EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PUTAR BALIK ARAH (U-TURN) DI JALAN DIPONEGORO

DOI:

https://doi.org/10.36761/jcental.v2i2.5257

Keywords:

Putar Balik Arah, Radius Putar Kendaraan

Abstract

Jalan Diponegoro merupakan salah satu jalan menuju pusat kota dan menjadi salah satu akses pergerakan akan pemenuhan kebutuhan pendidikan, pekerjaan dan lain sebagainya. Pada ruas jalan Diponegoro memiliki beberapa titik bukaan median yang memungkinkan kendaraan berputar balik arah akibat dari pemberlakuan sistem satu arah. Dengan persoalan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan penggunaan putar balik arah yang berada di depan Apotek Kurnia. Dari hasil analisis didapatkan volume puncak kendaraan pada jalan menerus dari Arah Utara – Arah Barat sebesar 1617 kend/jam dan dari Arah Barat sebesar 770 kend/jam. Untuk volume lalu lintas memutar didapatkan jam puncak kendaraan dari Arah Utara – Arah Barat sebesar 355 kend/jam dan di Arah Barat – Arah Utara sebesar 134 kend/jam. Radius putar pada bukaan putar balik arah di lokasi penelitian di Jalan Diponegoro dengan kendaraan rencana mobil penumpang di dapat nilai radius 643 cm dari radius rencana 730 cm dan nilai radius tonjolan lapangan 373 cm dari syarat 440 cm yang berarti nilai radius lapangan tidak memenuhi syarat dari radius putar rencana.

References

Anggraeni, Dewi dan Muhamad Rifai Supono (2017). “Pengaruh U-Turn (Putar Balik Arah) Terhadap Kinerja Arus Lalu – Lintas Ruas Jalan Abepura Kota Jayapura)”. Portal Sipi,l Vol. 6 No. 1: 1 -14

Bambang, Tripoli (2020, Oktober). “Analisis Kajian Putar Balik Arah (U-Turn) Pada Bukaan Median Terhadap Kemacetan Ruas Jalan (Studi Kasus Ruas Jalan Sipang Empat Jeura Sta 0+115 Arah Meulaboh – Tapak Tuan”. Jurnal Teknik Sipl Universitas Tuku Umar. Vol.6 No. 2: 52 -59

Departemen Pekerjaan Umum Dirjen Bina Marga, 2005. Perencanaan Putaran Balik (U-Turn). Jakarta : Departemen Pekerjaan Umum

Direktorat Jendral Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum (1997), “Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI)”, Bandung

Kasan, M. dkk (2005). “Pengaruh U-Turn Terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas di Ruas Jalan Kota Palu”. Jurnal SMARTek, Vol.3 No.3

Mardinata, Lalu Aditya (2014). “Pengaruh U-Turn (Putar Balik Arah) Terhadap Kinerja Lalu Lintas Ruas Jalan Raden Eddy Martadinata Kota Samarinda”. Tugas Akhir Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas 17 Agustus 1945, Samarinda.

Muliawan, Muhvie dan Rosehan Anwar (2016). “Pengaruh Adanya U-Turn Terhadap Kinerja Jalan A.Yani Km 37 -38 Kota Banjarbaru”. Jurnal Berkelanjutan (Sustainable Technology Journal), Vol.5 No.1: 17 -21

Prasetyo, Harwidyo Eko (2020). “Analisis Kinerja U-Turn (Studi Kasus U-Turn Di ITC Jalan Letjen Soepono, Jakarta)”. Jurnal Konstruksia. Vol.11 No. 2: 17 -32

Tabuni, E. dkk (2020, September). “Analisis U-Turn Terhadap Kinerja Jalan (Studi Kasus Jalan Laksda Adi Sujipto Ambarukmo). Equilib, Vol. 01, No.02 (2020): 47 – 58

Published

2024-12-01

Issue

Section

Articles