Pendampingan Peningkatan Pengetahuan Tentang Bahan Tambahan Pangan dan Cara Mengidentifikasi Pengawet Berbahaya Dalam Makanan Pada Siswa/i SMK Adi Husada Malang
Keywords:
Mentoring; Knowledge Enhancement; Hazardous PreservativesAbstract
Peningkatan kesadaran akan pentingnya pengetahuan tentang bahan tambahan pangan dan kemampuan mengidentifikasi pengawet berbahaya dalam makanan merupakan aspek kunci dalam upaya menjaga kesehatan masyarakat. Pengabdian kepada masyarakat ini membahas tentang pendampingan yang dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan siswa-siswi SMK Adi Husada Malang terkait hal tersebut. Metode pendampingan yang digunakan meliputi penyuluhan, diskusi, dan demonstrasi praktis tentang bahan tambahan pangan serta bahaya penggunaan pengawet berbahaya dalam makanan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pengetahuan siswa-siswi setelah mengikuti program pendampingan ini. Temuan ini menyoroti pentingnya pendampingan sebagai strategi efektif dalam memperluas pengetahuan dan kesadaran tentang keamanan pangan di kalangan remaja, yang kemudian dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari untuk mendukung gaya hidup sehat.