonesia pada bulan April 2020. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji pengaruh diskon harga, gratis ongkir, dan kemudahan pembayaran terhadap kepuasan konsumen pengguna ShopeeFood. Responden sebanyak 100 sampel diambil dari konsumen ShopeeFood dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian dalam pengujian angket menggunakan Alpha Cronbach dan dengan uji validitas dan reabilitas. Data diolah menggunakan alat analisis SPSS 23 serta metode analisis data yang dipakai pengujian yaitu regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Diskon Harga tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dibuktikan hasil uji parsial thitung 1.697 &lt; ttabel 1.988 dan sig. 0.093 &gt; 0.05; (2) Gratis Ongkir tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dibuktikan hasil uji parsial thitung 1.096 &lt; ttabel 1.988 dan sig. 0.276 &gt; 0.05; (3) Kemudahan Pembayaran berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dibuktikan hasil uji parsial thitung 3.623 &gt; ttabel 1.988 dan poin sig. 0.000 &lt; 0.05; (4) Diskon Harga, Gratis Ongkir dan Kemudahan Pembayaran berpengaruh positif secara bersamaan terhadap Kepuasan Konsumen, dengan Fhitung 25.006 &gt; Ftabel 2.698 dan sig. 0,000 &lt; 0,05.</p> 2023-10-20T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Wulan Sri Sundari, Yunita Fitri Wahyuningtyas https://jurnal.uts.ac.id/index.php/Tambora/article/view/3434 The KAJIAN GREENSHIP EXISTING BUILDING VER.1.1 PADA GEDUNG SEKOLAH LINGKUNGAN PADAT (STUDI KASUS: MI AL-MUHAJIRIAH ) 2023-10-05T18:11:42+07:00 Ziyad Fauzi Na'im zfnhmmm@gmail.com <p>Sekolah sebagai rumah edukasi tentunya perlu untuk mengaplikasikan bangunan hijau disamping fasilitas juga sebagai media belajar, salah satu percotohan yang sudah dilakukan didukung pemerintah Jakarta untuk membuat sekolah bersertifikat <em>Greenship</em> yang dikeluarkan dari GBCI (<em>Green Bulding Council</em> Indonesia) untuk meningkatkan kepedulian terhadap pemanasan global.sementara banyak dari sekolah di kota yang berlokasi di permukiman padat yang memiliki lingkungan kurang mendukung untuk menerapkan bangunan hijau perlunya kajian untuk memberikan penilaian yang bisa disesuaikan pada sekolah yang kurang mendukung di lingkungannya. Sekolah MI Al-Muhajiriah dipilih dengan kriteria lokasi dan dukungan dari pihak sekolah untuk menerapkan sekolah hijau. kemudian Metode dari penelitian ini dengan membandingkan penilaian greenship pada bangunan eksisting <em>version</em> 1.1. Menganalisis dan mengkaji penilaian <em>greenship</em> dengan observasi langsung kelayakan bangunan dan data sekunder dengan wawancara pihak sekolah atau yang terkait. Teradapat 7 poin penilaian yang akan dikaji untuk bisa melihat variable yang sulit untuk diterapkan sehingga nantinya hasil dari kajian ini berupa saran untuk bisa bangunan sekolah memperoleh <em>greenship</em> dan juga asumsi variabel yang sekiranya sulit untuk diterapkan bisa menjadi kajian kedepannya untuk penilaian yang lebih kontekstual.</p> 2023-10-20T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Ziyad Fauzi Na'im https://jurnal.uts.ac.id/index.php/Tambora/article/view/2923 PENINGKATAN PRODUKSI UDANG DAN POTENSI PENCEMARAN PERAIRAN LAUT DI KABUPATEN SUMBAWA 2023-07-12T08:58:31+07:00 Baiq Hilda Astriana arda804@yahoo.co.id Aryan Perdana Putra arda804@yahoo.co.id Ibrahim Ali arda804@yahoo.co.id <p>Kabupaten Sumbawa merupakan kabupaten dengan wilayah laut terluas dan memiliki desa pesisir terbanyak, yakni 64 desa atau 23,5% dari total jumlah desa pesisir di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Komoditas perikanan budidaya terbesar di Kabupaten Sumbawa adalah udang. Produksi udang terus meningkat dari tahun ke tahun, di tahun 2020 produksi udang mencapai angka 135.270,76 ton/tahun dengan luasan lahan tambak mencapai 3.695,45 hektar. Peningkatan produksi udang diperkirakan menyebabkan dampak terhadap lingkungan. Limbah buangan tambak yang berasal dari kolam budidaya tambak intensif dan tradisional tanpa dikelola terlebih dahulu. Hal ini berpotensi menyebabkan konsentrasi limbah organic terlepas ke lingkungan perairan laut menjadi meningkat bahkan melampaui baku mutu. Artikel ini mendeskripsikan potensi pencemaran yang disebabkan dari produkdi udang ditambak yang ada di Kabupaten Sumbawa. Berapa hal yang menjadi kesimpulan adalah ; bahwa kegiatan pertambakan atau budidaya ditambak yang dilakukan tanpa terkontrol memiliki potensi tinggi mencemari lingkungan hidup khususnya ekosistem perairan yang ada disekitarnya; buangan limbah tambak yang tidak dikelola dengan baik akan menyebabkan peningkatan kadar amoniak, nitrat, phospat, bahan organic total pada perairan; dan semakin meningkatnya produksi udang dengan penambahan luasan lokasi budidaya maka semakin meningkat juga potensi pencemaran perairan.</p> 2023-10-20T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Baiq Hilda Astriana, Aryan Perdana Putra, Ibrahim Ali https://jurnal.uts.ac.id/index.php/Tambora/article/view/3377 SUPPLIER SELECTION FOR A PHILIPPINE-BASED E-COMMERCE WITH ANALYTIC HIERARCHY PROCESS USING SUPER DECISION SOFTWARE 2023-08-21T12:58:36+07:00 Eki Ruskartina eki.ruskartina@uts.ac.id A.A. Ngurah Perwira Redi eki.ruskartina@uts.ac.id Tennessee Khayte B. Bayot eki.ruskartina@uts.ac.id Gladysmae A. Ylan eki.ruskartina@uts.ac.id <p>Philippine-based e-commerce companies strive to improve their decisions to gain a competitive advantage. One of the crucial business decisions to gain a competitive advantage is choosing the best suppliers. The procurement process depends on choosing the finest suppliers, which also gives businesses a big chance for cost savings. We used the Analytical Hierarchy Process (AHP) which one of the Multi-Criteria Decision Making (MCDM) methods to select the best suppliers in one of the e-commerce in the Philippines. We utilized five criteria to judge three selected suppliers. The five criteria are Cost, Quality, Delivery, Payment Flexibility, and Variety. Based on the computational experiment that was processed in Super Decision Software, Supplier 2 is selected to be the best supplier among Supplier 1 and Supplier 3. Therefore, Supplier 2 may be selected as the best supplier for the unknown Philippine-based E-commerce company for the new product it is planning to launch.</p> 2023-10-20T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Eki Ruskartina, Ngurah Perwira Redi Perwira Redi, Tennessee Khayte Tennessee Khayte , Gladysmae A. Ylan Gladysmae A. Ylan