Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Gaya Bahasa Siswa Di SMPN 2 Lopok

Authors

  • Ragil Ragil Universitas teknologi Sumbawa
  • Supriadi Universitas Teknologi Sumbawa

Keywords:

Media Sosial, Gaya bahasa

Abstract

Penelitian ini membahas dampak penggunaan media sosial terhadap gaya bahasa siswa di SMPN 2 LOPOK tahun 2022 dengn perumusan masalah 1. Bagaimana Penggunaan media sosial terhadap pembentukan akhlak siswa 2. Bagaimana gaya bahasa siswa yang tidak sesuai dengan norma kesopanan terhadap pembentukan alkhlak siswa dan 3. Bagaimana media sosial membawa pengaruh terhadap tren gaya bahasa siswa Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskritif. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial yang hampir setiap waktu dalam kehidupan sehari-hari. Siswa-siswi ini tidak dapat mengontrol atau membagi waktu mereka menggunakan media sosial seingga mereka kecanduan dan mereka tidak mengenal batas waktu dalam menggunakan dan mengakses media social yang berdampak terhadap gaya bahasa siswa. Dapat dilihat dari dampak media sosial terhadap gaya bahasa siswa di SMP 2 LOPOK tahun 2022 di kls 8’A yang terdiri dari 26 siswa. Dalam penelitian ini peneliti mengambil beberapa sampel yang terdiri dari 4 siswa. Yang tujuan untuk melihat sejauh mana pengaruh media sosial terhadap perkembangan anak.

References

Abdillah, L. A. (2022). Peranan Media Sosial Modern. Bening media Publishing. www.bening-mediapublishing.com

Agianto, R., Setiawati, A., & Firmansyah, R. (2020). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Gaya Hidup dan Etika Remaja. Tematik, 7(2), 130–139. https://doi.org/10.38204/tematik.v7i2.461

Alyusi, S. D. (2016). Media sosial?: Interaksi, Identitas dan Modal Sosial - Shiefti Dyah Alyusi - Google Books. In Prenadamedia Group.

Andara, S., Aisy, Z. I. R., Sutini, T., & Arifin, M. H. (2022). Penggunaan Media Sosial Dikalangan Anak Sekolah Dasar. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 7(1), 48–52. https://doi.org/10.15294/harmony.v7i1.55893

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Mukhlason, A., & Aljawiy, A. Y. (2012). Jejaring Sosial Dan Dampak Bagi Penggunanya. Teknologi, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.26594/teknologi.v1i1.46

Muzakki, H., Yulia Hidayatul Umah, R., & Mudawinun Nisa’, K. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme Maria Montessori Dan Penerapannya Di Masa Pandemi Covid-19. Ibriez?: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 6(1), 242–162. https://doi.org/10.21154/ibriez.v6i2.164

Ratnatika, S. (2022). Penggunaan Gaya Bahasa Dalam Media Sosial Instagram Pada Akun Marioteguh. Diksatrasia?: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 350. https://doi.org/10.25157/diksatrasia.v6i2.8155

Tjahyanti, L. P. A. S. (2021). Analisis Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Dalam Proses Pembelajaran. Daiwi Widya, 8(3), 29–41. https://doi.org/10.37637/dw.v8i3.821

Published

2024-01-17

How to Cite

Ragil, R., & Supriadi. (2024). Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Gaya Bahasa Siswa Di SMPN 2 Lopok. HEGEMONI: JURNAL ILMU SOSIAL, 1(1), 1-7. Retrieved from https://jurnal.uts.ac.id/index.php/hjis/article/view/3766