Pelatihan Desain Grafis dengan Menggunakan CorelDraw Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa SMA Muhammadiyah Sumbawa

Authors

  • YULIADI YULIADI Universitas Teknologi Sumbawa
  • Nuryadi Universitas Teknologi Sumbawa
  • Rodianto Rodianto Universitas Teknologi Sumbawa
  • Juniardi Akhir Putra Universitas Teknologi Sumbawa
  • M. Julkarnain Universitas Teknologi Sumbawa
  • Eri Sasmita Susanto Universitas Teknologi Sumbawa
  • Yunanri W. Universitas Teknologi Sumbawa
  • Farisan Robbani Universitas Teknologi Sumbawa
  • Fadhli Dzil Ikram Universitas Teknologi Sumbawa
  • Aldrin Aldrin Universitas Teknologi Sumbawa
  • Amri Hidayat Universitas Teknologi Sumbawa
  • Wirya Sarwana Universitas Teknologi Sumbawa
  • Eko Wijaya Universitas Teknologi Sumbawa

DOI:

https://doi.org/10.36761/jpres.v1i2.3004

Keywords:

Pelatihan; Desain Grafis; Siswa; PKM; SMA.

Abstract

Perkembangan desain grafis telah dipercaya untuk sebuah karya seni rupa teknologi yang memiliki peran penting untuk beragam industri digital. Desain grafis merupakan suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Penggunaan umum dari desain grafis adalah seperti desain perusahaan (logo dan merek), desain editorial (majalah, surat kabar, dan buku), desain lingkungan, periklanan, desain web, desain komunikasi, dan kemasan produk. Pelatihan yang dilakukan untuk siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Sumbawa terkait desain grafis berbasis yang menjadi bekal keterampilan siswa dalam menyajikan informasi ataupun produk secara efektif, bahkan menjadi penyediakan jasa desain ataupun hanya sekedar mampu memilih gambar yang terbaik. Hal ini dapat dijadikan sebagai wirausaha bagi siswa atau kelompok siswa yang memiliki keunggulan di bidang desain grafis. Hasil dari PKM ini adalah para siswa mendapatkan ilmu dan pengetahuan tentang bagaimana merancang dan mengolah gambar dengan komputer dan mendorong kreativitas para siswa dalam menghasilkan gambar-gambar yang memiliki seni dan daya tarik yang baik.

Published

2023-07-31

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)