ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN PADA PRODUK ROTI CV DUA PUTRA MENGGUNAKAN VOICE OF CUSTUMER (VOC)

Penulis

  • Ismi Mashabai Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Teknologi Sumbawa
  • Synthia Arta Nugraha Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Teknologi Sumbawa
  • Putri Milandari Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Teknologi Sumbawa
  • Muda Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

Roti, voice of customer (VOC), Roti Dua Putra

Abstrak

Kualitas produk menjadi perhatian penting bagi perusahaan dalam menciptakan sebuah produk. Dengan produk yang berkualitas perusahaan dapat bersaing dengan para kompetitor dalam menguasai pangsa pasar. Peningkatan kualitas merupakan suatu hal yang paling esensial bagi suatu perusahaan untuk tetap eksis dalam dunia bisnis yang kompetitif ini. Roti merupakan produk pangan berbahan dasar tepung terigu yang di fermentasi dengan ragi roti atau bahan pengembang lainnya yang diolah dengan cara dipanggang. Banyak jenis roti yang dijual dipasaran dengan berbagai macam keunggulan. Roti Dua Putra merupakan salah satu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) milik ibu Emi dan bapak Yono. Namun masih ada permasalahanyang muncul dalam proses produksinya yaitu produk yang cacat masih ditemukan. Oleh karena itu,Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui cara meningkatkan kualitas pada permasalahan yang terjadi pada produk roti Dua Putra berdasarkan permasalahan melalui penerapan sistem voice of customer (VOC).

Biografi Penulis

Synthia Arta Nugraha, Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Teknologi Sumbawa

Kualitas produk menjadi perhatian penting bagi perusahaan dalam menciptakan sebuah produk. Dengan produk yang berkualitas perusahaan dapat bersaing dengan para kompetitor dalam menguasai pangsa pasar. Peningkatan kualitas merupakan suatu hal yang paling esensial bagi suatu perusahaan untuk tetap eksis dalam dunia bisnis yang kompetitif ini. Roti merupakan produk pangan berbahan dasar tepung terigu yang di fermentasi dengan ragi roti atau bahan pengembang lainnya yang diolah dengan cara dipanggang. Banyak jenis roti yang dijual dipasaran dengan berbagai macam keunggulan. Roti Dua Putra merupakan salah satu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) milik ibu Emi dan bapak Yono. Namun masih ada permasalahanyang muncul dalam proses produksinya yaitu produk yang cacat masih ditemukan. Oleh karena itu,Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui cara meningkatkan kualitas pada permasalahan yang terjadi pada produk roti Dua Putra berdasarkan permasalahan melalui penerapan sistem voice of customer (VOC).

Referensi

Auliana, R. (2009). pengolahan bekatul sebagai makanan fungsional dalam pembuatan aneka makanan di kelurahan wedomartani kecamatan ngemplak sleman yogyakarta. Artikel pelatihan lembaga pengabdian kepada masyarakat, Universitas Negeri Yogyakarta.

Hermawan, S. (2013). Implementasi Metode Six Sigma pada PT Surya Milinia Abadi (SMA) di Ngoro Industri Mojokerto Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya.2(2).

Montgomery, D. C. (2009). Introduction to Statistical Quality Control Sixth Edition John Willey and Sons. New Jersey. Hal 303-304.

Susetyo, J., Winarmi dan Hartanto, C. (2011). Aplikasi Six Sigma DMAIC dan Kaizen Sebagai Metode Pengendalian Kualitas Produk. Jurnal Teknologi (4) : 53-61.

M.Lies suprapti, (2003).Tepung ubi jqlar pembuatan dan pemanfaatannya.Kanisius; Yogyakarta.

Sekaran, Uma. (1992). "Research Methode For Business". Third edition.Southern.Ilionis University.

Diterbitkan

2021-07-02

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama