Sosialisasi Sistem Informasi Desa (Open SID) Dalam Menunjang Pelayanan Masyarakat Pada Desa Marga Karya

Penulis

  • Yuliadi Yuliadi Universitas Teknologi Sumbawa
  • Farida Idifitriani Universitas Teknologi Sumbawa
  • Ekastini Ekastini Universitas Teknologi Sumbawa
  • Nora Dery Sofya Universitas Teknologi Sumbawa
  • Shinta Esabella Universitas Teknologi Sumbawa
  • Fahri Hamdani Universitas Teknologi Sumbawa
  • Yudi Mulyanto Universitas Teknologi Sumbawa
  • Yunanri W. Universitas Teknologi Sumbawa
  • Eri Sasmita Susanto Universitas Teknologi Sumbawa
  • Juniardi Akhir Putra Universitas Teknologi Sumbawa
  • I Made Widiarta Universitas Teknologi Sumbawa
  • M. Julkarnain Universitas Teknologi Sumbawa
  • Rodianto Rodianto Universitas Teknologi Sumbawa
  • Wilia Ismiyarti Universitas Teknologi Sumbawa

DOI:

https://doi.org/10.36761/jpres.v1i2.3005

Kata Kunci:

Desa; UU; SID; PKM; Aplikasi.

Abstrak

Sistem Informasi Desa (SID) adalah seperangkat alat dan proses pemanfaatan data dan informasi untuk mendukung pengelolaan sumber daya berbasis komunitas di tingkat Desa. SID merupakan bagian dari implementasi Undang-Undang (UU) Desa tentang Sistem Informasi Pembangunan Desa dan Pembangunan Kawasan PerDesaan. Belum banyak desa mengimplementasikan SID karena kurangnya pemahaman perangkat Desa tentang SID. Oleh karena itu, kebutuhan akan sosialisasi SID menjadi sangat bermanfaat bagi Desa khususnya para perangkat Desa. Untuk mengatasi masalah tersebut, Fakultas Rekayasa Sistem Universitas Teknologi Sumbawa, melakukan kegiatan sosialisasi SID melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM). Hasil dari sosialisasi diperoleh bahwa materi yang diberikan cukup dipahami oleh semua peserta walaupun mereka belum memiliki pemahaman aplikasi yang sejenis. Selain itu, mereka percaya bahwa SID dapat membantu administrasi Desa dan meningkatkan layanan informasi Desa.

Diterbitkan

2023-07-31 — Diperbaharui pada 2023-07-31

Terbitan

Bagian

Articles